Ayam Goreng Jahe (Ginger Fried Chicken)

Resep lawas punya ibu, si ayam goreng jahe. Biasanya bukan ayam melainkan daging sapi yang di masak semur. Kebiasan keluarga kami terkadang menambahkan jahe dalam masakannya. Sehingga kala kangen "semur" ibu saya memasak ini untuk mengobati rasa kangen. Soalnya memasaknya sangat mudah, dengan bahan yang mudah ditemui juga. Kalau di Palembang olahan seperti ini di sebut malbi. Tapi malbi identik dengan daging sapi, Nah kalau menggunakan ayam dan sentuhan terakhir seperti digoreng sebentar dengan bumbu jahe sehingga saya lebih menyukai dinamai Ayam goreng Jahe. Nama umumnya saya juga nggak tahu. 

Kunci agar bumbu meresap adalah diungkep dengan api kecil dalam waktu yang lama. Saya mengungkepnya 2jam dengan api super kecil. Dan disambi mengerjakan pekerjaan lain. Ayam sendiri telah memiliki kandungan air yang relatif banyak,sehingga cukup tambahkan sedikit air atau tidak sama sekali. Hasilnya bumbu meresap sampai ke dalam. 
Ayam goreng Jahe ini memiliki rasa hangat /sedikit pedas dari jahe, dengan aroma karamelisasi gula yang berasal dari kecap. Diungkep sampai airnya habis dengan api kecil. Dan rasakan kelezatannya. Jika tidak memiliki jahe bubuk seperti pada foto, gunakan saja jahe segar pada bumbu rendaman. Sama saja kok rasanya. Ingin mencoba membuatnya, berikut ini resepnya

Ayam Goreng Jahe

Bahan :
500 gram ayam. Untuk rasa terbaik di bagian paha, boleh gunakan bagian manapun
3 pcs bawang merah iris- iris
1 pcs bawang putih iris- iris
1 sdt jahe bubuk
50 ml minyak goreng (saya menggunakan minyak zaitun. Boleh menggunakan minyak sawit,canola dll)
4 sdm kecap manis
1 sdt garam

Bumbu halus
4 pcs bawang merah
2 pcs bawang putih
1sdt merica bubuk
1/2 sdt jinten bubuk (optional)
4 siung jahe seukuran jempol kecil atau sekitar 8 cm

Cara membuat
  1. Bersihkan ayam dari lendir dan bau langunya dengan cara discrub dengan garam kasar, kucuri jeruk nipis, Bilas sampai bersih dan sisihkan
  2. Blender bumbu halus dengan sedikit air (50 ml)
  3. Siapkan wajan masukkan bumbu halus, kecap manis. Ungkep dengan api kecil. Jangan lupa wajannya di tutup selama mengungkep 1,5jam. Jangan tambahkan air lagi. Selama mengungkep nanti air dari ayam akan keluar.
  4. Buka tutup panci, tambahkan garam,aduk terus hingga air habis. Dinginkan. Sisihkan
  5. Tumis bumbu iris dengan sedikit minyak, masukkan jahe aduk rata. Masukkan ayam tadi. Goreng sebentar. (Saya memasukkan minyak berbumbu kedalam wajan berisi ayam, aduk rata dan goreng sebentar)
  6. Angkat dan sajian

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.