Kelapa Kering Flakes Pelangi (Dried coconut flakes rainbow)

Sebelumnya saya pernah posting tentang kelapa kering flakes matcha. Alhamdulillah thiya suka. Mungkin karena manis yach. Akhirnya buat lagi tetapi dibuat warna warni (hanya 3 warna sesuai stock pewarna dirumah). Thiya menyebutnya permen  kelapa dan anak-anak tetangga juga suka. Alhamdulillah. Membuat Permen Kelapa Kering atau Manisan Kering Kelapa ini gampang banget .bisa dilakukan dengan perbandingan 2 : 1, artinya jika menggunakan  500 gram kelapa bersih maka gula sebaiknya 250 gram. Namunkarena saya tidak suka jika terlalu manis, sehingga gulanya saya kurangi. Untuk variant rasanya sesuai selera yach. Kali ini saya buat hanya warna warni tidak menggunakan perasa.
Kelapa Kering Flakes Pelangi (Coconut Dried Flakes Rainbow)

Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan :
250 gram kelapa bersih (saya menggunakan 1 buah kelapa 300 gram bersihkan kulit coklatnya dan berat bersih menjadi sekitar 250 gram)
100 gram gula pasir
beberapa tetes pewarna

cara membuat
  1. Cuci bersih kelapa, bersihkan kulit luar yang berwarna coklat dengan menggunakan slice pengupas kulit wortel/kentang
  2. Serut tipis kelapa, lakukan perlahan sampai semua kelapa habis
  3. Cuci bersih, tiriskan. Letakkan kain kering, dan pastikan kelapa benar-benar kering
  4. Masukkan kelapa dan gula kedalam panci, masak dan aduk ,hingga gula larut dan membalur semua kelapa flakes.
  5. Bagi 3 kelapa sama rata, Pindahkan setiap bagian ke wadah, beri masing-masing pewarna tetes /pewarna cair. aduk rata.
Pindahkan ke loyang antilengket,  sebarkan oven suhu 120 -130 oc selam 20 menit ( tambah waktu memangggang jika masih berair)
Siap di hidangkan


Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.