Pasta Tom Yum -Thai Chili Paste

Kalau kamu pecinta tom yum seperti saya dan suka membeli pasta instan pabrikan atau makan di restoran? kalau iya tampaknya kamu harus mencoba membuatnya sendiri. Karena membuatnya pun sangat gampang dan mudah. Berbekal browsing dan beberapa kali mencicipi tom yum di restoran, saya sedikit PD  mencoba membuatnya sendiri. Pasta dan bumbu instan pabrikan seperti yang pernah saya tulis disini Mari Mengenal 7 Bahan Pengawet Makanan di Sekitarmu rentan dengan MSG dan pengawet lainnya. Membuat bumbu instan sendiri selain bisa mengatur level pedasnya juga pastinya lebih sehat. 


Pasta Tom Yum atau nam prik pao atau Thai Chili Sauce merupakan pasta wajib yang ada di sup tom yum. Pasta ini terdiri dari ebi halus, cabai, terasi, asam jawa, bawang merah dan bawang putih. Rasanya asam,pedas, dan manis. Pelengkap yang wajib ada adalah daun jeruk/aroma jeruk dan daun ketumbar. Saya menggunakan daun ketumbar kering yang dijual di supermarket. Tidak seperti seledri saudara kembarnya yang dijual bebas di pasar tradisional, daun ketumbar cuma bisa di dapatkan si supermarket. Dan saya beri daun ketumbar di masakannya, tidak di pasta ini. Padu padankan pasta tom yum atau Thai Chili Sause ini dengan aneka sumber karbohidrate dan protein favoritmu seperti nasi goreng tom yum, mie goreng tom yum, ataupun sup ikan,seafood tom yum. Rasanya juara.
Membuatnya pun tak susah. Dengan bahan yang mudah di temui dan digunakan di dapur Indonesia, karena memang sensasi rasa tom yum mirip yang asem manis pedas ini  familiar dengan kuah pindang serenai atau asam padeh.. Dan pasta instan siap pakai ala rumahan bisa menjadi penolongmu saat memasak tom yum dengan segala variasi masakannya. Jika pada pasta instan pabrikan menggunakan perisa ikan /udang, saya menggantinya dengan kaldu udang. Kaldu ini saya dapatkan dari merebus kulit dan kepala udang dengan bawang putih mengunakan api kecil.  Jika tidak ada bisa digantikan dengan kaldu instan biasa. Kebetulan memang saya sedang menghindari zat pengawet pada makanan. Kalaupun ada cukuplah dari kecap, atau saus yang biasa di konsumsi. Karena saya tidak bisa membuat kecap sendiri.

Untuk mengatur level pedas pasta instan mu, buang biji cabai yang ada di dalam cabai kering. Semakin banyak dibuang,semakin berkurang rasa pedas yang ditimbulkannya.Untuk jenis cabai yang digunakan adalah cabai merah besar /cabai merah keriting. Bukan cabai rawit /lombok. Dan bagi teman -teman yang belum mengenal jenis cabai , merica dan bawang di tanah air, baiknya membaca ini Mengenal Cabai,bawang,merica dan ketumbar bumbu dapur part 1 yang saya tulis beberapa waktu yang lalu. Mengeringkan cabai bisa dilakukan di bawah terik sinar matahari atau memanggangnya. Saya mempadupadankan keduanya. 1 hari saya jemur dan sisanya saya panggang di oven. Kenapa saya melakukannya? Karena oven yang terlalu sering terkena uap air sehingga rentan terhadap korosi. Oven yang saya miliki, satu-satunya yang saya punya dan saya harus merawat dan menjaganya selama mungkin bukan?.  Nah jika anda ingin membuat pasta Tom Yum ini - Thai Chili Paste kenapa tak mencobanya sendiri saja sekarang.
Pasta Tom Yum - Thai Chili Paste
Bahan :
Lengkuas 10 cm, memarkan
Daun Jeruk purut 12 lembar, Sobek kasar
1 sdm perasan air jeruk purut
Serai 3 batang memarkan
Gula aren 1 sdm sisir
Asam jawa 2 sdm (seduh dengan sekitit air panas)
Minyak ikan /seafood soauce 2 sdm (optional)
Minyak untuk menumis
200 ml kaldu udang

Bumbu halus
Bawang merah 20 pcs
Bawang putih 8 pcs
Cabai merah kering 20 pcs
Cabai merah 7 pcs
Ebi halus 6 sdm (Ebi kering rendam sebentar, haluskan)
Terasi bakar 1 sdt

 Cara membuat
  1. Haluskan bumbu halus dengan menggunakan blender dry mill /Lumpang. Saya menghaluskannya menggunakan blender dengan sedikit air kaldu.
  2. Panaskan wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan bumbu lainnya dan masak hingga air berkurang,kasat dan pekat
  3. Dinginkan, simpan pasta dalam wadah kedap udara atau kemas perporsi dan masukkan ke freezer. Bisa bertahan berbulan-bulan. Jika dimasukkan ke bukan freezer, bertahan kurang dari 1 bulan. 

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.