Pai Nangka (Jackfruit Pie)

Kreasi buah selain pai mangga ini link nya pai mangga dengan resep kulit pai berbeda adalah pai nangka. Saya menggunakan resp crust pie dari joy of baking. Menurut saya jika menggunakan resep pie ini selain lebih hemat telur ,kulit pie pun renyah. Hanya saja perlu usaha lebih keras saat membuatnya, namun sebanding dengan hasilnya
Jika anda pernah membaca postingan saya sebelumnya tentang selai nangka, anda mungkin tahu saya kebingungan menghabiskan banyak buah nangka yang sedang berbuah. Nah dengan mengolahnya menjadi Pai nangka, saya bisa memanfaatkan nangka (selai nangka yang saya buat) untuk Pie nangka yang renyah, garing gurih namun hemat. Kita bisa mengkreasikan dengan isian selai lainnya tidak hanya buah, brownies ataupun coklat. Pastinya enak dan disukai keluarga kita.

Beberapa tips membuat kulit pie renyah berikut ini mungkin bisa anda jadikan sebagai petunjuk, untuk kulit pai alhamdulillah saya bisa menaklukannya namun kulit pastry homemade belum bisa. Walau ternyata pie adalah bagian dari pastry. Sesama newbie tips dari just try and taste bisa dijadikan guidance untuk membuat kulit pai renyah tanpa telur  walau saya yakin pasti banyak faktor lainnya untuk membuat kulit pie yang sukses flaky.
  1. Gunakan mentega /margarin yang dingin. Untuk membuat butiran-butiran mentega tidak lumer di tepung saat diproses, sehingga ketika adonan di panggang butiran mentega yang terperangkap di antara adonan ini akan lumer, meninggalkan jejak ruang kosong yang akan membuat pie anda renyah dan berlapis. Nah untuk mendapatkannya maka mentega /margarin harus dimasukkan ke kulkas terlebih dahulu agar mampu berbentuk butiran saat di proses
  2. Buatlah pie saat suhu dapur rumah anda tidak terlalu tinggi, misalnya saat pagi hari atau malam hari atau saat hujan dan mendung. Atau kerjakan di ruangan ber AC Ribet bener? Yep, adonan pie mengandung lemak yang banyak, suhu tinggi akan membuat mentega /margarin mudah mencair saat diproses sehingga adonan anda menjadi oily (berminyak).
  3. Mencacah lemak (margarin /mentega) dan tepung. Gunakan pisau, garpu atau pisau pastry atau gunakan ujung telunjuk dan ibu jari anda untuk menggosok mentega /margarin dan tepung hingga menjadi butiran-butiran kecil. Untuk mempercepat proses potong-potong mentega dingin hingga menjadi ukuran yang kecil kemudian proses dengan tepung.
  4. Air es. Tambahkan air es sedikit demi sedikit, air membuat adonan tetap bersuhu dingin dan membuat lemak (margarin /mentega) tetap berbentuk. Air fungsinya untuk membasahi tepung sehingga adonan bisa tercampur dan menjadi kompak. Biarkan agar air terserap terlebih dahulu sebelum menambahkan porsi air berikutnya. Bekerjalah pada sedikit air dulu, kalau adonan masih kering baru tambahkan sedikit dengan sendok. Adonan tidak boleh terlalu basah. Takaran air yang diberikan di resep terkadang bisa kurang dari yang dicantumkan karena kelembaban tepung dan kondisi mentega yang cair juga mempengaruhinya.  Di pie, kita dilarang keras bekerja terlalu banyak pada adonan, tujuan kita menguleni hanya untuk menyatukan tepung dan air di adonan sehingga bisa terdistribusi dengan baik. Jika adonan masih kering, pecah dan sulit bersatu tambahkan air sedikit. Sentuhlah adonan dengan ringan, jangan tekan terlalu keras, bersikap lembutlah padanya maka dia akan memberikan pie terenyah dan tercantik yang pernah anda makan.
  5. Simpan di kulkas. Pada tahap ini adonan seharusnya tidak lengket, lembut dan nyaman di sentuh. Jika lengket berarti adonan terlalu banyak air. Lumuri tangan anda dengan tepung dan tabur permukaan meja dengan tepung juga, sedikit saja ya tepungnya. 
Ribet ya, memang apalagi jika ada anak batita yang membantu, jika menggunakan resep ini saya harus memastikan thiya sedang tidur, jika dibantu alhasil nggak bagus kulit pie nya, nah jika anda membuatnya bersama anak-anak bisa gunakan resep kulit pie pada Pai mangga. Lebih praktis dan tidak terlalu sulit membuat kulit pienya. Namun saya suka dengan tekstur pada kulit pie ini sehingga saya akan membuatnya lagi walau dibantu thiya. Untuk thiya saya berikan adonan dan peralatan yang sama dengan saya lalu saya bilang ini punya thiya, jangan ambil punya bunda. Nah kalau sudah begitu untuk resep ini biasanya untuk 2  loyang pie lonjong berukuran sedang, jika dibagi sama thiya hanya 1 loyang saja. Tertarik membuatnya, berikut ini resep Pai Nangka (Jackfruit Pie)

Pai Nangka (Jackfruit Pie)


Bahan kulit pie (pie crust):
- 350 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (misal Segitiga Biru & Kunci Biru)
- 1 sendok teh garam
- 2 sendok makan gula pasir
- 200 gram margarin (resep asli 226 gr mentega), dinginkan di kulkas hingga keras, potong kecil-kecil
- 60 - 120 ml air es

Bahan isi pie:
- 200 -30 gram selai nangka*. Saya membuatnya sendiri, ini link nya selai nangka
- 1 sdm tepung maizena*
- 1 sdm susu bubuk*
- 1 sdt kayumanis bubuk* (optional saya tidak pakai)
(campur semua menjadi satu)

Olesan:
1 sendok susu bubuk + 1 butir kuning telur + 2 sendok makan air , aduk rata

Cara membuat:

Membuat adonan untuk kulit pie
  1. Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, garam, gula pasir, aduk rata dengan spatula. Masukkan potongan margarin dingin, dengan menggunakan pisau pastry, garpu atau ujung pisau biasa. Aduk adonan perlahan agar remah dan berbentuk butiran kecil seperti kacang kedelai
  2. Masukkan setengah bagian air es ke tepung, biarkan air es terserap oleh tepung. Aduk adonan menggunakan ujung-ujung jemari tangan hingga air menyatu dengan adonan. Jika adonan masih kering dan tercerai berai maka tambahkan air sedikit demi sedikit menggunaka sendok. Aduklah adonan dengan gerakan lembut, jangan menekan-nekan adonan. Kita harus menjaga margarin sesedikit mungkin hancur dan lumer. Aduk perlahan dengan spatula  'uleni' sebentar saja hanya agar adonan menyatu menjadi satu bola yang kasar. 
  3. Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama besarnya. Bulatkan masing-masing bagian dan Bungkus dengan plastik wrap dan masukkan ke kulkas selama 30 menit agar margarin menjadi keras dan memberikan waktu bagi gluten untuk istirahat
  4. Panaskan oven, set disuhu 200'C. Letakkan rak pemanggang di bagian paling bawah oven. Siapkan loyang bongkar pasang, saya menggunakan loyang diameter 20 cm, olesi mentega dan taburi dengan tepung, sisihkan.
  5. Keluarkan adonan dari kulkas, letakkan di permukaan yang datar kemudian gilas adonan dari bagian tengah ke pinggir hingga adonan menjadi lebar. Ketebalan adonan kira-kira 1  - 1,5 cm.  Ambil loyang bongkar pasang anda dan ukur loyang keatas lembaran adonan, tambahkan lebarnya sebanyak 3 cm agar pas ketika dimasukkan ke dalam loyang.  Tekan-tekan agar adonan pas menempel di loyang. Tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu
  6. Beri isian, lalu gilas kembali adonan pie dan gunakan untuk menutup pie. Gilas sebagian lagi adonan dan buat bentuk hiasan sesuai keingin Saya tidak membuat sayatan pada permukaan atas pie karena selai nangka yang saya buat telah kering. Jika menggunakan buah asli seperti mangga, nangka,sirsak buat sayatan untuk membuang uap air yang terperangkap.
  7. Olesi permukaan pie dengan susu cair. Masukkan ke oven yang telah dipanaskan minimal 30 menit sebelumnya. Panggang selama 40 - 50 menit, hingga kulit pie terlihat kecoklatan, merekah dan renyah.

Source
Resep pie mangga-Renyah,Garing dan Gurih Just try and taste
Peach Pie Recipe Joy of baking
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.