Selai Sirsak Homemade

Bulan ini bulannya buah dan masak berbarengan sampai bingung mau dimasak apa. Seperti biasa buat olahan selai aja ntar kalau ada waktu bisa dikreasikan aneka kudapan. Termasuk si sirsak yang matang ini, selain saya juice, saya membuat selai sirsak juga. Sirsak ini ada sensasi asamnya, miriplah dengan strawberry. Bagi saya sirsak adalah buah asam manis citarasa lokal yang takkala enak dengan strawberry.

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda atau dalam bahasa Inggris Soursop (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembang). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Sirsak dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti "kantung yang asam".Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Buah sirsak umumnya berbentuk lonjong, berduri halus dan lunak. Buahnya berkembang membesar  dari banyak bakal buah (agregat) sehingga buah sirsak sering disebut buah majemuk. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Biji sirsak matang  berwarna kehitaman dan gepeng.

Daging buah dan daun sirsak sering dikatakan sebagai obat kanker walau belum ada bukti penelitian yang membuktikan keampuhan sirsak bagi pengobatan kanker atau penyakit lainnya. Sejujurnya saya menyukai sirsak selain dibuat jus, aneka es buah juga enak dimakan biasa saja. Namun memang ketersediaan sirsak di pasar tidak sebanyak buah-buah lainnya. Baiklah jika anda seperti saya, mudah mendapatkan aneka buah lokal di halaman rumah anda dan ingin menikmatinya lebih lama, buat selai saja dan oleskan pada aneka jenis roti favorit anda. yummy. ]

Selai Sirsak  Homemade

Bahan
1buah sirsak ukuran sedang /500 ml sirsak tanpa biji
150 gram gula pasir (diseseuaikan dengan tingka kemanisan buah nangka matang)
1/2 sdt garam

Cara membuat
Kupas sirsak. Ambil daging buahnya, dan buang bijinya lalu masukkan ke blender. Jangan menambahkan air, sirsak sendiri mengandung banyak air sehingga tidak perlu ditambahkan air dan seharusnya diblender cukup gampang, namun  Jika sulit diblender. tekan tombol "Pulce" sesekali. Hingga nangka bisa tergiling lancar dan halus.

Siapkan kuali. Masukkan konsentrate sirsak  dan masak dengan api kecil hingga semakin mengental. Hati -hati saat memasak selai sirsak. Saat konsentrate semakin pekat dan telah mendidih. maka akan ada cipratan dari proses pemisahan air yang terikat di serat buah. jika itu terjadi artinya selai akan segera matang.  Tambahkan gula pasir, aduk rata dan cicipi rasanya, jika kurang manis bisa tambahkan gula kembali. Masak hingga letupan  di sekeliling panci semakin rapat dan tidak meloncat jauh lagi. Sesaat akan dimatikan beri garam dan aduk rata

Jika akan disimpan lama, masukkan ke dalam jar kaca tahan panas dalam keadaan panas, tutup rapat, lalu kukus sebentar min 3 menit lalu dinginkan di wadah berisi air dingin. Dinginkan dan simpan di kulkas. Selai nangka tahan max 3 bulan (bukan di freezer), lebih lama jika di freezer. Namun jika ingin di freezer jangan menyimpan di dalan botol kaca cukup dalam wadah plastik.

Source :
Sirsak -Wikipedia
Soursop-Wikipedia
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.