Pound Cake Cokelat

Punya anak yang suka cokelat? samaan kalau iya 😀. Jadi  ibunya ini harus masak semua cake yang berbau cokelat. Termasuk cake ini nih. Rasa cokelatnya mantap, cakenya  padat beremah walau tidak sepadat brownies namun bukan jenis cake seperti chiffon cake. Sejujurnya saya lebih menyukai cake dengan metode butter cake ini. Saya coba resep luar yang katanya sih mirip dengan cake starbucks, menurut saya malah lebih enak. Tapi agar mirip dengan starbucks menurut saya kuncinya di jenis Dark Chocolate yang bagus dan penggunaan mentega, walau kalau pakai margarin tetap bisa hanya saja  rasa nggak bisa bohong.


Oh ya kalau mau ada motif marmer, bisa banget, dengan cara menusukkan garpu atau kusuk sate lalu diputar mengelilingi loyang. Saya nggak melakukannya. Pingin yang polosan aja kuningnya.  Oh ya kulit cake ku yang tak mulus dan kelihatan berpasir itu karena menggunakan loyang yang kukira anti lengket/teflon, sehingga dengan PD nya saya tidak mengoles dengan margarin dan terigu. Pas lihat di TBK ku kira loyang yang dibeli anti lengket, nggak tahunya lengket. Hahaha, sempet nggak mau kufoto untuk dipajang di blog, tapi pas diperhatikan cantik juga jadinya kupajang aja deh. Sudah habis setengah cakenya. Wkwkwk harap maklum, thiya mau potong cake nya begitu keluar dari oven. Masyaallah. Tak perlu berlama-lama, bagi yang ingin mengeksekusinya berikut ini resepnya


Pound Cake Cokelat

Bahan:
100 gram coklat blok/DCC, potong dadu
2 sendok makan coklat bubuk
250 gram tepung terigu protein sedang atau rendah
1 sendok teh baking powder double acting
3 sendok makan susu bubuk full cream
1/8 sendok teh garam
250 gram mentega atau margarine
200 gram gula pasir
2 sendok teh vanilla extract
5 butir telur ukuran besar, atau 6 jika telur yang digunakan kecil
1 - 3 sendok makan susu cair

Cara membuat:
  1. Siapkan oven, set disuhu 170'C, api atas dan bawah. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang tulban, diameter 24 cm, olesi permukaannya dengan carlo atau campuran margarin dan terigu 1:1. Sisihkan.
  2. Tim cokelat blok sampai meleleh.Aduk-aduk selama coklat ditim, tambahkan coklat bubuk dan aduk hingga rata dan coklat smooth. Angkat dari kompor dan biarkan dingin Sisihkan
  3. Siapkan mangkuk, masukkan bahan kering (tepung terigu, baking powder, garam dan susu bubuk), aduk rata dan ayak untuk menghilangkan gumpalan tepung dan memasukkan udara kedalamnya.
  4. Siapkan mikser, masukkan mentega, kocok dengan speed sedang selama 3 menit hingga lembut. Masukkan gula pasir, kocok hingga  sedikit mengembang dan berwarna lebih pucat dari sebelumnya. Masukkan vanilla extract, kocok hingga tercampur rata.
  5. Tambahkan telur, satu persatu. Kocok hingga mengembang. Tambahkan susu cair, jika adonan masih terlihat berat, dan padat maka susu cair bisa ditambahkan sesendok demi sesendok, dan kocok adonan hingga tercampur rata.  Matikan mikser
  6. Masukkan campuran tepung terigu dalam 3 tahapan, kocok dengan mikser speed yang paling rendah hingga tepung dan adonan mentega tercampur. Jangan over mixing, jika adonan sudah tercampur segera hentikan.
  7. Ambil 1-2 sendok sayur adonan sisihkan
  8. Masukkan tim cokelat ke adonan utama. masukkan ke loyang, beri adonan putih diatasnya. Jika ingin membuat motif marble bisa dilakukan dnegna mengambil garpu dan putar-putar sekeliling loyang
  9. Panggang selama + 45 menit hingga permukaan cake coklat keemasan dan ketika lidi ditusukkan di tengah cake maka tidak ada adonan yang menempel (Lama memanggang tergantung dengan jenis oven, kenali oven masing-masing)
So yummy. Silahkan dicoba
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen


Source :
Starbucks Marble Pound Cake-Genius Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.