Soes Vla Cokelat Durian

Sebelumnya saya pernah posting tentang Soes Vla Durian, kali ini saya membuat lagi soes dengan vla yang berbeda. Saya membuat vla cokelat  durian. Vla cokelat durian ini merupakan 2 jenis vla yang dimasukkan pada 1 kantong plastik segitiga. Bukan vla cokelat yang diberi durian. Saya pernah membuat vla cokelat yang diberi durian. Menurut saya rasanya kurang pas. Rasa cokelat  bercampur dengan durian maka rasa durian akan kalah dengan cokelat dan  tercium samar adalah bau duriannya saja. Mungkin juga resep saya yang tidak pas. Nah Berbekal pengalaman itu, kali ini saya membuat 2 jenis vla. Vla durian dan vla cokelat yang berasal dari sajian sedap beberapa tahu yang lalu. 
Choux atau Soes yang saya buat kali ini berbentuk Shell/Kerang. Kunci utama membuat soes berbentuk shell adalah membuat lingkaran bulat yang terisi penuh, jangan ada celah. Jika ada nanti soes memiliki lubang dan tidak rapat. Saat di isi vla selain menyebabkan bocor, juga membuat kita mendapatkan "jebakan" karena yang makan akan mendapatkan vla yang bocor dan terciprat ke sisi yang tak terduga saat digigit. Jika soes ingin berukuran besar maka setidaknya buat 3 lingkaran.Lingkaran pertama lalu buat lagi lingkaran kedua untuk menutupi lubang di lingkaran pertama dan lingkaran ketiga yang lebih kecil dari sebelumnya sehingga choux seperti berbentuk kerang. Sebagai perbandingan saya membuat 2 lingkaran yang bertumpukkan.

Saya sedang bersemangat ngeblog selain memindahkan foto dan resep-resep masakan pada buku tulis saya ke dalam bentuk digital semoga saya menjadi amal jahiyah untuk siapapun yang mau membaca, mempraktekan resep-resep di blog ini. Karena itu saya terkadang hanya membuat 1/2 resep saja. Karena yang menghabiskan hanya kami bertiga. Oh ya Ulasan tentang Choux /Soes telah saya tulis di Soes Vla Durian. Nah untuk yang ingin membuat resep Soes Vla Cokelat Durian ini Berikut resepnya 

Bahan Kulit:
225 ml air
100 gram margarin
1 sdm gula pasir
125 gram tepung terigu protein tinggi
4 butir  telur

Cara membuat:
  1. Rebus air, margarin dan gula hingga mendidih.
  2. Kecilkan api, Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga kalis, angkat, dinginkan.
  3. Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan mixer hingga kental dan rata.
  4. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang diujungnya diberi spuit. Saya mendoublenya. Adonan saya masukkan ke dalam kantong segitiga, dipotong ujungnya lalu saya masukkan ke dalam plastik segitiga lagi yang ujungnya ada spruit. Bisa spruit bintang (jika ingin berbentuk shell), atau eclair dengan spruit seperti ada gerigi (saya berbentuk shell)
  5. Semprotkan adonan ke atas loyang kue kering yang telah dioles margarin. Untuk besarnya soes tergantung selera ya. Jika tidak ada spruit cukup masukkan ke dalam kantong plastik dan ujungnya dipotong. Saya membuat 2 lingkaran yang bertumpukan, Lingkaran yang dibuat harus rapat, tidak bolong dan tidak ada celah sedikitpun. Jika ada celah, beri sedikit adonan untuk merapatkannya. panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi (200 derajat Celsius) hingga mengembang, kokoh dan tidak ada lagi buih-buih margarin lagi di permukaannya.
  6. Sisihkan
Bahan dan cara membuat vla durian disini Soes Vla Durian

Bahan vla Cokelat
1 butir kuning telur (kocok lepas)
30 gram tepung maizena
100  gram dark cooking compound ,cincang kasar
25 gram gula halus (haluskan gula pasir menggunakan blender)
250 ml susu cair
1/2 sendok teh vanilla ekstrak
1 sdm  mentega/margarin
1/8 sdt garam jika menggunakan unsalted butter

Cara Membuat Vla :
  1. Dalam mangkuk kecil larutkan tepung maizena dengan sebagian susu cair sisihkan 
  2. Masukkan sisa  susu, gula halus ke panci, rebus sampai mendidih pinggiran panci menggunakan api kecil. Masukkan cincangan cokelat ,aduk hingga larut rata. Masukkan larutan tepung maizena aduk-aduk hingga meletup letup dan mengental, Matikan api
  3. Masukkan kocokan kuning telur. Aduk rata, nyalakan lagi api menggunakan api kecil. Masak kembali menggunakan api kecil sambil adonan di aduk-aduk agar tidak gosong hingga menjadi pasta yang kental.   
  4. Masukkan mentega /margarin  ,vanila dan garam, aduk hingga mentega meleleh dan tercampur baik dengan adonan. Matikan api, aduk terus adonan perlahan hingga uap panasnya menghilang hal ini bertujuan agar vla tidak berkulit. Saat vla telah mendingin/hangat tutup permukaan panci dengan plastik wrap dan masukkan ke kulkas hingga dingin
Penyelesaian:
Sobek atau gunting sedikit setiap kulit sus.
Masukkan sebagian vla durian kedalam plastik segitiga, lalu isi dengan sebagian vla cokelat, isikan pada kulit.
Hias sesuai selera sajikan.

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.