Nasi Gulung Tanpa Nori

Yang saya sukai dari nasi gulung baik dengan atau tanpa nori adalah kepraktisannya saat memakan. Potongan nasi bisa sekali makan atau berkali-kali gigit tanpa membuat tangan kotor. Cukup pegang nasi dengan kertas pembungkusnya, tangan nggak perlu belepotan, tidak perlu juga memisahkan daging dengan tulangnya dan tentusaja kelengkapan gizinya. Nasi gulung baik versi jepang, korea telah meletakkan sepotong sayur baik selada, atau wortel,sawi ataupun irisan zuccini (mentimun) lalu ada irisan ayam atau ikan goreng/mentah.Bisa dimakan dengan ataupun tanpa saos favorit masing-masing. 


Umumnya nasi gulung selalu menggunakan nori untuk membungkusnya. Nori adalah sejenis rumput laut yang berbentuk lembaran tipis berwarna hijau pekat.Sayangnya ketersedian nori hanya ada di supermarket di kota besar. Ya setidaknya itu yang saya rasakan. Tetapi dengan sedikit kreatifitas kita bisa menikmati nasi gulung walau tanpa nori sekalipun. Rasanya? yaa enak lah. Seperti memakan nasi (saya menggunakan beras ketan), dengan sayur, ayam,wortel dalam satu gigitan. Praktis untuk yang makan dan sedikit tambahan kerja bagi yang membuatnya tetapi itu sebanding. 

Nasi gulung ini saat praktis nggak bikin tangan kotor. Jadi kalau nggak sempat sarapan dirumah, bawa saja nasi gulung ini bersama dengan plastik pembungkusnya. Dulu saya makan saat di dalam angkot menuju kampus. Sekarang si nasi gulung ini dimakan oleh anak dan suami saya. Sensasinya mirip makan bacang atau arem-arem dari segi kepraktisan. Enak dan mengenyangkan.

Cara membuatnya, seperti kita membuat lemper. Beras ketan dimasak /aron dengan menggunakan santan agar gurih, dan legit (gemuk bahasa palembangnya), lalu kukus. Selama mengukusan kita bisa siapkan sayurannya , saya menggunakan sawi putih, dan wortel yang telah saya rebus sebelumnya, daging ayam iris tipis dan digoreng tepung, lalu dadar telur. dan tata nasi beserta pelengkapnya dan gulung dengan bantuan selembar plastik. Mungkin lebih mudah jika ada tikar bambu itu (gulung sussi), namun saya tidak punya. Sehingga saya hanya menggunakan plastik saja dan diberi sedikit minyak sayur. Cara membuat nasinya seperti biasa kita masak beras ketan.

Nasi Gulung Tanpa Nori

Bahan :

  • Nasi beras ketan yang telah masak (beras ketan putih dimasak bersama santan hingga tanak lalu di kukus), atau campurkan ketan yang sudah dicuci bersih, tambahkan santan secukupnya lalu masak menggunakan rice cooker. Jika memasak menggunakan rice cooker, santan putih akan terpisah saat nasi telah matang, aduk berlahan dan diamkan 5 menit
  • Ayam yang diiris tipis , di marinage dengan bumbu (bawang putih bubuk,merica dan garam), balur tepung bumbu dan di goreng matang, tiriskan
  • Telur ayam di dadar tipis, jangan dipotong biarkan lebar
  • Sawi /selada di blanch sebentar 30 detik, tiriskan dengan kain hingga air nya kering
  • wortel kupas , cuci bersih  potong memanjang dan di rebus hingga lunak
  • Saus mayonaise (optional)
  • Saus sambal (optional)
Cara membuat
  1. Ambil serbet dan lebarkan, beri atasnya plastik lalu beri sedikit minyak goreng /olive oil
  2. Ambil 1 mangkok nasi ketan yang masih hangat, letakkan dan lebarkan di atas plastik. Atur hingga lebar nasi lebih lebar dari selada /sawi putih. Beri selembar telur dadar, selada lalu di 2cm dari pinggir beri wortel dan irisan daging ayam memanjang.
  3. Dengan memanfaatkan serbet dan plastik gulung dan rapatkan nasi tersebut. Ikat sisi kiri dan kanan dan diamkan selama minimal 20 menit sebelum dipotong
  4. Bisa disantap tanpa dipotong, ataupun dipotong-potong
Selamat menikmati

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.