Tim Ikan Kerapu

Ikan merupakan salah satu protein hewani yang bermanfaat bagi kesehatan. Seperti apapun jenis ikannya, karena lemak yang terkandung dalam ikan merupakan lemak tak jenuh, sehingga membuatnya gampang untuk bisa dicerna oleh tubuh dengan baik. Anak saya suka sekali makan ikan, baik di goreng atau di panggang. Kali ini saya menggunakan cara di tim atau kukus agar kandungan omega 3 pada ikan tidak hilang karena metode pemanggangan ataupun penggorengan melalui deep frying. Kebetulan di pasar ada ikan kerapu yang masih segar. Jadi cocok sekali jika di tim. Membuat tim kukus ikan begini kuncinya adalah mencari ikan segar dan beri perasan  air jeruk nipis, kukus sebentar dan buang air yang menetes di dasar loyang. 


Kerapu punya ciri khas bintil-bintil pada tubuhnya. Warna ikan ini bermacam-macam, terkadang ada yang berwarna coklat, merah, abu-abu, hitam, tergantung dari jenis ikannya. Ikan kerapu juga dikenal mempunyai gaya ikan kamuflase yang baik karena dapat menyesuaikan warna tubuh pada lingkungan sekitar. Selain itu ikan kerapu memiliki duri pada siripnya yang keras dan tajam. Kebetulan di pasar tadi dapat kerapu hitam yang memiliki ciri list kuning dari kepala sampai ekornya. Secara umum ikan memiliki kandungan gizi Asam lemak, Omega-3, Omega 6, vitamin : D dan B2 (riboflavin), fosfos, kalsium dan Mineral : zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium. 

Dengan mengolahnya dengan cara di tim /dikukus maka kandungan gizinya akan lebih dipertahankan di bandingan jika di panggang /di goreng. Mengolah ikan dengan cara di kukus bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak secara maksimal karena Asam Amino Esensial dari Omega 3 dan Omega 6 sangat baik untuk syaraf otak, menurunkan kadar Trigliserida dalam darah (Trigliserida adalah lemak yang diproduksi tubuh dan menempel di dinding pembuluh darah) karena adanya akumulasi glukosa dalam aliran darah dan yang terakhir menurunkan kadar kolesterol.

Saya memasak tim ikan kerapu ini dengan jahe yang banyak, selain menghangatkan badan juga cocok sekali dikonsumsi dimusim pancaroba seperti ini. Memasak dengan cara di tim dan menggunakan banyak jahe bisa digunakan untuk semua jenis ikan laut dan ikan air tawar. Hanya jangan gunakan untuk ikan dengan duri halus yang banyak seperti ikan mas, atau ikan bandeng. Gunakan ikan segar bila perlu yang masih hidup dan di depan mata kita di siangi  Jika ingin memasak ikan dengan cara di tim,berikut ini resepnya

Ikan Tim Ikan Kerapu

Bahan : 
Ikan kerapu 500 gram (siangi, buang sisik ikan, kotoran dalam perut dan darah yang terperangkap di dalamnya, beri perasan air jeruk nipis, sisihkan
5 -6 lembar daun jeruk ,sobek tulang daunnya
1/4 sdt garam
air perasan  jeruk nipis 2 sdm

Bumbu campur (aduk rata semua bumbu) dibawah ini
4 pcs cabe merah  iris serong
4 pcs cabe hijau iris serong
cabe rawit (optional, saya tidak pakai)
5 pcs bawang merah iris iris
3 pcs bawang perah iris tipis
2 ruas jahe seukuran jempol, iris tipis
2 sdm seafood sauce
1/2 sdt saus tiram
1/2 sdt garam

Cara membuat 
Bersihkan ikan, buang sisik, isi perut dan darah yang terperangkap di sela-sela rongga perut ikan. Cuci bersih, Beri perasan air jeruk nipis. Rendam sebentar, bilas, tiriskan

Panaskan kukusan, saya menggunakan rice cooker. Tata ikan di pinggan tahan panas /loyang, beri daun jeruk, perasan air jeruk nipis, garam. Kukus 7 -10 menit. Buang air yang ada di pinggan /loyang. Beri bumbu iris yang telah disiapkan sebelumnya.
Kukus kembali 15 menit /sampai matang. Sajikan.

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.