Keripik Sukun Cokelat dengan Topping Cokelat Homemade

Sebelumnya saya pernah posting tentang keripik sukun ini link nya disini. Terinspirasi dari Keripik pisang dengan aneka topping di Bumi Lampung ini, saya lantas membuat Kembali keripik sukun dengan variasi topping bubuk cokelat. Gunakan bubuk cokelat berkualitas sehingga kita tidak cemas jika anak kecil memakannya. Cokelat bubuk saya campur dengan gula halus dan susu bubuk anak saya yang 3y dan thiya pun makan keripik sukun ini dengan lahap. 

Masukkan keripik dalam wadah kedap udara agar kerenyahannya tetap terjadi, namun jika melempem bisa di masukkan ke oven suhu 110 oC dan kripik pun renyah kembali. kriuk..kriukk. Saya tahu ada banyak bubuk cokelat siap pakai bertebaran di supermarket atau pasar tradisional. Namun sebagai seorang ibu, saya ingin menyajikan makanan rumahan yang saya tahu kualitas dan asal muasal bahannya. Jika menggunakan topping pasaran, anak saya suka batuk, tenggorokan rasanya sakit dan serak. Nah buat sendiri aja ternyata gampang. Jadi anak lahap, ibu tenang. Terlalu khawatiran? Nggk juga sih...Alergi terhadap produk pabrikan saya lebih tenang daripada anak tidak alergi tahu tahu kena penyakit yang lebih bahaya. Menyesal pun tiada guna. Jadi  kalau bisa mengupayakan jajanan tradisonal sehat, kenapa harus yang pabrikan?. Kalaupun beli yang pabrikan, jangan asal tetap pilih yang berkualitas. 

Keripik Sukun Cokelat dengan Topping Cokelat Homemade
Bahan
Keripik sukun matang. Cerita dan cara membuatnya klik disini
Cokelat bubuk berkualitas 2 sdm muncung (sekitar 20 gram)
15 -20  sdm gula pasir halus  (150 - 200 gram gula pasir halus) *saya memblender halus gula pasir
4 sdm susu bubuk (tambah jika ingin lebih milky lagi)

Cara membuat
Campur susu,cokelat dan gula halus. Sesuaikan dengan tingkat manis yang diinginkan. Masukkan keripik sukun kedalam plastik lebar dan masukkan campuran cokelat bubuk. Kocok /goyang -goyangkan  hingga keripik terbalur bubuk cokelat seluruhnya

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Sup Sawi Gulung

Terkadang kita ingin menikmati sup sekaligus lauk makan dalam kuah yang ringan. Bukan santan ataupun bumbu kaya rempah. Sup light /ringan saja dan membuatnya gampang. Dan bermodalkan daging ayam giling sisa membuat siomay, saya bisa mendapatkan sup sawi dengan kuah kaldu sayur dan ayam yang ringan. Sup ini dibuat karena badan lagi meriang dan malas makan yang berkuah santan serta banyak bumbu. Ini murni mengandalkan stok daging giling di kulkas, jika tidak ada bisa diganti dengan kornet sapi /ayam atau udang giling. Semua tinggal cemplung dan masak pakai kukusan magic com. Untuk bumbu saya hanya menggunakan bawang putih bubuk. 

Sup Daging Kacang Merah

Apa yang lebih menggugah selera daripada semangkuk sup dengan gizi lengkap. Kacang merah, potongan daging sapi, wortel, kembang kol dan macaroni dengan balutan kuah rempah yang khas. Kalau sedang membuat kacang merah untuk  es kacang merah link nya disini saya akan mengambil seporsi kecil kacang merah sekitar 100 gram untuk di freezer dan digunakan sewaktu waktu untuk Sup kacang merah. Sup kacang merah harus dengan kaldu dan potongan daging sapi menurut saya rasanya baru pas. Di Jawa sup ini dikenal dengan nama sup serenek yang konon berasal dari magelang.

Sambal Ganja (Sambal Udang Aceh)

Sambal dengan rasa nano-nano asli dari tanah aceh ini sungguh beda dengan kebanyakan sambal nusantara. Perpaduan udang, cabai, belimbing wluluh dan aneka bumbu rempah tradisonal lainnya sungguh menggugah selera makan. Kalau di Aceh, istilah “Asam” itu lebih dekat dengan definisi Sambal. Jadi jangan heran kalau ke Aceh dan mendengar istilah asam keumamah (sambal ikan kayu), asam terasi (sambal terasi), dan  asam udeung alias sambal udang.

Di Jakarta, sambal ini di sebut sambal ganja. Ntah apa alasannya resto itu menyebutnya dengan nama Daun Psikotropika yang masuk sebagai Obat Narkotika itu. Mungkin karena Ganja memiliki efek "candu" sehingga sambal yang jadi "candu" ini dinamakan sambal ganja. Bagi saya yang besar di Palembang. Keunikkan sambal ini terletak pada udang yang di giling halus bersama bumbu sambal mentah. Sehingga perpaduan sambal matah terasa sekali di sambal ini. Jika pembaca sedang  menghindari sambal yang dimasak dengan cara di tumis seperti sambal terasi tetapi menginginkan sambal yang pedas, karena orang Indonesia kebanyakaan makan nasi kurang lahap jika tanpa sambal pedas. Nah dengan sambal udang aceh ini dijamin makan bisa lahap (semoga nggak kebablasan saja dietnya)

Memasak sambal ini saya hanya setengah porsi dari resep, kami cuma bertiga. Buat banyak-banyak rasanya kurang sedap jika dimasak keesokan harinya karena semua bumbu kecuali udang dalam keadaan mentah, oleh karena itu baiknya buat sambal ini minimal 2 jam sebelum di hidangkan dan porsinya secukupnya saja agar rasanya campur, nggak cemplang , enak dan segar. Berikut resepnya

Sambal Ganja (Sambal Udang Aceh)

Bahan :
100 gram Udang kecil-kecil tanpa kulit
10 pcs Cabai rawit hijau
10 pcs Cabai rawit merah  (tambah jika suka pedas)
10 pcs Cabai merah keriting hijau /merah
6 siung Bawang merah
8 pcs Belimbing wuluh, (jika belimbing wuluh besar dan memiliki biji hitam maka buang bijinya, jika belimbing wuluh kecil /sedang maka iris tipis bersama bijinya)
5 lembar Daun jeruk buang tulangnya, iris tipis-tipis
1 buah Serai, bagian putihnya diiris tipis-tipis
1 sdm Air perasan jeruk nipis
Garam 1/2 sdt
gula 1/4 sdt

Cara membuat :
Cuci bersih udang, kupas udang dan kucuri air jeruk nipis. Rebus sebentar udang dengan sedikit air hingga warnanya kemerah-merahan. Sisihkan . (air kaldu jangan dibuat, bisa untuk membuat sup /di jadikan kaldu udang)
Menggunakan lumpang , Haluskan bawang merah, cabai, udang, belimbing hingga halus dan tercampur.
Tambahkan irisan serai dan daun jeruk, Tambahkan gula, Garam dan perasan air jeruk nipis. Koreksi rasa manis dan asinnya.
Siap dihidangkan


Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Keripik Sukun

Keripik Sukun merupakan keripik dari potongan buah sukun. Sama seperti halnya keripik pisang yang di buat dari irisan buah pisang yang menkal (belum matang). Begitupun keripik sukun yang terbuat dari buah sukun mengkal yang diiris tipis dan di goreng dalam minyak panas. Tidak seperti keripik pisang yang mudah di temui, keripik sukun sudah jarang di temui kecuali di daerah pedesaaan dimana pohon sukun masih tumbuh subuh dan lebat. 

Pakis Serundeng Kelapa

Tanaman Paku atau Pakis memiliki banyak ragam dan jenis. Tanaman ini  diperkirakan memiliki 12000 spesies, 3000 spesies diantaranya diduga tersebar di Malesia termasuk di Indonesia. Anggota tanaman paku biasanya dijadikan tanaman hias  baik taman, pekarangan, atau ditaruh di pot sebagai tanaman beranda atau dalam rumah (indoor plant). Contoh-contohnya adalah berbagai paku pedang (Nephrolepis), berbagai paku epifit (misalnya paku tanduk rusa, kadaka, Davallia, Drynaria, sering kali tumbuh secara spontan lalu dipelihara), suplir (Adiantum), berbagai paku pohon, dan beberapa paku air untuk penghias akuarium (mis. Ceratopteris thalictroides).

Cake pisang Cokelat Ketan Hitam dengan Custard Durian

Cake dengan menggunakan ketan hitam punya citarasa tersendiri. Bulir bulir kasar ketan hitam tetap terasa sehingga jika kita memakannya akan ada sensasi remah halus berpasir di tenggorokan,  nggak bikin seret tenggorokan ya karena memang bahan yang dipakai berkualitas tapi emang tekstur ketan hitam yang akan tetap meninggalkan sensasi berpasir di tenggorokan. Cake ini dengan pisang yang terasa sekali, dengan variasi coklat dan sensasi durian sangat cocok dimakan untuk kamu pecinta cake dengan penggunaan gluten yang sedikit. Rasanya enak, lembut, manis dan coklat banget. Warna hitam didapatkan dari warna alami tepung ketan hitam yang menjadi bahan utama pembuatan cake ini

Nasi Gulung Tanpa Nori

Yang saya sukai dari nasi gulung baik dengan atau tanpa nori adalah kepraktisannya saat memakan. Potongan nasi bisa sekali makan atau berkali-kali gigit tanpa membuat tangan kotor. Cukup pegang nasi dengan kertas pembungkusnya, tangan nggak perlu belepotan, tidak perlu juga memisahkan daging dengan tulangnya dan tentusaja kelengkapan gizinya. Nasi gulung baik versi jepang, korea telah meletakkan sepotong sayur baik selada, atau wortel,sawi ataupun irisan zuccini (mentimun) lalu ada irisan ayam atau ikan goreng/mentah.Bisa dimakan dengan ataupun tanpa saos favorit masing-masing. 


Umumnya nasi gulung selalu menggunakan nori untuk membungkusnya. Nori adalah sejenis rumput laut yang berbentuk lembaran tipis berwarna hijau pekat.Sayangnya ketersedian nori hanya ada di supermarket di kota besar. Ya setidaknya itu yang saya rasakan. Tetapi dengan sedikit kreatifitas kita bisa menikmati nasi gulung walau tanpa nori sekalipun. Rasanya? yaa enak lah. Seperti memakan nasi (saya menggunakan beras ketan), dengan sayur, ayam,wortel dalam satu gigitan. Praktis untuk yang makan dan sedikit tambahan kerja bagi yang membuatnya tetapi itu sebanding. 

Nasi gulung ini saat praktis nggak bikin tangan kotor. Jadi kalau nggak sempat sarapan dirumah, bawa saja nasi gulung ini bersama dengan plastik pembungkusnya. Dulu saya makan saat di dalam angkot menuju kampus. Sekarang si nasi gulung ini dimakan oleh anak dan suami saya. Sensasinya mirip makan bacang atau arem-arem dari segi kepraktisan. Enak dan mengenyangkan.

Cara membuatnya, seperti kita membuat lemper. Beras ketan dimasak /aron dengan menggunakan santan agar gurih, dan legit (gemuk bahasa palembangnya), lalu kukus. Selama mengukusan kita bisa siapkan sayurannya , saya menggunakan sawi putih, dan wortel yang telah saya rebus sebelumnya, daging ayam iris tipis dan digoreng tepung, lalu dadar telur. dan tata nasi beserta pelengkapnya dan gulung dengan bantuan selembar plastik. Mungkin lebih mudah jika ada tikar bambu itu (gulung sussi), namun saya tidak punya. Sehingga saya hanya menggunakan plastik saja dan diberi sedikit minyak sayur. Cara membuat nasinya seperti biasa kita masak beras ketan.

Nasi Gulung Tanpa Nori

Bahan :

  • Nasi beras ketan yang telah masak (beras ketan putih dimasak bersama santan hingga tanak lalu di kukus), atau campurkan ketan yang sudah dicuci bersih, tambahkan santan secukupnya lalu masak menggunakan rice cooker. Jika memasak menggunakan rice cooker, santan putih akan terpisah saat nasi telah matang, aduk berlahan dan diamkan 5 menit
  • Ayam yang diiris tipis , di marinage dengan bumbu (bawang putih bubuk,merica dan garam), balur tepung bumbu dan di goreng matang, tiriskan
  • Telur ayam di dadar tipis, jangan dipotong biarkan lebar
  • Sawi /selada di blanch sebentar 30 detik, tiriskan dengan kain hingga air nya kering
  • wortel kupas , cuci bersih  potong memanjang dan di rebus hingga lunak
  • Saus mayonaise (optional)
  • Saus sambal (optional)
Cara membuat
  1. Ambil serbet dan lebarkan, beri atasnya plastik lalu beri sedikit minyak goreng /olive oil
  2. Ambil 1 mangkok nasi ketan yang masih hangat, letakkan dan lebarkan di atas plastik. Atur hingga lebar nasi lebih lebar dari selada /sawi putih. Beri selembar telur dadar, selada lalu di 2cm dari pinggir beri wortel dan irisan daging ayam memanjang.
  3. Dengan memanfaatkan serbet dan plastik gulung dan rapatkan nasi tersebut. Ikat sisi kiri dan kanan dan diamkan selama minimal 20 menit sebelum dipotong
  4. Bisa disantap tanpa dipotong, ataupun dipotong-potong
Selamat menikmati

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Ayam Bakar Wong Solo

Ayam Bakar Wong Solo selalu jadi primadona dihati ini, rasanya gurih dan manis sehingga jika memakan ayam bakar ini harus ditemani dengan sambal yang pedas agar rasanya lebih seimbang bagi saya si lidah Sumatera. Tak terhitung banyaknya ayam bakar solo di kota Palembang, seperti ayam bakar mas tarjo, ayam bakar wong solo dan soponyono mungkin sekarang lebih banyak lagi. 

Ayam bakar Solo biasanya lembut di dalam dengan rasa juicy, manis serta beraroma bakar /arang yang khas. Dulu saat saya masih kerja di Oku timur Sumatera Selatandan PP seminggu sekali ke palembang, kami akan berhenti di warung makan soponyono di pasar Kayuagung dan makan siang berupa ayam bakar yang enak sekali. Bikin kami ketagihan. Ayam Bakar Solo berbeda dengan ayam bakar padang. Jika ayam bakar sumatera lebih menonjolkan pemakaian cabe yang banyak maka ayam bakar solo nggak. Sehingga anak kecil yang nggak doyan pedan seperti anak saya thiya bisa makan ayam dengan lahap. 


Gunakan air kelapa saat mengungkep ayam agar rasa juicy lebih strong lagi, masak dengan api kecil dan jangan menggunakan presto saat mengungkep ayam agar bumbunya lebih meresap. Kenali jenis ayam yang digunakan. Apakah ayam kampung, ayam broiler/ayam pedaging, ayam petelur yang sudah tua tetapi tidak produktif lagi menghasilkan telur lalu di potong. Karena jenis ayam tersebut memerlukan waktu dan jumlah air yang berbeda saat memasaknya Baiknya memang menggunakan ayam kampung yang tidak tua. Tetapi kita kan nggak tahu nasib /takdir membuat kita dapat jenis ayam apa? Apalagi kalau tinggal di daerah terpencil. hehehe. Oleh karena  itu gunakan air sedikit dahulu saat mengungkep ayam, jika air sudah habis namun ayam masih keras bisa ditambahkan air kembali. 

Jika air merebus/mengungkep ayam ini berlebih/sisa. Jangan dibuang yah. Gunakan untuk mengungkep tempe atau bacem. Kan hemat (bukan pelit loh..), nah bagi yang ingin membuatnya berikut ini resepnya

Ayam Bakar Wong Solo
Bahan :
1/2 ekor ayam kampung ( atau ayam biasa ), potong-potong sesuai selera
2 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah
4 sendok makan kecap manis
1 sdt garam
Air kelapa 600 ml (sesuaikan dengan jenis ayam yang dipakai bisa ditambahkan jika ayam afkir,kurangi jika ayam pedaging)

Bumbu halus :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm kunyit
2 cm jahe
1 sdt ketumbar
1/4 sdt merica butiran

Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  2. Masukkan air kelapa dan semua bumbu lain, serta ayam
  3. Tutup panci dan ungkep dengan api kecil hingga kuah habis dan mengental menyelimuti ayam ( Jangan lupa sebelum kuah mengering, dicicpi rasa nya tambahkan garam dan koreksi rasanya )
  4. bakar di atas bara api atau pakai teflon anti lengket 
  5. Sajikan dengan sambal sesuai selera dan lalapan jika suka.
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Bingka Pisang

Kalau mencari resep cake tanpa terigu maka kita harus sering-sering praktek resep-resep kuliner tradisional. Aneka kudapan enak, tanpa terigu dengan berbahan baku lokal.Tentu saja di era milenia ini, aneka cake luar membanjiri citarasa dan selera masyarakat Indonesia. Namun panganan lokal tetap melekat dihati dan lidah ini, salah satunya bingka pisang ini. Cake yang berasal dari Kalimantan ini layak untuk dicoba, dilestarikan dan di modifikasi sesuai dengan perkembangan jaman.

Frozen Food sebagai Cara Pengawetan Makanan Zaman Now

Membekukan makanan merupakan salah satu cara mengawetkan makanan yang praktis,murah dan sehat. Walau tanpa ditambahi bahan pengawet, makanan tetap berkualitas dan tahan lama. Dengan menggunakan lemari pembeku  (Freezer) dalam lemari es, kita dapat mengawetkan makanan dengan mudah dan aman. Jika pengawetan dilakukan dengan baik dan benar, makanan dapat bertahan hingga berbulan -bulan. Oleh karena itu kitapun bisa mengawetkan makanan seperti halnya para pelaku usaha dan industri besar lainnya. Mengawetkan makanan pada intinya untuk mempertahankan masa simpan makanan agar layak dikonsumsi. Bila masa simpan lama, tidak perlu khawatir kehabisan makanan dan makanan bisa dinikmati kapanpun diinginkan.

Soes Vla Cokelat Durian

Sebelumnya saya pernah posting tentang Soes Vla Durian, kali ini saya membuat lagi soes dengan vla yang berbeda. Saya membuat vla cokelat  durian. Vla cokelat durian ini merupakan 2 jenis vla yang dimasukkan pada 1 kantong plastik segitiga. Bukan vla cokelat yang diberi durian. Saya pernah membuat vla cokelat yang diberi durian. Menurut saya rasanya kurang pas. Rasa cokelat  bercampur dengan durian maka rasa durian akan kalah dengan cokelat dan  tercium samar adalah bau duriannya saja. Mungkin juga resep saya yang tidak pas. Nah Berbekal pengalaman itu, kali ini saya membuat 2 jenis vla. Vla durian dan vla cokelat yang berasal dari sajian sedap beberapa tahu yang lalu. 

Daun Melinjo Kuah Kalio

Daun melinjo yang berasal dari pohon melinjo merupakan tumbuha tahunan berbiji terbuka, berbentuk pohon yang berumah dua (dioecious, ada individu jantan dan betina). Tingginya bisa mencapai 25m, berumur 100 tahun. Tumbuhan ini bisa hidup di tanah berpasir, lumpur , dataran tinggi atau rendah , namun tidak bisa tumbuh di daerah dengan kadar garam tinggi seperti di pesisir pantai. Olahan melinjo yang terkenal adalah emping melinjo dan daunnya diolah menjadi sayur. Daunnya tunggal berbentuk oval dengan ujung tumpul, tepi daun seimbang dan duduk saling berhadap-hadapan serta tulang daun menyirip. Melinjo tidak menghasilkan bunga dan buah sejati karena bukan termasuk tumbuhan berbunga.Yang dianggap sebagai buah sebenarnya adalah biji yang terbungkus oleh selapis ari yang berdaging

Cake Yogurt Singkong

Cake Yogurt dengan bahan dari singkong ini beda dengan kebanyakan cake. Cake ini berbahan baku singkong kukus dan dihancurkan dan diberi campuran  sedikit terigu. Jangan dikira nggak ini tidak enak ya. Enak sekali, apalagi jika menggunakan mentega pada bahan bakunya, tetapi kalau lagi tanggal tua dan alasan kesehatan padahal lagi ngirit saya akan membuat cake ini menggunakan margarin. Di Indonesia harga margarin lebih murah dari mentega sehingga saya selalu mengganti komposis mentega dengan margarin. Mungkin di Aussie kebalikannya kali yach.

Sesekali saya suka membuat ini berganti dengan Cassava Bingka yang pernah saya posting sebelumnya. Nah sejak loyang ukuran 20 x 20 cm saya locor dari sela sambungan loyang. Saya menggantinya dengan loyang roti tawar jadinya lebih tinggi aja. Kalau pakai loyang lebih tinggi suka dikomplain suami kalau cakenya polosan saja. Buat pakai layer dong kata pak suami. Baiklah nanti yaa. Cake ini dulu saya postingnya. Khawatir hilang dan lupa resepnya.

Cake ini tidak beremah seperti cake terigu dengan metode buttercake lainnya. Mungkin karena singkong ada tekstur kenyal yah. Tapi cake ini tidak kenyal seperti pempek. Liat dan sedikit lengket seperti getuk tapi ini cake. Unik dan enak menurut saya. Dan memang kemampuan menggambarkan rasa saya masih kurang, fotografi yang masih belajar jadi Coba saja sendiri ya teman. Coba sendiri, rasakan dan nikmati keempukan cake tanpa terigu ini. Cake singkong ini betul betul enak, yummy dan lezat. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari singkong yang empuk. Kukus singkong hingga empuk dan selagi masih sedikit hangat ditumbuk/dihaluskan hingga halus. Jika kesulita menghaluskannya, masukkan saja singkong kukus yang masih setengah kasar ke wadah blender juice, masukkan minuman yogurt dan blender sesekali hingga smooth. Minuman yogurt sebaiknya pilih yang plain ya. Namun jika ingin ada perasa buah silahkan ganti dengan yogurt rasa buah yang disukai. Baiklah ini dia resep Cake Yogurt Singkong (Cassava Yogurt Cake)
Cake Yogurt Singkong (Cassava Yogurt Cake)


Bahan:
- 190 gram mentega/margarine
- 200 gram gula pasir
- 3 butir telur ukuran besar
- 1 butir kuning telur
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 1/4 sendok teh garam
- 250  ml minuman yogurt (bisa plain atau rasa buah, saya menggunakan yang plain)
- 140 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (saya pakai Segitiga Biru)
- 1/2 sendok teh baking powder
- 300 gram ubi kayu kukus

Cara membuat:

  1. Kupas dan kukus singkong hingga empuk. Ambil singkong kukus empuk. Buang sumbunya. Timbang seberat 300 gram. Masukkan Ubi kayu yang kita lumatkan kasar ke wadah juice blender, beri minuman yogurt dan blender hingga halus. Sisihkan 
  2. Siapkan oven, panaskan di suhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan sebuah loyang ukuran 20 x 20 cm. Olesi mentega dan alasi dengan kertas minyak. Sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk, masukkan tepung, baking powder, garam dan vanili bubuk. Aduk rata.
  4. Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan gula. Kocok dengan kecepatan sedang hingga mentega dan gula lembut, kembang dan berwarna pucat. Tambahkan telur, satu per satu. Pastikan telur terkocok rata dengan adonan sebelum menambahkan telur berikutnya. Mikser hingga adonan tercampur rata dengan baik. Turunkan kecepatan mikser menjadi paling rendah.
  5. Masukkan tepung , campuran singkong yogurt  secara bergantian. Kocok hingga menjadi adonan yang tercampur baik. 
  6. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Panggang selama 45 menit atau hingga cake matang, permukaannya berwarna coklat keemasan dan ketika ditusuk dengan lidi tidak ada adonan yang menempel di lidi. 
  7. Potong cake saat benar-benar dingin. Hias sesuai selera

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Kelapa Kering Flakes Pelangi (Dried coconut flakes rainbow)

Sebelumnya saya pernah posting tentang kelapa kering flakes matcha. Alhamdulillah thiya suka. Mungkin karena manis yach. Akhirnya buat lagi tetapi dibuat warna warni (hanya 3 warna sesuai stock pewarna dirumah). Thiya menyebutnya permen  kelapa dan anak-anak tetangga juga suka. Alhamdulillah. Membuat Permen Kelapa Kering atau Manisan Kering Kelapa ini gampang banget .bisa dilakukan dengan perbandingan 2 : 1, artinya jika menggunakan  500 gram kelapa bersih maka gula sebaiknya 250 gram. Namunkarena saya tidak suka jika terlalu manis, sehingga gulanya saya kurangi. Untuk variant rasanya sesuai selera yach. Kali ini saya buat hanya warna warni tidak menggunakan perasa.

Cumi isi Ikan Giling telur Kuah Kalio

Pernahkah makan cumi dengan isi telur /campuran telur tahu lalu disiram kuah kalio di rumah makan padang?. Penasaran pastinya bagaimana cara membuat dan memasukkannya. Kukira susah buatnya, soalnya kalau beli jebol juga kantong sering-sering. Apalagi kalau keluarga besar. Iyakan?. Dasar ibu pelit. Nggak pelit dong alias hemat aja. Keinginan makan enak , waktu ada dan dana mepet jadi buat sendiri aja. Hehehe. 

Resep kalio sama dengan yang pernah saya posting sebelumnya Ayam Telur masak Kalio. Kali ini diganti Cumi saja dan saya isi dengan telur dan ikan giling. Membuatnya tak terlalu susah ternyata. Dan kaldu cumi saat tertinggal di wadah kukusan jangan dibuang ya. Olah saja atau simpan sebagai kaldu cumi. Saya membuat Labu Siam Bumbu Tumis dengan Kaldu cumi itu. Amis? Nggak dong kan cumi-cuminya kita siram dengan air asam jawa sehingga amis dan lendir hilang seketika. 

Kalau membuat masakan seafood terutama cumi-cumi saya suka mengucurinya dengan air jeruk purut segampbreng namun bau amisnya tak kunjung reda. Karena itu saran saya gunakan air asam jawa dan rendam cumi-cumi untuk menghilangkan amis dan lendir di cumi. Dijamin cumi akan kesat seketika. Dan karena saya menyukai air jeruk nipis, saya tetap mengucurinya dengan air jeruk nipis setelah cumi dicuci bersih dari asam jawa. Seger deh. Dengan cara ini kita bisa memanfaatkan air yang menetas pada kukusan saat cumi dikukus untuk menjadi kaldu cumi. Ahh nanti saya dibilang pelit lagi?. Itu bukan pelit tapi efisiensi. hahaaha

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan mengisi cumi-cumi sampai over load. Ketika cumi-cumi dikukus, tubuhnya akan mengencang/membesar lalu mengkerut dan permukaannya akan mengecil/mengetat. Jika kita isi kelewat penuh /overload maka isi akan terdorong  keluar saat cumi-cumi matang. Selain itu kepala cumi-cumi akan kita jejalkan di ujung rongga, ini akan menambah penuh isi perutnya. Isi sekitar 3/4 saja dan untuk mencegah kepala cumi-cumi terlepas maka semat dengan beberapa tusuk gigi atau lidi yang ditajamkan ujungnya. Tancapkan 3 atau 4 buah tusuk gigi, dan cumi-cumi siap dikukus hingga matang. Lalu siram dengan kuah kalio. 

Membuat cumi-cumi isi maka pilihlah cumi-cumi yang berukuran besar seperti cumi-cumi bangka, sotong, atau seperti scumi-cumi dengan ukuran sedang tapi bukan sotong. saya beli 300 ons dapatnya cuma 5 pcs. Siangi cumi-cumi terlebih dahulu dengan seksama, bisa dengan mengupas kulit keunguan atau jika seperti saya, saya tidak mengupasnya namun jangan lupa melepaskan kepala, membuang insang plastiknya, membuang isi perut (kecuali jika ada kantung telurnya yang berbentuk memanjang dengan warna putih), dan terakhir membuang mulut cumi-cumi yang terletak di ujung kepalanya yang dikelilingi tentakel dengan menekan kuat-kuat disekitar tentakel nanti akan keluar seperti bola. Begitupun mata cumi-cumi, saya menekannya hingga keluar. Selanjutnya cuci bersih, siram dengan rendaman air asam jawa dan garam. Cuci bersih dan kucuri jeruk purut/jeruk nipis. Ingin membuatnya, berikut ini resepnya

Cumi isi Ikan Giling telur Kuah Kalio


Resep diadaptasi dan modifikasi dari Just Try and Taste Kalio Cumi-cumi, resep kalio dari ibu saya
Bahan dan bumbu isi cumi:
- 5 ekor cumi-cumi ukuran yang sedang, saya membeli 300 gram bersihkan beri  + 1 sendok makan garam + 2 sendok makan air asam jawa
- 2 sendok makan ikan giling, bisa diganti udang giling
- 1 butir telur, kocok lepas
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 1 sendok teh garam
- ½ sendok teh merica bubuk
- 2 siung bawang putih dihaluskan

Bumbu Halus
5 butir cabe merah keriting
5 buah cabe kering (rendam dengan air / saya tidak pakai dan cabe merah saya menjadi 10 butir)
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt jinten (saya tidak pakai)
1 cm jahe
3 butir kemiri (sangrai)
1cm kunyit

Bumbu lainnya
- 1 batang serai, memarkan dan ikat simpul
- 2 lembar jeruk nipis (buang tulang daun dan sobek -sobek)
- 1 lembar daun salam
- 200 ml santan ( dari 1/4 kelapa parut)
- 2 cm lengkuas (memarkan)

Cara membuat

  1. Siangi cumi-cumi terlebih dahulu dengan seksama, bisa dengan mengupas kulit keunguan atau jika seperti saya, saya tidak mengupasnya namun jangan lupa melepaskan kepala, membuang insang plastiknya, membuang isi perut (kecuali jika ada kantung telurnya yang berbentuk memanjang dengan warna putih), dan terakhir membuang mulut cumi-cumi yang terletak di ujung kepalanya yang dikelilingi tentakel dengan menekan kuat-kuat disekitar tentakel nanti akan keluar seperti bola. Begitupun mata cumi-cumi, saya menekannya hingga keluar. Selanjutnya cuci bersih, remas-remas dengan rendaman air asam jawa dan garam. Cuci bersih dan kucuri jeruk purut/jeruk nipis
  2. Campur ikan giling (saya ikan lele giling), telur,bawang putih,merica,daun bawang dan telur. Aduk rata
  3. Masukkan adonan isi ini ke dalam rongga cumi-cumi kemudian dorong isi ke dalam. Caranya, pegang tepian rongga cumi-cumi dengan jemari tangan kemudian hentakkan cumi-cumi dengan gerakan ke atas dan kebawah. Isi akan terdorong ke bawah dan memadat. Jangan isi hingga penuh, sisakan sekitar 2 cm ruang kosong di permukaan cumi-cumi, kemudian jejalkan kepala cumi-cumi ke tengah adonan.Agar tidak lepas, maka semat bagian kepala dan permukaan cumi-cumi yang terbuka dengan 2 atau 3 buah tusuk gigi. Lakukan hingga semua cumi-cumi dan adonan habis. 
  4. Siapkan Kukusan hingga air mendidih. Kukus Cumi selama 10 menit sisihkan
  5. Tumis bumbu kalio hingga harum ,masukkan santan dan bumbu pelengkapnya. Siram di atas cumi-cumi saat dihidangkan. Sajikan bersama nasi hangat dan sambal ijo. Mantap

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Godo-godo Ubi

Godo -godo ubi adalah Salah satu menu andalan ibu saya untuk cemilan kami di sore hari. Sajikan dengan cocolan sambal atau cuka hitam pempek. Saya menyukai godo-godo ubi jalar ini karena saat menggigit ubi diluar akan kriuk-kriuk namun lembut pada ubi yang terbungkus tepung. Mirip sama adonan  bakwan.  Namun ini hanya terigu, air,garam dan ubi yang dipotong korek api. Rasanya yang lembut di dalam, kriuk diluar gurih dan ditemani cuka pedas. Mantap disajikan menemani cuaca terik atau dingin sekalipun. Setidaknya itu yang kami rasakan. Siapa tahu mau coba, Berikut resep Godo-godo Ubi 

Godo-godo ubi

Bahan
1 buah ubi kuning/ungu potong korek api cuci ,tiriskan
Terigu 300 gram
1 sdt garam
Penyedap rasa bila suka (saya tidak pakai)
200 ml air panas mendidih (Lebih enak jika air kaldu  udang atau ayam)
1 butir telur
50 ml air suhu ruang /secukupnya

Cara membuat
Masukkan sebagian terigu ke dalam mangkok, beri garam , penyedap aduk rata
Didihkan air masukkan ke dalam mangkok. Aduk rata sisihkan setengah dingin/ hangat beri 1 butir telur aduk rata
Masukkan potongan ubi ke dalam mangkok, aduk rata.
Tambahkan terigu. Jika adonan terlalu kental tambahkan sedikit air, jika terlalu encer tambahkan terigu
Koreksi rasanya dengan menggoreng sedikit adonan
Ambil 1 sendok sayur, lebarkan di wajan dan goreng hingga kuning kecoklatan. Gunakan api sedang. Agar ubi matang sempurna
Sajikan

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Abon Ikan lele dengan bumbu pedas

Ikan lele yang terjangkau, dengan kandungan gizi yang banyak serta mudah ditemui memang sangat praktis jika di olah menjadi lauk siap pakai. Ibu-ibu tahu betul bagaimana mengatur cara agar pagi-pagi bisa menyediakan sarapan bergizi dan cepat. Sebelumnya saya pernah posting tentang abon ikan lele bumbu gurih. Ini linknya Abon ikan lele dengan bumbu gurih. Berhubung saya buat dalam jumlah sedikit kurang dari 1bulan juga sudah habis. Abon ini bisa digunakan untuk isian lemper, topping ketan tumis ataupun di gedah /diratai/dijadikan cemilan. 

Ini abon homemade yach, saya membuatnya tanpa peniris spinner dan tidak digoreng. Jika menginginkan tekstur yang renyah dan benar-benar garing seperti UKM buat. Abon tidak di oven melainkan di goreng, lalu dengan menggunakan peniris spinner minyak di abon hingga tersisa abon kering saja. Abon saya ini memiliki tekstru garing, gurih dan pedas. Pemakaian santan kental asli membuat abon memiliki minyak dari kelapa. Karena itu abon ini sedikit berminyak tapi tidak oily banget ya. Ini resepnya Abon Ikan Lele bumbu Pedas
Abon Ikan Lele bumbu pedas

Bahan:
 - 300 gram ikan lele, siangi, cuci bersih. Kucuri air jeruk nipis Diamkan 15 menit. Cuci bersih
 - Santan Kental 50 ml (saya dari 1/2 kelapa atau gunakan santan instan bubuk 50 gram)
 -1 ruas lengkuas
- 2 lembar daun salam, robek kasar
- 1 batang serai (memarkan ikat simpul).
- 3 lembar daun jeruk purut, iris halus
- 1 sdt gula merah atau gula pasir
- 1 sdt  garam
- 2 sdm minyak untuk menumis
- 1 sdm air perasan jeruk nipis

Bumbu Halus
- 1/2 sendok teh ketumbar halus
- 1/2 sendok teh merica halus
- 10 pcs cabai merah keriting
- 4 butir cabai rawit merah
- 3 siung bawang putih
- 5  siung bawang merah

Cara memasak
  1. Kukus ikan lele selama + 15 menit. Angkat, dinginkan. Pisahkan duri dengan dagingnya. Sisihkan
  2. Tumis bumbu halus hingga harum masukkan bumbu lainnya lengkuas, daun jeruk, sereh,salam, dan gula aduk rata. Masukkan daging ikan, santan kental /santan bubuk. Aduk rata hingga bumbu meresap
  3. Sangrai daging ikan berbumbu dengan api kecil hingga kering, jangan lupa untuk terus diaduk-aduk supaya tidak gosong. (Saya mengovennya dengan oven listrik suhu 110 -140 oC menggunakan api atas bawah selama 2 jam setiap 30 menit saya cek dan di aduk agar tidak gosok). Jika telah kering, tandanya daging ikan remah dan tidak menggumpal, Tambahkan garam aduk rata  angkat. Dinginkan Sisihkan
  4. Haluskan sebentar. Saya memasukkannya daging ikan kering pisahkan dengan daun jeruk, lengkuas dll lalu masukkan ke blender dry mill tanpa tambahan apapun lalu di blender sekitar 10 detik. Jangan terlalu lama nanti terlalu halus.
  5. Siap di santap

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Bola-bola ubi

Bola-bola ubi ini cemilan jadul ibu saya. Anak-anaknya ini (saya dan ayuk saya) tidak menyukai ubi goreng teoung, sehingga untuk mensiasatinya ibu suka mengukus ubi kuning/ungu lalu digoreng. Dahulu seperti itu. Sekarang kita buat kekinian dengan hiasan sesuai selera dan isi sesuka kita. Anak saya Thiya suka sekali. Tapi terkadang hanya jilatin toppingnya saja. hehehe. Anak kecil mana sih yang nggak suka cokelat?. iyakan


Bola-bola ubi ini tidak kopong yach. Rasa ubinya kuat karena memang 98 % dari ubi. Kami menamainya bola-bola ubi, kalau di daerah lain ada nama berbeda, maafkanlah saya. Ini cemilan kami beberapa hari yang jadi sudah habis. Memang biasanya kalau nggak sakit dan ada halangan insyaallah setiap hari saya memang membuat cemilan untuk keluarga kecil saya. Dan snack ringan pabrikan bisa dikurangi. Untuk thiya dan bapaknya yang suka sekali nonton bola dini hari. hehehe Mau mencoba membuatnya, berikut ini resepnya

 Bola-Bola Ubi

Bahan

250 gram ubi kuning kukus  (Kukus, kupas kulinya, haluskan)
60  gram gula pasir halus (Tambah jika suka manis)
75 gram tepung terigu
1/4 sdt garam
Cokelat batangan sisir kasar (bisa diganti  meises, keju cheddar, atau chocochip,nutela dll)
Glaze strawberry ataupun glaze dan hiasan lainnya untuk topping
Gula mint untuk topping (optional)

Cara membuat
  • Ubi kuning dicuci bersih, lalu Kukus ubi kuning hingga lunak, saat masih hangat kupas dan haluskan dengan garpu
  • Campur terigu, ubi kukus,garam, gula dan uleni hingga tercampur rata, jika sulit di pulung bisa. isi cokelat ataupun filling yang disuka sisihkan
  • Siapkan minyak agak banyakan. Goreng dengan api sedang hingga berkulit
  • Angkat,tiriskan
  • Hias dengan topping kesukaan
  • Sajikan

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Soes Vla Durian

Dahulu sekali sekitar tahun 2012 saat belajar baking secara otodidak di grup natural cooking club saya pernah membuat soes vla vanila. Lewat grup itulah baik dari milis email, fb maupun websitenya saya menyimak bagaimana membuat kue sus dengan tekstur  mengembang sempurna, tidak kempes walau telah dingin dan berhasil membentuk rongga yang cukup besar untuk menampung banyak vla. Bahkan setelah diisi vla dan didiamkan semalaman, kulit sus tetap berbentuk bagus, tidak lembab dan  masih lezat di keesokan harinya.Tentu saja, puff pastry terbaik adalah saat baru saja keluar dari dalam oven, saat masih keras dan kokoh.

Tekwan (Soup Pempek Kuah Udang ala Palembang)

Mendung begini rasanya enak sekali kalau makan tekwan dengan es kacang merah. Kenyalnya tekwan, berpadu kuah kaldu udang sungai cacahan mentimun, kriuk jamur kuping sungguh sanggup membuat nambah dan nambah lagi. Ahh sedap sekali. Pempek, tekwan adalah hidangan yang tak pernah bosan saya makan. Tak peduli cuaca mendung atau panas. Semangkuk tekwan akan selalu mau saya makan. Tak hanya ikan berdaging putih, tekwan daging hitam dari iwak betino (ikan sungai) juga sedap sekali. 

Es kacang Merah

Hal yang paling kusuka saat masih SD adalah meminum ES kacang merah di dekat poltabes lama di Depan SMA Methodist Palembang. Lembutnya kacang merah, berpadu kuah cokelat, siraman syrup merah dan gurihnya santan membuat anak SD rela merogoh koceknya setiap kali lewat. Es kacang merah ini biasanya disajikan dengan kulit /pinggiran roti, tape, cincau dan alpukat. Jika ada daging alpukat harganya akan berbeda. Karena itu saya meminta banyak kacang merah, tape dan pinggir roti. Hmm Bahagia sekali saya jika bisa mencicipinya.

Klepon Ubi Jalar Filling Cokelat

Siapa sih yang nggak tahu klepon. Jajanan tradisional tanpa gluten yang berbentuk bola-bola berwarna kehijau-hijauan berisi  irisan gula merah dan dibalut kelapa parut. Sekarang klepon tidak hanya berwarna hijau, era sekarang kelepon /klepon  bisa divariasikan dengan aneka fiiling dan merubah komposisi tepung beras ketannya.Jika dahulu klepon identik dengan 100% tepung ketan, sekarang kita bisa kreasikan dengan ubi jalar ,ubi ungu, labu kuning, kentang dengan filling tak hanya gula merah tetapi bisa bahan lainnya seperti mozarella, keju cheddar,  cokelat dll

Baluran klepon berupa kelapa parut yang dicampur vanili dan garam lalu dikukus. Walau saya akui, saya lebih menyukai tanpa vanili karena klepon sendiri telah diberi pewarna hijau dari daun pandan atau daun suji. Harumnya pandan sudah cukup strong tanpa perlu penambahan vanili pada kelapa. Namun semuanya kembali ke selera masing-masing. Kelapa parut saya campur garam lalu saya sangrai sebentar hingga sedikit kering tapi warna nya tetap putih.Saya lebih menyukai jika di sangrai agar tampilan cantik tidak terbalut kelapa yang menggumpal. Tapi semua kembali keselera ya

Jajanan pasar ini bisa disantap pada pagi dan sore hari, bersama onde-onde, cenil ataupun getuk. Rasanya yang khas menjadi primadona dihati ini. Mau mencoba membuat klepon yang tak terlalu kenyal, dengan filling kekinian berikut resepnya

Klepon Ubi Jalar Filling Cokelat

Bahan
250 gram ubi kuning kukus  (Kukus, kupas kulinya, haluskan)
250 gram tepung ketan putih halus
1/4 sdt garam
Cokelat batangan sisir kasar (bisa diganti  meises, keju cheddar, atau chocochip,nutela dll)
1/2 kelapa parut (oseng bersama sedikit garam dan daun pandan)

Cara membuat

  1. Ubi kuning dicuci bersih, lalu Kukus ubi kuning hingga lunak, saat masih hangat kupas dan haluskan dengan garpu
  2. Campur ketan, ubi kukus,garam dan uleni hingga tercampur rata, jika sulit di pulung bisa tambahkan sedikit air. Saya tidak menambahkan air sama sekali karena ubi jalar saya cukup lunak dan berair
  3. Didihkan air dalam panci. Sementara itu ambil sedikit adonan sekitar 30 gram, isi cokelat ataupun filling yang disuka.Bulatkan
  4. Langsung masukkan ke air mendidih
  5. Kalau sudah mengapung segera diangkat menggunakan saringan. Lalu masukkan ke parutan kelapa yang telah dikukus/dioven.

Selamat mencoba

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Es buah dan Manisan JRC (Jeruk, Rambutan dan Ceremai)

Musim buah aneka jenis dan semua tersaji di halaman rumahmu, apalagi yang ditunggu selain dikupas lalu di buah es buah. Rambutan berwarna merah yang manis, ditambah asemnya buah ceremai dan jeruk lokal yang ada sepanjang waktu. Apalagi ditambah air dogan yang seger. Diminum saat cuaca sedang terik menyengat. Hmm... Segelas mana cukup. Alhamdulillah tinggal di negara dengan banyak buah-buahan lokal. Aneka buah dengan harga terjangkau bisa dinikmati semua kalangan.

Rambutan yang thiya panen ini merah, manis dan tidak sakit tenggorokan saat dimakannya. Yang thiya panen masih kuning tapi sudah manis sekali, saya memanen satu keranjang penuh bersama bu moudy dengan galah yang ada kaitannya.

Krispi Tahu Isi Bakso Udang Wortel (Krispi tanpa Gluten dan Sponky tanpa pengenyal)

Pernah kah memakan tahu sumedang?. Tahu krispi kopong dengan saus yang encer tapi pedas manis. Pertama kali memakannya saat perjalanan pulang magang di Pabrik H2SO4 di Arah Indralaya -Palembang Unik sekali tahu ini pikirku saat itu. Rasa Krispi di dapatkan dari membalik tahu yang telah digoreng. Saat kuliah keinginan untuk menguplek di dapur tidak ada, keinginan tersebut justru ada saat bekerja. Ada dana sendiri yang dikeluarkan saat mencoba resep jadi kalau gagal nggak ada yang marahi. hehehe

Nah ternyata membuat tahu seperti itu sangat mudah. Cukup iris 1,5 -2 cm tahu dan di goreng dengan minyak banyak yang panas hingga berkulit. Nanti tengah tahu akan kopong sendiri. Lalu bisa digunakan untuk membuat tahu isi. Kali ini saya mengisinya dengan campuran udang giling yang pinginnya bertekstur spongky. Alhamdulillah sudah mendekati hasil yang saya inginkan. 


Jika setelah di goreng irisandan dibelah diagonal tahu tidak kopong dengan sendirinya, sayat saja bagian tengah tahu, tetapi lakukan saat kondisi tahu hangat. Jika telah dingin maka akan pecah saat dibalik. Rasa tidak berpengaruh hanya tampilannya saja yang kurang cantik. Dan Practise makes perfect. Kalaupun saat potongan pertama tidak terbalik sempurna, jangan dibuang. Goreng dengan tepung atau beri isian sayur seperti membuat bakwan. 

Untuk isiannya, kali ini saya menggunakan udang laut. Bekukan udang tanpa kulit, tambahkan bumbunya dan putih telur,sagu lantas diblender hingga halus. jejalkan ke dalam tahu. Goreng. Daging udang dibekukan untuk membantu menghaluskan daging dengan blender tanpa penambahan air, membuat adonan spongky. Jika ada Chopper atau food processor tentu lebih membantu pekerjaan memasak, namun jika tidak ada seperti saya. Blender dan daging ikan/udang beku adalah solusi praktisnya. 

Membuat foto makanan cantik, tak mudah ternyata, apalagi dengan minimnya aksesoris. Tapi saya memperhatikan bidikan food blogger kece yang hanya menggunakan bahan baku makanan tapi hasil jepretannya cantik sekali dan saat saya praktekkan. Saya terpekik dengan hasilnya. Lumayan lebih baik dari foto-foto makanan saya sebelumnya. Belajar pencahayaan agar foto makanan minus bayangan. Pr saya selanjutnya. 

Nah jika anda ingin mencoba membuatnya si Tahu ini dengan pemakaian 0 % terigu alias free gluten. Ini resep dan step by stepnya.

Krispi Tahu Isi Bakso Udang Wortel (Krispi tanpa Gluten dan Sponky tanpa pengenyal)

Resep Hasil modifikasi sendiri

Bahan
5 buah tahu persegi 
100 gram udang
1 butir putir telur
1/2 parutan wortel 
1/2 sdt merca bubuk
3 buah bawang putih
1/4 sdt garam
1/4 kaldu bubuk (optional)
sedikit irisan daun bawang dan daun seledri (rajang halus)

Cara membuat
Tahu di iris papan 1,5 -2cm sisihkan. untuk 1 buah tahu saya membaginya 3, Tiriskan. Jika perlu dan memungkinkan Serap kandungan air di tahu dengan meletakkan serbet kain bersih di bawah tahu
Goreng tahu dengan menggunakan minyak panas hingga gelembung disekeliling tahu hilang/tinggal sedikit , kulit tahu telah kecokelatan sempurna. Jika masih ada yang berwarna putih goreng kembali hingga warna tahu kecokelatan seluruhnya. 

Ambil tahu yang telah digoreng, belah diagonal. Jika menggoreng dengan benar maka saat digoreng tahu akan kopong ditengah, namun jika tidak kopong beri sayatan ditengah tahu, lalu tahu dibalikkan. Lalukan saat tahu dalam keadaan hangat agar kulit tahu tidak pecah saat dibalik. Lakukan perlahan-lahan. Sisihkan. Tahu ini biasanya saya simpan di kulkas sebagai stok jika sewaktu-waktu akan membuat tahu isi.

Masukkan daging udang yang telah dipisahkan kepala dan kulitnya ke freezer hingga membeku. Blender udang bersama putih telur, dan bumbu lainnya. Ambil 1 sendok adonan, isi ke dalam tahu. Lakukan hingga adonan atau tahu habis. Sisihkan


Siapkan minyak di kuali agak banyak. Goreng tahu hingga kecokelatan dan matang
Sajikan dengan sambal favoritmu

 Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen