Selai Nangka Homemade

Sebelumnya saya pernah posting tentang selai mangga homemade, bagi yang ini membacanya ini linknya selai mangga homemade. Kali ini saya membuat selai nangka karena pohon nangka di halaman depan rumah sedang berbuah lebat-lebatnya. Nangka yang telah masak akan mengeluarkan aroma yang harum sekali, begitupun nangka di halaman depan, beberapa telah jatuh ke lantai dan tidak kami ambil karena bingung juga mau dibuat apa lagi selain di makan langsung. Kebetulan nangkanya banyak matang disaat musim panen buah lainnya. Jika ada tetangga yang mau mengambilnya kami persilahkan saja, terkadang saya olah menjadi aneka kudapan. Terkadang kami membiarkan kelelawar atau tupai yang menikmatinya


Selai nangka ini bisa tahan sampai 3 bulan jika di masak dengan cara yang khusus. Saya memasukkan ke wadah kaca lalu saat telah masak dan disaat hangat dimasukkan ke dalam wadah kaca/wadah tahan panas lainnya lalu di tutup dan di kukus 3 menit. Lalu didinginkan dan simpan di kulkas. Insyaallah membuat selai lebih awet walau tanpa pengawet. Untuk yang saya posting ini saya tidak memasukkannya ke jar/toples karena kulkas saya telah penuh dengan aneka makanan lainnya. Kebetulan kulkas saya kecil,sehingga isi pada kulkas harus di atur sedemikian rupa sehingga memungkinkan bahan-bahan yang "tidak ada dipasar pelosok" bisa tetap kami simpan lama. Jadwal ke kota masih lama. wkwkwk

Nangka sendiri bisa di olah menjadi keripik nangka dengan penggorengan vacuum frying. Di Lampung, nangka goreng menjadi olahan buah yang saya sukai disamping keripik pisang. Untuk membuat nangka krispi goreng , nangka matang harus di goreng dalam alat penggoean vacuum. Karena saya tidak memilikinya, membuat selai, sirup adalah pilihan yang bisa saya lakukan untuk menyimpang nangka dalam jangka waktu max 3bulan.  Nangka bisa juga dibuat dodol nangka, kolak nangka dll. Nangka muda biasanya dibuat gulai nangka, rendang nangka, nangka tumis dll.

Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit. Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai. Nangka memiliki Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1–4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 × 5–25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin.

Pagi itu aku mencium bau nangka yang sangat kuat sehingga meminta suami untuk mengambilnya, berbekal parang sebuah nangka matang tergeletak di dapur. Setelah selesai masak makan siang, sayapun mengupas dan memilih buahnya. Ada sebagian yang kelewat matang sehingga terasa asam, sayapun menyingkirkannya. Sedikit tips saat mengupas nangka, lumuri pisau dan tangan dengan minyak sayur agar getah nangka bisa dibersihkan. Jangan lupa buah nangka yang telah di kupas dan diambil dari kulitnya sebelum diolah dicuci bersih terlebih dahulu.


Selai Nangka Homemade 

Resep hasil modifikasi sendiri
Bahan
1buah nangka ukuran sedang /1liter nangka
200 gram gula pasir (diseseuaikan dengan tingka kemanisan buah nangka matang)
1sdt perasan air jeruk nipis/lemon (optional)
1/2 sdt garam

Cara membuat
Kupas nangka. Ambil daging buahnya lalu masukkan ke blender. Jangan menambahkan air, nagka sendiri mengandung banyak air sehingga tidak perlu ditambahkan air dan seharusnya diblender cukup gampang, namun  Jika sulit diblender. tekan tombol "Pulce" sesekali. Hingga nangka bisa tergiling lancar dan halus.

Siapkan kuali. Masukkan konsentrate nangka dan masak dengan api kecil hingga semakin mengental. Hati -hati saat memasak selai nangka. Saat konsentrate semakin pekat dan telah mendidih. maka akan ada cipratan dari proses pemisahan air yang terikat di serat nangka. jika itu terjadi artinya selai akan segera matang.  Tambahkan gula pasir, aduk rata dan cicipi rasanya, jika kurang manis bisa tambahkan gula kembali. Masak hingga letupan  di sekeliling panci semakin rapat dan tidak meloncat jauh lagi. Sesaat akan dimatikan beri garam dan aduk rata

Jika akan disimpan max 3 bulan, masukkan ke dalam jar kaca tahan panas dalam keadaan panas, tutup eapat, lalu kukus sebentar min 3 menit dan dinginkan di wadah berisi air dingin. Dinginkan dan simpan di kulkas. Selai nangka tahan max 3 bulan (bukan di freezer), lebih lama jika di freezer. Namun jika ingin di freezer jangan menyimpan selai dalam wadah botol kaca, melainkan dalam wadah plastik saja..

Source
Nangka wikipedia
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.