Sate Bandeng Bumbu Rendang dengan Foto Step by Step

Di pasar ada ikan bandeng lumayan besar untuk saya olah menjadi sate bandeng. Seperti sebelumnya saya pernah posting. Maafkanlah kalau fotonya tidak menarik. Itu pertama kali belajar bloging dan belum ngehh tentang foodphotography. Sama seperti sekarang nggak terlalu paham, tapi ada ilmu sedikit saja. Penting fotonya nggak berbayang. Itu dulu lah untuk blog saya ini. Learning by doing dulu. Sebelumnya sate bandeng ala saya disini. Sekarang saya sedang memberdayakan bumbu rendang homemade yang sebelumnya pernah saya posting disini. Kalau nggak ada bumbu rendang homemade nya bisa menggunakan rendang instan yang banyak dijual.  Sate Bandeng bumbu rendang ini gurih,pedas dan sangat disukai suami saya karena dia paling malas memisahkan kulit ikan saat makan. Bau lumpur bandengpun hilang,yang ada hanya aroma rendang dalam casing ikan. Sedapnya. 

Membuatnya pun tak begitu sulit sebenarnya asal telah terbiasa dan menguliti daging ikan. Untuk pemula seperti saya, saya fotokan step by stepnya. Selanjutnya memang latihan. Practise makes perfect bukan?

Saya membeli ikan di pasar sekitar 500 gram (3 pcs) karena bumbu rendangnya pedas maka untuk thiya saya ambil dari daging ikan yang telah diblender dan saya bungkus dengan daun pisang. Sama seperti saya membuat sate bandeng, pasti ada kelebihan daging ikan. Kalau kemarin sisa bumbu diging ikan agak banyakan karena ada penambahan kelapa parut, kalau ini sisanya sedikit saja dan pas untuk 2 pcs ikan sate bandeng yang saya posting ini dan 2 satai ikan untuk thiya ( diambil sekitar 2 sendok makan). Sisa 1 selongsong kulit bandengnya saya kasih kucing 😁
Bagian paling sulit adalah mengupas dan memisahkan kulit ikan dengan dagingnya tanpa merusak kulit ikan, lakukan dengan hati-hati insyaallah bisa. Bersihkan dahulu sisik ikan lalu keluarkan isi perutnya dengan menggunakan celah di rongga kepala ikan. Saya mengeluarkan isi perut dengan memanfaatkan rongga di insang ikan. Lepaskan insang ikan, lalu tarik isi perut keluar berbarengan dengan mengeluarkan insang ikan. Jika sudah keluar isi perut ikan, bersihkan badan ikan dengan air dan kotoran yang menempel dari dan diluar badan ikan dan rongga perut ikan. Bila perlu kucuri air jeruk nipis yang banyak agar lalat nggak mengganggu proses menguliti daging ikan. 

Pukul-pukul badan bandeng perlahan-lahan agar tulang bisa terpisang dari daging ikan. Pegang ekor ikan di tangan kanan dan kepala ikan di tangan kiri, tarik berlawanan arah agar tulang di kepala ikan terlepas dan duri halus menjadi terpusat (ajaran ibu saya). Pukul-pukul kembali. Dari ekor ikan bandeng , dorong tulang ikan dan bawa ketengah sambil tulang ikan di dorong keluar melalui rongga celah insang ikan. Patahkan tulang ikan pada  ekor , lalu tarik tulang ikan. Kulit ikan yang terbalik, sayat daging ikannya dengan menggunakan sendok. Buang tulang /duri yang kelihatan. Ambil sebanyak mungkin daging yang menempel.

Sebaiknya sirip ikan tidak dipotong, namun jika ingin dipotong ambil gunting dan potong perlahan,jangan sampai melukai kulit bandengnya. Nah bagi yang ingin membuat sate bandeng dengan bumbu rendang berikut ini resepnya

Sate Bandeng Bumbu Rendang

Bahan
500gram ikan bandeng (kuliti dan pisahkan daging seperti petunjuk di atas)
2 sdm bumbu rendang instan
4 pcs bawang merah iris iris
3 pcs bawang merah iris-iris
3 pcs cabai merah keriting (iris serong)
3 pcs cabai hijau keriting (iris serong)
2 pcs cabai rawit (optional,tambah jika suka pedas)
1 sdt garam
50 ml santan kental
5 cm lengkuas, potong menjadi 2 -3 sesuai jumlah selongsong ikan
1 batang serai ,iris serong
3 pcs daun jeruk, sobek kasar
2 -3 pcs daun salam (masukkan sesuai jumlah kulit ikan)

Cara membuat
Campurkan daging ikan, santan, garam dan masukkan ke blender dry mill /food processor. Untuk memudahkan proses penggilingan ikan baiknya setengah beku. Ambil ikan, campur dengan bumbu rendang, cabai iris, bawang iris aduk rata. Cicipin dan koreksi rasa.

Isikan campuran daging ikan ke kulit ikan, tata di daun pisang yang sebelumnya telah dilayukan sebentar dengan memanggangnya atau mengukusnya. Tambahkan sepotong lengkuas, daun jeruk, daun salam dan batang serai beberapa iris ke dalam daun pisang. Gulung dna rapatkan. Kukus sekitar 15 menit hingga matang. Panggang sebentar untuk menciptakan efek terpanggang dan aroma daun pisang lebih kuat.

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.