Cake pisang Cokelat Ketan Hitam dengan Custard Durian

Cake dengan menggunakan ketan hitam punya citarasa tersendiri. Bulir bulir kasar ketan hitam tetap terasa sehingga jika kita memakannya akan ada sensasi remah halus berpasir di tenggorokan,  nggak bikin seret tenggorokan ya karena memang bahan yang dipakai berkualitas tapi emang tekstur ketan hitam yang akan tetap meninggalkan sensasi berpasir di tenggorokan. Cake ini dengan pisang yang terasa sekali, dengan variasi coklat dan sensasi durian sangat cocok dimakan untuk kamu pecinta cake dengan penggunaan gluten yang sedikit. Rasanya enak, lembut, manis dan coklat banget. Warna hitam didapatkan dari warna alami tepung ketan hitam yang menjadi bahan utama pembuatan cake ini


Di resep ini menggunakan tepung terigu dan tepung ketan hitam. Ketan hitam atau lebih dikenal dengan beras ketan hitam merupakan salah satu variant dari Beras ketan. Umumnya ada beras ketan putih, dan hitam. Beras ketan hitam sering dibuat bubur ketan hitam, campuran bubur kacang hijau dll, sedangkan Tepung ketan adalah tepung yang terbuat dari beras ketan hitam atau putih yang diolah dengan cara digiling, ditumbuk atau dihaluskan. Teksturnya mirip dengan tepung beras, namun jika diraba, tepung ketan akan terasa lebih lengket. Hal ini karena tepung ketan lebih banyak mengandung pati yang beperekat. Tepung ketan juga banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk beragam kue.  Kalau tepung beras putih bisa dibuat klepon dan kue ku. Tepung ketan hitam bisa dibuat brownies ketan hitam, ataupun cake ketan hitam seperti postingan ini. Dengan menambahkan pisang, cokelat, durian tentu akan menaikkan nilai jual dan gizi dari tepung ketan hitam.

Tidak perlu bingung membedakan Beras (Untuk makanan sehari-hari ) dengan Beras ketan (Glutonius rice). Beras lebih transparant dan tidak terlalu lengket, walau ada jenis beras tertentu yang lengket /membal seperti beras solok (Sumbar). Kandungan utama  beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%).Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral, dan air. Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat yaitu
  • amilosa, pati dengan struktur tidak bercabang
  • amilopektin, pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket.
Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat. menentukan warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket,lunak, keras, atau pera). Ketan hampir sepenuhnya didominasi oleh amilopektin sehingga sangat lekat, sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras.Nah beras ketan ini apalagi ketan hitam menurut  penelitian para ahli mempunyai khasiat sebagai Pencegah penyakit kanker atau tumor,  Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, Memperbaiki kerusakan sel hati,  Mencegah ganggun fungsi ginjal, Memperlambat penuaan sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah,, mencegah anemia, sumber kekuatan terutama pembentukan tubuh kerja otot menghilangkan dari lelah, mengatur berat badan tubuh, meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit. Yuk variasikan cake homemade kita :)
cake pisang ketan hitam tanpa layer custard durian
Tepung ketan saat ini sangat ini mudah mendapatkannya karena banyak yang dijual dipasaran dalam bentuk tepung yang halus dan kering. Tepung ketan memiliki amilopektin yang lebih besar dibandingkan dengan tepung- tepung lain. Amilopektin inilah yang meyebabkan tepung ketan (beras ketan) lebih pulen dibandingkan dengan tepung lainnya. Makin tinggi kandungan amilopektin pada pati maka makin lengket /berperekat pati tersebut. Cobain sesekali membuat cake berbahan dasar selain terigu. Selain lebih sehat juga rasanya pun beda. Tertarik membuat Cake ketan hitam dengan paduan buah pisang dan durian, hmm..berikut resepnya ya

Cake pisang Cokelat Ketan Hitam dengan Custard Durian
resep cake dari blog Cooking with love cake pisang cokleat ketan hitam dan custard hasil modifikasi sendiri

Bahan:
Cake Pisang Cokelat Ketan Hitam

200 gram margarin 
125 gram gula pasir halus 
150 gram pisang ambon kupas, dihaluskan dengan garpu
4 butir telur 
75 gram tepung terigu protein sedang 
100 gram tepung ketan hitam 
25 gram cokelat bubuk 
1 sdt baking powder 


Layer Custard Durian*
100 ml santan kelapa
2 sdm tepung terigu(bisa menggunakan tepung custard)
1 pcs kuning telur
50 ml susu evaporated (bisa menggunakan susu cair atau 2 sdm susu bubuk larutkan sampai menjadi 50 ml)
1/4 sdt baking powder
50 gram daging durian (sekitar 6 -7 pcs daging durian matang)

Cara membuatnya :
  1. Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  2. Masukkan pisang ambon. Kocok rata. Tambahkan sisa tepung terigu, tepung ketan hitam, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
  3. Tuang di loyang tulban diameter 22, saya menggunakan loyang persegi panjang 22x10x8 cm (saya mendoublekannya karena sambungan loyang persegi saya bocor)
  4. Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat Celsius hingga bagian atasnya berkulit dan setengah matang, sementara bagian cokelat ketan hitam di panggang. Timbang dan campur semua bahan custard durian jadi satu. Aduk rata dan sisihkan.
  5. Tambahkan layer custard durian ke atas cake yang setengah matang
  6. Panggang kembali sampai matang. Lakukan test tusuk. Jika tidak ada adonan yang lengket di lidi, segera angkat
Selamat mencoba
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.