Sup Ikan Batam

Seingetku Sup Ikan Batam yang kumakan di resto dulu tidak berwarna keruh seperti ini, mungkin karena saya menambahkan terlalu banyak kemiri dan teri yang dipakai jenis teri jengki sehingga kuahnya tidak bening seperti di restoran dulu. Hehehe. Tak apalah. Overall rasanya makyus. 

ini sup ikan batam ala saya ya. Jangan dimarahin bagi yang tinggal di batam kalau nggak sesuai  hehehe. Suami yang suka makan di yongkee waktu kerja di batam bilang enak. Alhamdulillah. Terlalu sering mendengar cerita tentang Batam dari suami jadi ingin kesana. Jadi pas ke jakarta lalu ada tulisan sup ikan batam di salah satu foodcourt dan restoran di mall lalu cuss makan siang disana. Enak, segar dan beda rasanya dengan pindang, sup ikan yang pernah saya masak. Dulu suami pernah kerja di Sony Batam sebelum akhirnya hijrah ke Lampung dan bertemu saya. Setiap hari cerita tentang muka kuning dan daerah sekitarnya membuat saya serasa pernah kesana. Terus ku tanya nggak ke singapura sekalian yah? ehh dijawab nya nggak. Dasar cowok...kalau saya disana pasti langsung menyebrang. Kapan lagi bisa keluar negeri cukup naik ferry. Tapi emang dasar suamiku ini bukan tipe yang suka jalan-jalan, wisata kuliner. Beda banget sama aku yang suka cicipin aneka makanan apa lagi kalau itu aku nggak pernah makan.  Terus ntar diingat-ingat rasa dan bentuknya untuk di buat suatu hari nanti (suatu hari nanti itu jaraknya bisa lamaaa sekali)

Nah bagi yang ingin mencicipinya ini resep dari mommy dian. Rasanya segar, light, dan khas. Bumbu wajib harus ada kecap ikan. Kalau nggak pakai rasanya ada yang kurang. Aku pakai kecap untuk seafood merk lee kum lee karena hanya itu yang ada label halalnya. Kecap ikan lainnya nggak ada labelnya jadi aku nggak berani pakai. dan sawi asin yang digunakan bisa dibeli di supermarket atau buat sendiri seperti saya ini link nya Homemade acar sawi
Sup Ikan Batam


Bahan :
350 gram ikan kakap (termasuk tulang), bersihkan kucuri jeruk nipis.
500 ml air
1 ikat sayur asin, ambil batangnya saja, potong 3 cm (saya membuatnya sendiri ini link nya Homemade sawi asin
Udang 100 gram buang kepala dan kulitnya  kucuri jeruk nipis (resep asli tak pakai)
4 buah tomat hijau kecil (saya tomat merah)

Bumbu :
3 siung Bawang putih
3 buah kemiri
1 sdm Ebi
1 sdm teri medan (saya teri jengki dibersihkan tulangnya 2sdm)
Goreng semua dan haluskan
4 sdt kecap ikan
1 sdt gula pasir
Garam, lada

Pelengkap : cabe rawit iris + kecap asin

Cara membuat :
1. Didihkan air, masukkan bumbu halus
2. Masukkan ikan. Tambahkan kecap ikan dan gula pasir, garam, serta lada
3. Masak hingga ikan matang dan kuah jernih. Sesaat sebelum diangkat, masukkan tomat dan batang sayur asin.
4. Hidangkan dengan pelengkap.

TIPS :
Untuk membuat kaldu ikan yang enak, pilih ikan kakap yang segar serta masukkan beserta tulangnya. Saya memfillet daging ikan, lalu kepala dan tulang saya masak untuk dibuat kaldu lalu saya saring.

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.