Sambal Ganja (Sambal Udang Aceh)

Sambal dengan rasa nano-nano asli dari tanah aceh ini sungguh beda dengan kebanyakan sambal nusantara. Perpaduan udang, cabai, belimbing wluluh dan aneka bumbu rempah tradisonal lainnya sungguh menggugah selera makan. Kalau di Aceh, istilah “Asam” itu lebih dekat dengan definisi Sambal. Jadi jangan heran kalau ke Aceh dan mendengar istilah asam keumamah (sambal ikan kayu), asam terasi (sambal terasi), dan  asam udeung alias sambal udang.

Di Jakarta, sambal ini di sebut sambal ganja. Ntah apa alasannya resto itu menyebutnya dengan nama Daun Psikotropika yang masuk sebagai Obat Narkotika itu. Mungkin karena Ganja memiliki efek "candu" sehingga sambal yang jadi "candu" ini dinamakan sambal ganja. Bagi saya yang besar di Palembang. Keunikkan sambal ini terletak pada udang yang di giling halus bersama bumbu sambal mentah. Sehingga perpaduan sambal matah terasa sekali di sambal ini. Jika pembaca sedang  menghindari sambal yang dimasak dengan cara di tumis seperti sambal terasi tetapi menginginkan sambal yang pedas, karena orang Indonesia kebanyakaan makan nasi kurang lahap jika tanpa sambal pedas. Nah dengan sambal udang aceh ini dijamin makan bisa lahap (semoga nggak kebablasan saja dietnya)


Memasak sambal ini saya hanya setengah porsi dari resep, kami cuma bertiga. Buat banyak-banyak rasanya kurang sedap jika dimasak keesokan harinya karena semua bumbu kecuali udang dalam keadaan mentah, oleh karena itu baiknya buat sambal ini minimal 2 jam sebelum di hidangkan dan porsinya secukupnya saja agar rasanya campur, nggak cemplang , enak dan segar. Berikut resepnya

Sambal Ganja (Sambal Udang Aceh)


Bahan :
100 gram Udang kecil-kecil tanpa kulit
10 pcs Cabai rawit hijau
10 pcs Cabai rawit merah  (tambah jika suka pedas)
10 pcs Cabai merah keriting hijau /merah
6 siung Bawang merah
8 pcs Belimbing wuluh, (jika belimbing wuluh besar dan memiliki biji hitam maka buang bijinya, jika belimbing wuluh kecil /sedang maka iris tipis bersama bijinya)
5 lembar Daun jeruk buang tulangnya, iris tipis-tipis
1 buah Serai, bagian putihnya diiris tipis-tipis
1 sdm Air perasan jeruk nipis
Garam 1/2 sdt
gula 1/4 sdt

Cara membuat :
Cuci bersih udang, kupas udang dan kucuri air jeruk nipis. Rebus sebentar udang dengan sedikit air hingga warnanya kemerah-merahan. Sisihkan . (air kaldu jangan dibuat, bisa untuk membuat sup /di jadikan kaldu udang)
Menggunakan lumpang , Haluskan bawang merah, cabai, udang, belimbing hingga halus dan tercampur.
Tambahkan irisan serai dan daun jeruk, Tambahkan gula, Garam dan perasan air jeruk nipis. Koreksi rasa manis dan asinnya.
Siap dihidangkan

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.