Cake Yogurt Singkong

Cake Yogurt dengan bahan dari singkong ini beda dengan kebanyakan cake. Cake ini berbahan baku singkong kukus dan dihancurkan dan diberi campuran  sedikit terigu. Jangan dikira nggak ini tidak enak ya. Enak sekali, apalagi jika menggunakan mentega pada bahan bakunya, tetapi kalau lagi tanggal tua dan alasan kesehatan padahal lagi ngirit saya akan membuat cake ini menggunakan margarin. Di Indonesia harga margarin lebih murah dari mentega sehingga saya selalu mengganti komposis mentega dengan margarin. 

Sesekali saya suka membuat ini berganti dengan Cassava Bingka yang pernah saya posting disini. Nah sejak loyang ukuran 20 x 20 cm saya locor dari sela sambungan loyang. Saya menggantinya dengan loyang roti tawar jadinya lebih tinggi aja. Kalau pakai loyang lebih tinggi suka dikomplain suami kalau cakenya polosan saja. Buat pakai layer dong kata pak suami. Baiklah nanti yaa. Cake ini dulu saya postingnya. Khawatir hilang dan lupa resepnya.

Cake ini tidak beremah seperti cake terigu dengan metode buttercake lainnya. Mungkin karena singkong ada tekstur kenyal yah. Tapi cake ini tidak kenyal seperti bingka singkong melainkan padat seperti halnya cake sponge cake /butter cake, dengan tekstur cake berpori rapat, cenderung liat dan aroma yogurt terasa kuat, dengna rasa singkong hilang dari cake ini. Bagian atas cake ini renyah. Unik dan enak menurut saya. Dan memang kemampuan menggambarkan rasa saya masih kurang, fotografi yang masih belajar jadi Coba saja sendiri ya teman. Coba sendiri, rasakan dan nikmati keempukan cake tanpa terigu ini. Cake singkong ini betul betul enak, yummy dan lezat. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari singkong yang empuk. Kukus singkong hingga empuk dan selagi masih sedikit hangat ditumbuk/dihaluskan hingga halus. Jika kesulitan menghaluskannya, masukkan saja singkong kukus yang masih setengah kasar ke wadah blender juice, masukkan minuman yogurt dan blender sesekali hingga smooth. Minuman yogurt sebaiknya pilih yang plain ya. Namun jika ingin ada perasa buah silahkan ganti dengan yogurt rasa buah yang disukai. Baiklah ini dia resep Cake Yogurt Singkong (Cassava Yogurt Cake)
Cake Yogurt Singkong (Cassava Yogurt Cake)

Bahan:
- 190 gram mentega/margarine
- 200 gram gula pasir
- 3 butir telur ukuran besar
- 1 butir kuning telur
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 1/4 sendok teh garam
- 250  ml minuman yogurt (bisa plain atau rasa buah, saya menggunakan yang plain)
- 140 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (saya pakai Segitiga Biru)
- 1/2 sendok teh baking powder
- 300 gram ubi kayu kukus

Cara membuat:
  1. Kupas dan kukus singkong hingga empuk. Ambil singkong kukus empuk. Buang sumbunya. Timbang seberat 300 gram. Masukkan Ubi kayu yang kita lumatkan kasar ke wadah juice blender, beri minuman yogurt dan blender hingga halus. Sisihkan 
  2. Siapkan oven, panaskan di suhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan sebuah loyang ukuran 20 x 20 cm. Olesi mentega dan alasi dengan kertas minyak. Sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk, masukkan tepung, baking powder, garam dan vanili bubuk. Aduk rata.
  4. Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan gula. Kocok dengan kecepatan sedang hingga mentega dan gula lembut, kembang dan berwarna pucat. Tambahkan telur, satu per satu. Pastikan telur terkocok rata dengan adonan sebelum menambahkan telur berikutnya. Mikser hingga adonan tercampur rata dengan baik. Turunkan kecepatan mikser menjadi paling rendah.
  5. Masukkan tepung , campuran singkong yogurt  secara bergantian. Kocok hingga menjadi adonan yang tercampur baik. 
  6. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Panggang selama 45 menit atau hingga cake matang, permukaannya berwarna coklat keemasan dan ketika ditusuk dengan lidi tidak ada adonan yang menempel di lidi. 
  7. Potong cake saat benar-benar dingin. Hias sesuai selera

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.