Sup Tom Yum Tofu dengan Tom Yum Paste Homemade

Bagi penggemar masakan thailand, tentunya tak asing lagi dengan Sup berkuah pedas, asam dan manis ini. Sup ini kaya akan rempah -rempah yang familiar dengan bumbu nusantara kecuali daun ketumbar yang jarang kita pergunakan.  Bumbu wajib yang jangan kita lewatkan adalah daun jeruk, batang serai dan kecap ikan. Sup ini cocok di sandingkan dengan ikan, cumi,udang, aneka jenis bakso dengan sayur bermacam-macam jenis tidak hanya jamur baik itu enoki, jamur kuping,shimej, dll, tetapi juga wortel bahkan kembang kol.

Daun ketumbar menjadi pelengkap dan pembeda sup tom yum, tanpa daun ketumbar menurut saya rasanya tidaklah sama. Namun mendapatkannya justru sulit, hanya ada di supermarket itupun dalam beberapa ikat. Daun ketumbar mirip seperti daun seledri namun berbau langu, bagiku mirip bau sabun. Di Indonesia sendiri daun ini jarang dipergunakan, kita lebih mengenal seledri, daun bawang untuk penambah aroma masakan. Saya membeli  1 ikat daun ketumbar seharga Rp,35.000, yang cuma terpakai beberapa helai saja dan sisanya mengering. Sedih sekali saya saat membuangnya, sangat kontras dengan daun seledri dengan jumlah dan besar yang sama dan hanya di bandrol Rp.5.000,- . Oleh sebab itu saat ke Palembang beberapa waktu yang lalu dan di salah satu sudut bumbu kering,ada daun ketumbar kering saya lantas membelinya bersama dengan basil, mint dan oregano. Alhamdulillah.



Sup tom yum yang saya buat kali ini menggunakan daun ketumbar kering, rasanya memang lebih nikmat jika daunnya segar. Tapi sudah cukup mewakili rasa kangen saya pada kuliner negeri gajah putih. Sementara Tom Yum paste atas pasta tum yum saya membuatnya sendiri dan saya stok di kulkas saya. Tom Yum Paste ini menjadi penyelamat saya untuk menyiapkan sarapan pagi baik itu mie goreng, nasi goreng hingga tim ikan tom yum. Praktis. Jika ingin membuatnya bisa klik disini Pasta Tom Yum - Thail Chili Paste

Sup Tom Yum ini saya buat dengan bahan yang ada di kulkas, udang porsi kecil sekitar 100 gram , tahu /tofu, jamur kancing dan jamur kuping. Jika ada enoki rasaya lebih mantap lagi ya, saya tambahkan wortel karena thiya suka sekali makan wortel. Sup simple ini rasanya juara. Pedas, asem segar, gurih dan ngaldu banget bercampur jadi satu. Meriang dan nggak enak badan insyaallah langsung hilang karena keringat bercucuran. Saya suka sekali. 
Udang yang saya gunakan sangat sedikit, tapi kuahnya ngaldu banget karena saya menggunakan kaldu udang. Kaldu udang ini saya dapatkan dari merebus kulit dan kepala udang dengan bawang putih hingga airnya berkurang setengah. Bumbu yang digunakan berasal dari pasta tom yum. Kamu bisa membuatnya sendiri saat memasak ini atau membelinya di supermarket. Pasta ini ada banyak dengan berbagai macam merk. Saya sendiri membuat pasta ini dalam jumlah banyak , lalu saya pergunakan untuk membuat sup ini.  Resep ini kami makan untuk 2 orang dewasa dan 1 anak kecil, sebagai porsi makan siang kami. Jika untuk thiya tidak ada cacahan dan tambahan cabai, untuk orang dewasa saya tambahkan rajangan cabai. Oh ya jangan lupa lipat gandakan takaran resep sesuai dengan jumlah keluarga ya. Mau mencoba membuat Sup Tom Yum berikut ini resepnya. 

Sup Tom  Yum Tofu dengan Tom Yum Paste Homemade

Bahan :
100 gram udang (bisa menambahkan cumi,bakso,fillet ikan dll)
3 buah tofu, potong dadu (bisa menggantinya /di tambah dengan bakso ikan,udang,cumi,kepiting)
4 sdm makan pasta tom yum (homemade tom yum paste disini)
10 buah jamur kancing /champignon (potong sesuai selera), bisa menambahkan dengan jamur shimeji, enoki
5 buah jamur kuping kering (rendam dengan air, sobek sobel buang bonggolnya)
600 ml air kaldu (air rebusan kepala, kulit udang) bisa menggunakan kaldu instan

Bumbu lainnya
1 batang serai,ikat simpul
1 sdm air jeruk nipis (dari 2 pcs lemon cui/ 1 jeruk nipis), peras airnya
2 batang daun ketumbar, potong kasar (saya menggunakan daun kerumbar kering 1 sdm)
1 batang daun bawang, rajang kasar
2 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun jeruk purut, sobek kasar
1 sendok makan kecap asin
2 sdm kecap ikan/fish sauce/seafood sauce
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
3 pcs cabai merah, cincang halus (optional)
4 pcs cabai rawit, cincang kasar (optional)

Note
Saya menggunakan sendok makan biasa untuk menakarnya. Bukan sendok untuk baking

Cara membuat
  1. Tumis sebentar pasta tom yum, tambahkan daun jeruk, serai, lengkuas,cabai merah aduk rata, tambahkan air kaldu dan wortel masak hingga setengah lunak. Tambahkan  udang, tofu, jamur aduk rata
  2. Masak sebentar kurang lebih 10 menit dengan api sedang. Tambahkan bahan lainnya (garam,gula,kecap ikan, air perasan jeruk nipis, kecap ikan dll)
  3. Koreksi rasa. 
  4. Menjelang disajikan tambahkan rajangan daun bawang dan daun ketumbar. 

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.