Pakis Serundeng Kelapa

Tanaman Paku atau Pakis memiliki banyak ragam dan jenis. Tanaman ini  diperkirakan memiliki 12000 spesies, 3000 spesies diantaranya diduga tersebar di Malesia termasuk di Indonesia. Anggota tanaman paku biasanya dijadikan tanaman hias  baik taman, pekarangan, atau ditaruh di pot sebagai tanaman beranda atau dalam rumah (indoor plant). Contoh-contohnya adalah berbagai paku pedang (Nephrolepis), berbagai paku epifit (misalnya paku tanduk rusa, kadaka, Davallia, Drynaria, sering kali tumbuh secara spontan lalu dipelihara), suplir (Adiantum), berbagai paku pohon, dan beberapa paku air untuk penghias akuarium (mis. Ceratopteris thalictroides).
Beberapa jenis paku dapat menjadi sayur, seperti paku sayur Diplazium esculentum, kadaka (di Taiwan), dan Cyathea (oleh orang Maori di Selandia Baru). Di pasar baik lampung dan di Palembang biasanya menjual sayur menjual paku sayur Diplazium esculentum. Pakis sayur biasanya  tidak dibudidayakan, pedagang mengambil di kebun dan hutan lalu dijual. Tanaman pakis enaknya di buat gulai pakis. Mama biasanya masak gulai pakis, namun enak juga jika dibuat dengan kelapa sangrai. Sekilas pakis serundeng kelapa ini mirip dengan urap. Bedanya karena menggunakan kelapa sangrai , rasa dan cara membuatnya sedikit berbeda. 

Dalam tradisi kuliner Nusantara, pakis sayur cukup menonjol pemanfaatannya di beberapa daerah. Masyarakat Minangkabau, misalnya, mengenal gulai pakis yang gurih dan rendang yang sangat lezat. Bahkan di daerah Pasaman, rendang pakis menjadi menu wajib dalam setiap perhelatan. Di dalam tadisi kuliner Pontianak, pakis dimanfaatkan dalam bentuk tumisan, biasa dicampur dengan ebi atau udang. Di Kalimantan Tengah, dikenal dengan nama kelakai, dibuat aneka sayur atau bahkan keripik kelakai. Di Bali, sayur pakis kerap diolah sebagai urap yang dinamakan jukut urab.  

Pakis sayur inipun, banyak dikenal di beberapa negara sebagai sayuran, misalnya India, Nepal, sampai di beberapa daerah di Amerika dan Kanada. Paku sayur adalah sayuran lokal yang saat ini banyak ditemukan dan dikonsumsi masyarakat. Jenis sayuran ini tidak dibudidayakan secara khusus, dan beberapa di antaranya merupakan tumbuhan sayuran hutan yang bersifat endemik, yang tumbuh liar tanpa campur tangan manusia.  

Senyawa polifenol yang ada di sayuran, buah-buahan, dan teh dapat mencegah penyakit degeneratif. Salah satu senyawa polifenol yang banyak terdapat pada sayuran, yaitu flavonoid dan asam fenolat. Asam fenolat merupakan antioksidan yang sangat kuat dan memiliki aktivitas  antibakteri, antivirus, antikarsinogenik, antiinflamasi, dan aktivitas vasodilatory. Selain itu asam fenolat juga mempunyai peranan untuk melindungi dari kanker dan penyakit jantung. Nah berdasarkan penelitian, pakis sayur terbukti memiliki senyawa fenol tinggi yakni 61,56mg/100 gr, dan merupakan sumber antioksidan yang tinggi. 

Pakis yaitu tanaman berbentuk rumpun, yang biasanya tumbuh baik didaerah kering dan lembap dan di bawah lingkungan yang teduh. Saat musim seminya (sekitaran April dan Mei), pakis akan menumbuhkan tunas daun muda yang masih tetap kuncup dengan bentuk ujung daun melengkung yang sama dengan kepala biola. Daun pakis muda yang dapat dipakai sebagai sayur biasanya sebelum daun itu jadi mekar.

Tumbuhan pakis adalah merupakan salah satu kelompok tumbuhan yang tertua yang masih dapat di jumpai di daratan. Diduga tumbuhan paku merupakan tumbuhan berkormus tertua yang menghuni daratan bumi.

Pakis sayur memiliki nama ilmiah Diplazium esculentum. Dikutip dari stuartxchange.org, pakis sayur memiliki nama lokal yakni dhenkir shaak (Bengali), guo gou cai jue (China), fougere a legume (Prancis), ho'i'o (Hawai), pakis sayur (Indonesia), linguda, kothira (India), kuware-shida (Jepang), phak kuut khaao (Thailand). Di Filipina, tumbuhan ini disebut paku-pako-paco, dan Malaysia biasa disebut pucuk paku.

Pakis sayuran (Diplazium esculentum) dikutip dari  gardeningknowhow.com, adalah spesies yang ditemukan dan digunakan di Asia Timur sampai Asia Selatan dan Oseania.Di China, tumbuhan pakis sayur sudah seperti kebutuhan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat, karena daun pakis dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan luka. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin C-nya cukup tinggi, yaitu 30 mg per 100 g. Fungsi vitamin C banyak berkaitan dengan pembentukan kolagen.Di India itu, pakis sayur menjadi bahan utama dalam masakan kari, dan di Filipina menjadi  makanan pokok. Di Jepang digunakan dalam tumis dan dinamakan umum kuware-shida, dan dibuat acar. Selain dikonsumsi di India, daun muda direbus sebagai sayuran untuk efek pencahar. Daunnya juga digunakan untuk sakit kepala, nyeri, demam, luka, disentri, diare, dan berbagai infeksi kulit.

Melihat begitu banyak dan manfaatnya tanaman pakis sayur ini, ayo kita olah dan sajikan untuk keluarga tercinta. Jangan cuma diolah menjadi gulai, variasikan jenis dan cara masak agar anggota keluar tak bosan. Jika pembaca pernah membaca postingan saya dahulu yaitu sambal lengkung-serundeng kelapa khas palembang klik disini , kami selalu stok kelapa kering sangrai kecokelatan ini untuk stok dirumah, nah salah satu pemanfaatan sambal lengkung ini adalah untuk masak sayur pakis serundeng kelapa kalau di sulawesi disebut lawa daun paku. Biasanya saya menyajikan lauk diatasnya seperti filet ikan gurame yang digoreng krispi, tempe goreng, ataupun tahu goreng di atas pakis serundeng kelapa ini sebagai lauk makan kami. Bisa disajikan dengan sambal favorit, ataupun tidak pakai sambal kalau sayurnya saya buat pedas sekali. Bagi yang ingin mencobanya berikut ini resepnya ya

Pakis Serundeng Kelapa

Bahan :
  • 2 ikat sayur pakis sayur
  • 8 sdm makan serundeng kelapa (saya menggunakan sambal lengkung buatan sendiri disini link nya, atau 10 -12 sdm kelapa parut disangrai sampai kecokelatan)
  • 1/4 sdt garam (tambah jika bukan menggunakan sambal lengkung)
  • 1/2 sdt terasi (skip jika tidak suka terasi)
  • 4 pcs cabe merah keriting
  • 2 pcs cabe rawit merah 
  • 1/2 sdt gula (saya tidak pakai)
  • 1 sdm perasan jeruk nipis
Cara membuat
Ambil 1 tangkai pakis, pegang gagangnya , dengan tangan yang satunya tarik berlawanan arah bawah daun ke pangkal daun. atau petik setiap daun, buang batang daun karena keras, kecuali batang yang daunnya melingkar, batangnya tidak keras dan enak dimakan. Cuci bersih dan tiriskan. Lalu rebus sebentar kurang dari 1 menit di air mendidih, tiriskan.

Dengan menggunakan lumpang, ulek cabai, terasi dan campurkan dengan serundeng kelapa. Pindahkan ke kuali. Masukkan rebusan daun pakis. Tambahkan garam, jeruk nipis dan gula. Koreksi rasanya.


Sajiakan

Source
Paku Sayur -Wikipedia
Pakis sayur-Satu harapan

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.