Frozen Food sebagai Cara Pengawetan Makanan Zaman Now

Membekukan makanan merupakan salah satu cara mengawetkan makanan yang praktis,murah dan sehat. Walau tanpa ditambahi bahan pengawet, makanan tetap berkualitas dan tahan lama. Dengan menggunakan lemari pembeku  (Freezer) dalam lemari es, kita dapat mengawetkan makanan dengan mudah dan aman. Jika pengawetan dilakukan dengan baik dan benar, makanan dapat bertahan hingga berbulan -bulan. Oleh karena itu kitapun bisa mengawetkan makanan seperti halnya para pelaku usaha dan industri besar lainnya. Mengawetkan makanan pada intinya untuk mempertahankan masa simpan makanan agar layak dikonsumsi. Bila masa simpan lama, tidak perlu khawatir kehabisan makanan dan makanan bisa dinikmati kapanpun diinginkan.
Cara mengawetkan makanan yang paling tua adalah pengeringan dan penggaraman (Natural Preservative). Mengeringkan makanan artinya mengurangi kadar air dalam makanan sehingga makanan awet dan tidak cepat busuk. Pengeringan dapat dilakukan dengan bantuan sinar matahari, oven atau pengasapan. Kerupuk, dendeng sapi, manisan kering atau tepung tapioka adalah jenis pengawetan dengan cara pengeringan. Bandeng asep dan Smoke Beef /daging asap adalah pengawetan dengan asap. Ikan asin dan telur asin adalah pengawetan dengan cara penggaraman. Pengawetan dengan cara pengeringan terkadang memberikan rasa tidak sama ketika makanan masih segar. Bandingkan rasa antara mangga kering dengan mangga segar ataupun ikan asin dengan ikan segar yang rasanya berbeda. Jenis pengawetan lainnya adalah menggunakan alat tertentu misal pendinginan/freezing, vacuum dan sterilisasi (Dimasukkan dalam kaleng/botol). Vacuum digunakan untuk menyedot udara agar makanan lebih tahan lama. Makanan kaleng dan buah kaleng tidak cepat busuk, praktis dan kapanpun bisa langsung disantap.

Agar Pengawetan lebih efektif lagi, beberapa pelaku usaha menambahkan bahan pengawet agar makanan lebih tahan lama. Beberapa bahan kimia penghambat pertumbuhan mikroorganisme ditambahkan. Asam Askorbat pada Jeli, selai atau roti agar tidak mudah busuk dan berjamur. Nitrat ditambahkan pada daging sapi agar tidak mudah tengik dan mempertahankan keaslian warna daging ataupun Minyak goreng diberi tambahan antioksidan agar tak mudah tengik. Beberapa bahan kimia ditambahkan untuk pengawetan, sesuai dengan standar agar tidak merugikan kesehatan. Namun tetap saja penambahan pengawet pada kasus tertentu justru merugikan kesehatan. Seperti Asam Benzoat yang ditambahkan pada sirup berpengaruh pada penderita asma, garam nitrat pada daging dapat memicu kanker. dan yang paling berbahaya adalah penambahan bahan pengawet non food grade misal formalin dan borak yang dipakai dalam makanan tertentu agar tetap kenyal dan tidak mudah busuk. 

Sekarang mengawetkan makanan seringkali diartikan menambahkan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Padahal cara pengawetan yang kuno relatif aman bagi kesehatan. Tujuan Pengawetan makanan adalah mempertahankan mutu makanan dari kerusakan. Kerusakan makanan dapat disebabkan oleh faktor kimia, fisika dan biologi. Kerusakan secara kimia misalnya terjadi oksidasi dan aktivitas enzim seperti makanan yang menjadi tengik, berbau menyengat (oksidasi), buah mangga /nanas yang cepat matang karena aktivitas enzim. Ikan, daging cepat busuk karena  mikroorganisme tertentu. Pengawetan dilakukan karena orang tidak mampu mengendalikan pengaruh biologi yang menyebabkan makanan menjadi rusak. Oleh karena alasan itulah atas nama  kemudahan, ekonomis, kesehatan, praktis dan efisien mengawetkan makanan dengan cara pendinginan (Frozen) lebih unggul dibandingkan metode pengawetan lainnya.

Perubahan selama Pembekuan
Enzim merupakan protein yang membantu proses pematangan buah. Selama proses pembekuan, kerja enzim dihambat. Reaksi kerja enzim dapat menghasilkan perubahan warna, rasa dan tekstur yang kadang tidak dikehendaki. Cara yang paling tepat adalah adalah blanching atau mencelupkan ke dalam air mendidih, atau memberi bahan tambahan. Lakukan pengukusan dan pencelupan ke dalam air panas selama beberapa menit pada wortel, jagung atau buncis. 

Ketengikan bisa terjadi selama proses pembekuan. Ini disebabkan makanan mengalami kontak dengan udara. Kemaslah dengan rapat dan jika diperlukan gunakan sistem vacuum yang menyedot udara dari dalam kemasan plastik. Hilangkan bagian yang mengandung lemak karena lemak bisa menjadi pemicu ketengikan.

Tekstur juga akan mengalami perubahan selama proses pembekuan. Perubahan dari bentuk cair ke bentuk padat atau es, akan merusak dinding sel makanan. Selanjutnya saat cair, makanan menjadi lembek. Makanan atau sayuran dengan kadar air terlalu tinggi, hasil pembekuan kurang bagus. Selada jeli kurang bagus jika dibekukan. Freezer burn burn terjadi akibat hilangnya cairan pada makanan. freezer burn tidak berbahaya tetapi mengurangi rasa makanan. Oleh sebab itu pastikan makanan yang akan dibekukan telah ditutup rapat. 

Perencanaan Pembekuan 
Rencanakan pembekuan secara maksimal. Bekukan Makanan yang menjadi favorit keluarga. Jangan Memasukkan semua makanan dalam freezer. Bekukan makanan dalam porsi 1 kali masak. Jangan membekukan makanan yang telah dicairkan sebelumnya. Makanan yang disimpan awal, lebih dahulu dikonsumsi (fifo -first in first out) bila perlu buat inventory /kartu yang ditempel di depan kulkas untuk mengetahui makanan apa saja di freezer lengkap dengan tanggal pembekuan, jenis dan jumlah makanan. Atur posisi makanan sesuai dengan skala prioritas dan besarnya freezer tentu saja. Untuk ibu bekerja bisa mempersiapkan aneka lauk praktis diwaktu-waktu luang (hari Sabtu atau Minggu misalnya) lalu dikemas dalam porsi -porsi yang kecil (sesuai kebutuhan) dan simpan di freezer jika akan memasak segera keluarkan dari freezer dan di deforst /dihangatkan sebentar menggunakan oven /microwave. 

Karena Foodzen food sangat bergantung pada freezer, maka sebaiknya freezer dirawat dan dibersihkan secara berkala. Jika Freezer rusak, ikuti tips berikut ini semoga membantu:
  1. Segera hubungi teknisi untuk mereparasi jika freezer rusak
  2. Jangan membuka freezer selama listrik turun. Dalam kondisi freezer tertutup rapat sisa udara dingin tidak keluar. Kondisi ini bisa bertahan sampai 1 hari tapi tergantung juga jenis makanan yang disimpan dalam freezer. Freezer yang berisi bongkahan daging lebih tahan dingin daripada makanan seperti roti. Freezer besar lebih tahan dingin daripada freeer kecil.
  3. Selimuti freezer dengan kain agar tetap dingin
  4. Agar aman tambahkan es kering (Dry ice) untuk mempertahankan suhu dingin selama freezer tidak berfungsi /listrik mati
  5. Pindahkan makanan ke freezer lain jika memiliki freezer cadangan. 
Pengemasan
Tujuan pengemasan adalah melindungi makanan dari kekeringan selama di simpan di freezer. Pengemasan yang tepat akan memelihara rasa, warna ,kandungan air dan nutrisi makanan. Kemas makanan dengan tepat, sesuaikan porsinya dengan kebutuhan. Gunakan kantong plastik /wadah plastik kedap udara lainnya sehingga tahan dingin dan tidak  mudah pecah.  Untuk ibu bekerja bisa mempersiapkan aneka lauk praktis diwaktu-waktu luang (hari Sabtu atau Minggu misalnya) lalu dikemas dalam porsi -porsi yang kecil (sesuai kebutuhan) dan simpan di freezer jika akan memasak segera keluarkan dari freezer dan di deforst lalu hangatkan sebentar menggunakan oven /microwave/kuali.

Perhatikan Hal Berikut saat membekukan makanan
  • Bekukan makanan yang masih segar dan tidak basi. Ingat, Pembekuan tidak membunuh mikroorganisme. Jadi, makanan busuk dibekukan maka hasilnya juga akan tetap busuk
  • Pilih bahan yang segar dan berkualitas
  • Kebersihan peralatan dan bahan makanan harus terjaga
  • Beberapa makanan seperri sayur dan buah-buahan harus mendapatkan perlakuan khusus sebelum pembekuan
  • Tidak semua makanan dapat dibekukan dengan sempurna. Sayuran dengan kadar air cukup tinggi seperti selada kurang bagus hasilnya saat dicairkan (thawing). Makanan dari bahan gelatin dan gorengan dengan kadar minyak tinggi akan cepat tengik Untuk itu selalu perhatikan kualitas bahan baku dan masa penyimpanan agar frozen food tetap enak seperti baru dimasak.
Demikianlah sedikit informasi tentang frozen food sebagai cara pengawetan makanan yang efisien, murah. Ayo manfaatkan frozen kulkas mu, jangan cuma diisi es batu :). Bantu share ya agar lebih menjangkau banyak orang dan tinggalkan koment sekitanya informasi ini bermanfaat. 

Salam



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.