Pumpkin Chiffon Cake - Cake Lembut dengan Labu Kuning

Lagi aktif di IG beberapa hari ini dan melihat Pumpkin Chiffon Cake punya mbak Ricke Ordinary Kitchen. Wah unik banget pikirku. Jadi semangat banget mau eksekusi. Kebiasaan di desa sebutnya bolu bukan cake jadi thiya sebutnya bolu lembut karena cake ini lembut, ringan banget. Ini cake terlembut yang pernah saya buat. Jika di luar ini disebut 'Cake' (dalam bahasa Inggris), atau dalam bahasa Indonesia sering disebut 'bolu'. Karena kata 'bolu' berasal dari serapan bahasa Portugis 'bolo' yang artinya 'cake'. Sama dengan kata 'mentega' yang merupakan kata serapan dari bahasa Portugis 'manteiga' yang artinya 'butter'. Pumpkin chiffon cake alias bolu sifon labu kuning ini mempunyai tekstur lembut, ringan, enak banget. Super duper enak. Wajib coba. 



Berbekal pengalaman sebelumnya jika mengolah labu dengan cara dikukus maka labu kuning akan sangat berair, sayapun memanggangnya agar aroma dari labu kuning kuat dan tidak berair. Itupun hasil baca di chanel Jamie Oliver. Dan sayapun mencobanya. Labu saya potong -potong dan tanpa dikupas saya masukkan ke oven. Aroma karamelisasi gula yang terkandung di labu harum sekali. Sejak saat itu memanggang labu akan saya lakukan mulai sekarang. Hanya jika memanggang dengan kulit, ketika mengeruk /mengambil dagingnya sisakan sedikit jangan sampai ke bawah sekali hingga terlihat kulitnya, karena akan sedikit pahit.

Cake Chiffon ini saya buat 2kali, bukan karena hasilnya yang amblas /turun kebawa, melainkan saya penasaran bagaimanacake chiffon dengan tampilan seperti terbelah di IG mbak ricke,sayapun ingin mencoba pada cake chiffon saya, sehingga sesuai petunjut 15 menit setelah dipanggang cake saya keluarkan dan di belah dengan digores pisau bagian atasnya dan hasilnya cake terbelah cantik sekali.

Hanya saja saya tidak memperhitungkan bahwa loyang yang digunakan berbeda. Di IG mbak Ricke menggunakan loyang angel food menggunakan diameter 24 cm. Loyang sayapun 24 cm tapi loyang bongkar pasang chiffon cake yang sedikit melebar diameter tengahnya, sehingga masih berupa adonan pas di loyang dan naik ke atas saat di panggang. Tetapi ketika di balik, cuma bertahan 30 detik dan cakepun turun kebawah, asumsi saya saat itu karena loyang kekecilan. Selang beberapa hari saya masak kembali,Saya konversi ke loyang 20cm atau telor menjadi 6 butir cake pun pas di loyang. Saat akan di balik, cukup bertahan lama di atas botol tetapi tidak sampai dingin,cake pun melorot ke bawah. Asumsi saya karena cake saya belah, sehingga tidak membentuk lingkaran sempurna dan dinding loyang tidak kokoh menahan (walau saya tidak mengoles apapun), alhasil cakepun melorot dan terbalik melewati gelas yang saya jadikan fondasi. Walau bentuk cake tidak sempurna, cake tetap lembut selembut kapas, nggak kempis , wangi labu kuning dan enak sekali.

Terlepas dari cake yang terlepas dari loyang dan membuat cake terbelah, rasanya puas bisa mencoba pumpkin chiffon cake ini (terima kasih yah mbak ricke) kalau ada labu kuning lagi insyaallah mau coba lagi. Cake ini lembut sekali, dengan aroma pumpkin yang kuat, kuning alami tanpa penambahan pewarna dan saya nggak pernah berhenti memakannya. Gimana timbangan nggak naik coba. Mau mencobanya, berikut ini resepnya yang saya konversi ke loyang chiffon saya dengan diameter 20 -22 cm. 

PUMPKIN CHIFFON CAKE
Resep dari IG rickeindriani_ordinarykitchen
.
Pasta:
150 gram labu kuning kukus, haluskan menjadi puree (saya memanggangnya)
6 kuning telur
75 gram minyak goreng
75 gram susu cair
112,5 gram terigu protein sedang
18,75 gram maizena
1/2 sdt vanilla (saya tidak pakai)

Meringue:
6 putih telur
1/4 sdt garam
2 sdt air jeruk lemon/nipis
112,5 gram gula pasir halus

Cara membuat:
  1. Panaskan oven suhu 150-160'C. Siapkan loyang chiffon cake diameter 22 cm tanpa dioles apapun. Sisihkan. 
  2. Kocok kuning telur & vanilla dgn handwhisk. Masukkan minyak goreng, kocok kembali hingga kental. Masukkan susu cair, aduk rata. Masukkan puree labu kuning, aduk rata.Masukkan terigu & maizena sambil diayak. Aduk rata hingga licin tidak bergerindil. Sisihkan ( Saya memasukkan semua bahan pasta  ke blender juice, lalu diblender halus). 
  3. Dalam wadah lain (wadah bersih & kering), kocok putih telur dan garam dengan mixer hingga berbusa. Masukkan air jeruk lemon/nipis. Masukkan gula pasir bertahap sambil dikocok hingga gula habis & adonan soft peak (saya pakai kecepatan rendah dulu). Naikkan ke kecepatan sedang, lanjutkan mengocok hingga adonan firm peak.
  4. Di wadah terpisah.Ambil 1/3 adonan meringue, campurkan ke adonan pasta. Aduk rata dengan handwhisk. Masukkan lagi 1/3 adonan meringue, aduk balik dengan spatula sampai rata. Masukkan lagi sisa adonan meringue terakhir. Aduk hingga benar-benar rata, tidak ada adonan meringue yang belom tercampur rata. Adonan akhir tetap kental dan ringan, tidak encer.
  5. Tuang ke dalam loyang. Aduk-aduk adonan mengunakan sumpit/spatula besi (untuk meratakan gelembung udara yang mungkin terperangkap dalam adonan). Ratakan permukaannya.
  6. Panggang dalam oven hingga matang 50-60 menit tergantung oven masing-masing. Jika ingin membuat belahan pada permukaan cake, panggang cake selama 15-20 menit sampai terlihat mulai berkulit pucat. Keluarkan dari oven, iris permukaan cake dengan ujung pisau kecil. Masukkan kembali ke oven & lanjutkan memanggang sampai matang.
  7.  Segera balikkan loyang dan biarkan cake dalam loyang hingga dingin baru dikeluarkan.
Note:
Di menit 15-20 itu, adonan dalamnya masih cair dan mentah, cuma baru terbentuk kulit pucat tipis di permukaannya aja. Jadi nggak akan kempes bila dikeluarin. Mengeluarkannya juga nggak lama-lama, cuma sebentar aja, gores-gores lalu langsung dimasukkan lagi ke oven.

Loyang tidak perlu di oles apapun, agar adonan menempel di loyang sehingga tidak melorot saat dibalik. Jika memiliki loyang seperti saya, sebaiknya tidak perlu dibelah, khawatir cake melorot karena cake terbelah dari atas sampai kedasar saat dibalik (Pengalaman saja)

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.