Krispi Tahu Isi Bakso Udang Wortel (Krispi tanpa Gluten dan Sponky tanpa pengenyal)

Pernah kah memakan tahu sumedang?. Tahu krispi kopong dengan saus yang encer tapi pedas manis. Pertama kali memakannya saat perjalanan pulang magang di Pabrik H2SO4 di Arah Indralaya -Palembang Unik sekali tahu ini pikirku saat itu. Rasa Krispi di dapatkan dari membalik tahu yang telah digoreng. Saat kuliah keinginan untuk menguplek di dapur tidak ada, keinginan tersebut justru ada saat bekerja. Ada dana sendiri yang dikeluarkan saat mencoba resep jadi kalau gagal nggak ada yang marahi. hehehe

Nah ternyata membuat tahu seperti itu sangat mudah. Cukup iris 1,5 -2 cm tahu dan di goreng dengan minyak banyak yang panas hingga berkulit. Nanti tengah tahu akan kopong sendiri. Lalu bisa digunakan untuk membuat tahu isi. Kali ini saya mengisinya dengan campuran udang giling yang pinginnya bertekstur spongky. Alhamdulillah sudah mendekati hasil yang saya inginkan. 


Jika setelah di goreng irisandan dibelah diagonal tahu tidak kopong dengan sendirinya, sayat saja bagian tengah tahu, tetapi lakukan saat kondisi tahu hangat. Jika telah dingin maka akan pecah saat dibalik. Rasa tidak berpengaruh hanya tampilannya saja yang kurang cantik. Dan Practise makes perfect. Kalaupun saat potongan pertama tidak terbalik sempurna, jangan dibuang. Goreng dengan tepung atau beri isian sayur seperti membuat bakwan. 

Untuk isiannya, kali ini saya menggunakan udang laut. Bekukan udang tanpa kulit, tambahkan bumbunya dan putih telur,sagu lantas diblender hingga halus. jejalkan ke dalam tahu. Goreng. Daging udang dibekukan untuk membantu menghaluskan daging dengan blender tanpa penambahan air, membuat adonan spongky. Jika ada Chopper atau food processor tentu lebih membantu pekerjaan memasak, namun jika tidak ada seperti saya. Blender dan daging ikan/udang beku adalah solusi praktisnya. 

Membuat foto makanan cantik, tak mudah ternyata, apalagi dengan minimnya aksesoris. Tapi saya memperhatikan bidikan food blogger kece yang hanya menggunakan bahan baku makanan tapi hasil jepretannya cantik sekali dan saat saya praktekkan. Saya terpekik dengan hasilnya. Lumayan lebih baik dari foto-foto makanan saya sebelumnya. Belajar pencahayaan agar foto makanan minus bayangan. Pr saya selanjutnya. 

Nah jika anda ingin mencoba membuatnya si Tahu ini dengan pemakaian 0 % terigu alias free gluten. Ini resep dan step by stepnya.

Krispi Tahu Isi Bakso Udang Wortel (Krispi tanpa Gluten dan Sponky tanpa pengenyal)

Resep Hasil modifikasi sendiri

Bahan
5 buah tahu persegi 
100 gram udang
1 butir putir telur
1/2 parutan wortel 
1/2 sdt merca bubuk
3 buah bawang putih
1/4 sdt garam
1/4 kaldu bubuk (optional)
sedikit irisan daun bawang dan daun seledri (rajang halus)

Cara membuat
Tahu di iris papan 1,5 -2cm sisihkan. untuk 1 buah tahu saya membaginya 3, Tiriskan. Jika perlu dan memungkinkan Serap kandungan air di tahu dengan meletakkan serbet kain bersih di bawah tahu
Goreng tahu dengan menggunakan minyak panas hingga gelembung disekeliling tahu hilang/tinggal sedikit , kulit tahu telah kecokelatan sempurna. Jika masih ada yang berwarna putih goreng kembali hingga warna tahu kecokelatan seluruhnya. 

Ambil tahu yang telah digoreng, belah diagonal. Jika menggoreng dengan benar maka saat digoreng tahu akan kopong ditengah, namun jika tidak kopong beri sayatan ditengah tahu, lalu tahu dibalikkan. Lalukan saat tahu dalam keadaan hangat agar kulit tahu tidak pecah saat dibalik. Lakukan perlahan-lahan. Sisihkan. Tahu ini biasanya saya simpan di kulkas sebagai stok jika sewaktu-waktu akan membuat tahu isi.

Masukkan daging udang yang telah dipisahkan kepala dan kulitnya ke freezer hingga membeku. Blender udang bersama putih telur, dan bumbu lainnya. Ambil 1 sendok adonan, isi ke dalam tahu. Lakukan hingga adonan atau tahu habis. Sisihkan


Siapkan minyak di kuali agak banyak. Goreng tahu hingga kecokelatan dan matang
Sajikan dengan sambal favoritmu

 Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.