Lakso - Rice Noodle With Yellow Coconut Milk Palembang Style

Lakso ini merupakan salah satu varian mie beras versi Palembang. Biasanya dibuat dalam skala rumahan. Dahulu, nyai saya suka jualan lakso, burgo atau jajanan pasar palembang lainnya. Membuatnya dini hari, ntar dijual paginya. Jadi benar-benar fresh dan tidak berpengawet. Walau secara rasa mirip dengan burgo, dan kuah mirip celimpungan. (nggak mirip ding,tapi sama karena bahannyanya sama) tetapi perbedaan dari segi bentuknya saja. Seperti halnya mie beras pada umumnya, maka seperti itulah lakso. Lakso dengan ujung pengucapan menggunakan huruf " O" berbeda dengan Laksan. Makanan Indo kan rata-rata begitu tinggal variasikan bentuk, kuah lalu namanya lantas berubah😁. Nah begitulah dengan Lakso ini, kuahnya adalah kuah laksan /celimpungan dari santan kelapa dengan kaldu udang atau ikan tapi berbahan beras dan berbentuk mie. Rasa mienya kenyal sedikit lembut, kenyal dan dimakan  dengan kuah gurih rasa udang atau ikan sambil ditemani sambal. Lemak nian (enak sekali)

Resep Pecel Lele dan Sambal Terasi

Pecel Lele atau Pecak Lele merupakan makanan khas Pulau Jawa yang telah menyebar tidak hanya ada di Lamongan, Jawa timur saja tapi juga telah merambah ke Sumatera, Kalimantan hingga negara Tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Tidak seperti Pecel yang berupa sayur mayur dengan sambal kacang, Pecel lele merupakan ikan lele yang digoreng kering dan garing, ditemani lalapan berupa kemangi, timun,kubis dan sambal terasi.Seperti kebanyakan masakan jawa timur yang bercitarasa pedas. Masakan sumatera pun sama. Dan sambal pada pecel lele biasanya menyesuaikan dengan selera masyarakat disana. Apakan cenderung manis, pedas, atau sangat pedas. Rasanya juara



Puding Santan Double Tapai - Cassava Fermented With Coconuts Milk Pudding

Tape atau tapai yang merupakan fermentasi dari pangan karbohidrate seperti singkong dan beras ketan enak sekali di olah menjadi apapun. Mau cake tape,menjadi pengisi pada es teller ataupun berpadu dengan agar-agar dan menjadi puding yang saya posting ini. Walau puding ini bukan makanan Mewah ataupun istimewa  tapi saya suka sekali. Istimewa itu jika jarang dijumpai, saya sering sekali buat jadi bagi saya tidak lagi istimewa, tapi mungkin berbeda dengan yang jarang menemui tape di tempatnya hehe. Rasa tape yang manis asam menurut saya cocok dipadupadankan dengan apapun. Kalau  nggak suka santan dan mau ganti susu. Silahkan saja. Enak juga saya yakin. 

Bola Bola Tahu Sosis - Tofu Ball With Sausage

Tahu yang merupakan produk dari kedelai ini memang disukai siapa saja. Baik anak-anak hingga orang dewasa. Membuatnya menjadi aneka olahan makanan mudah dilakukan dan tentu saja murah. Tak seperti daging yang mahal, mengolah tahu menjadi makanan kesukaan si kecil bisa sering-serig dilakukan. Mau crispy, ataupun berpenampilan menarik akan menambah semangat anak kita memakannya. Salah satunya di buat bola-bola tahu ini. Kali ini saya isi sosis yang menjadi kegemaran thiya. Anak saya suka sekali

Burgo - Rice Noodles With White coconuts Milk Palembang Style

Burgo berbahan baku tepung beras dan disantap dengan kuah santan ini menjadi makanan khas Palembang yang sangat saya sukai. Serupa dengan Cheng Fun yang dari medan. Kalau cheng fun menggunakan topping gurih dari minyak wijen, jahe, daun bawang  ataupun ebi. Burgo menggunakan kuah santan berwarna putih yang berasal dari bumbu kemiri. dengan kuah kaldu udang atau ikan Rasanya sangatlah sedap dan istimewa

Cassava Roll Chocolate Matcha Vla Matcha - Si Getuk Kekinian

Namanya keren ya Cassava Roll Chocolate Matcha, padahal ini cuma getuk dalam rasa kekinian yaitu chocolate dan matcha. Getuk yang dikenal dengan makanan jadul, super enak disajikan dengan rasa kekinian Ide ini berasal dari salah satu outlet di Bandung yang menjual getuk dengan topping kekinian. Digerai itu tidak hanya rasa matcha, mocacchino, capuchino dll, ada lebih dari 20 varian rasa. Dan toppingnya bisa disesuaikan dengan selera. Saya buat versi Kw nya saja, dan juga mengenalkan makanan lokal sama thiya, masak cake melulu. Saya gunakan minuman sachet saja sebagai flavor dari getuk ini. Yaitu chocolate drink dan matcha drink dari gerry cholocatos ( maaf bukan iklan) yang memang thiya suka sekali dan sering saya gunakan untuk membuat ice cream homemade KW😁

Martabak Telur Daging Dengan Spring Roll Instan dan Daun Kari

Saya suka sekali makan martabak asin, baik martabak telur dan daging sapi, ataupun martabak HAR. Keduanya mengharuskan membuat kulit sendiri dari terigu yang direndam dengan minyak sayur. Sedikit merepotkan untuk ibu rumah tangga seperti saya ini. Jadi opsinya biasanya membeli lagi dan lagi. Tapi ada suatu masa dimana saya kepingin juga membuat martabak untuk cemilan sore hari kami. Jadi kulitnya saya ganti saja menggunakan kulit spring roll instan yang banyak dijual di supermarket, atau menggunakan kulit lumpia yang banyak dijual disini. Menurut saya rasanya mirip lah. Beda- beda tipis doang. :)

Malbi - Semur Daging Sapi ala Palembang

Bumbu Semur itu ada banyak ragam dan jenisnya. Kalau di ganti bahan bakunya akan menjadi nama berbeda. Seperti Mie Koba yang pernah saya posting sebelumnya disini. Bumbu Semur dengan rempah-rempah dipadukan dengan mie dan kuah ikan, akan menjadi mie koba oleh masyarakat Bangka Belitung. Di Palembangpun sama, Bumbu Semur dengan rempah-rempah ini seperti cengkeh, kembang lawang , kayumanis jika dimasak dengan kuah kental dan sedikit  serta menggunakan daging sapi kami menyebutnya Malbi. Daging Sapi empuk yang dibalut dengan bumbu Manis sedikit Pedas. Rasa pedasnya berasal dari penggunaan Jahe dan Merica dan  rempah- rempah yang tentunya berbeda tingkat kepedasan dibandingkan menggunakan cabai. Rasanya juara. 

Mari Membuat Udang Kering Ebi Halus Mu Sendiri - Dired Shrimp

Ebi Kering atau Dried Shrimp sering digunakan pada masakan untuk menambah rasa umami di dalam banyak masakan di asia tenggara, asia timur dan asia selatan. Walau ebi kering  tersedia di pasaran  dengan mudah, tak ada salahnya membuatnya sendiri sesuai dengan selera dan tingkat keasinan yang di inginkan. Ebi dalam bahasa jepang berarti udang, atau Hebi dalam bahasa mandarin. Kesemuanya merujuk ke arti udang. Udang kering merupakan udang yang dikeringkan,diberi tambahan bumbu sesuai keinginan. Untuk masyarakat Palembang, ebi kering sering diberikan pada pempek goreng baik panggang ataupun panggang, cuka pempek, sayur tumis, kuah mie celor dll, bahkan sebagai topping talam ketan gurih. 

Brownies Kukus Keju Putih Telur Ny.Liem

Punya banyak putih telur kala itu, masa sesudah lebaran dan putih telur menumpuk di freezer. Foto lawas, yang belum pernah posting. Saya khwatir hilang jadi saya posting disini saja. Brownies putih telur ini sudah booming bertahun-tahun yang lalu. Saya dahulu suka catat resep dibuku catatan saya, dan browmies ini  sudah pernah dieksekusi juga jadi saya tahu banget betapa enaknya brownies ini. wkwkwk. Dulu kan internet tidak sekencang sekarang dan belum lagi susah mendapatkan resep, suka saya catat saja dibuku. Kadang dibuku itu ada catatan kecil tentang tekstur dan rasa kue yang saya buat. 

Pempek Lenggang Goreng

Olahan pempek rebus selanjutnya selain pempek goreng dan laksan adalah pempek lenggang goreng. Pempek lenggang ada dua jenis yaitu lenggang panggang dan goreng. Kalau lenggang panggang saya pernah posting sebelumnya disini Lenggang Panggang  Sesuai namanya pempek lenggang panggang berupa adonan sagu dan ikan dibalut telur lalu dimasukkan dalam mangkok yang terbuat dari daun pisang lalu dipanggang, nah ada cara praktis juga mencicipi pempek lenggang selain di panggang yaitu dengan cara di goreng, Kami menyebutnya  pempek lenggang goreng. Yaitu pempek rebus di potong kecil, lalu di balut dengan kocokan telur dan di goreng dengan menggunakan sedikit minyak.

Laksan - Pempek dalam Kuah Santan Palembang

Palembang punya laksa yang sangat khas, yaitu pempek rebus yang dipotong-potong dan diberi kuah santan dalam bumbu gurih pedas. Setahu saya ada 3 jenis varian laksa di Dunia yaitu kari laksa, asam laksa dan kombinasi keduanya. Di Palembang, Kari Laksa kami sebutnya laksan kalau di beri potongan empek-empek. Untuk Kari sendiri kami menyebutnya ya kari ayam, sapi dll. Tanpa penambahan kata laksa. Tapi kenapa ada penambahan huruf "N" setelah "laksa" dan menjadi "laksan" mungkin karena dialek palembang aja ya. Alasan pastinya saya pun tak tahu

Pempek Lenjer Rebus - Pempek Original Wong Palembang Tanpa Terigu

Pempek ini adalah adonan basic pempek rebus saya, Kalau mau membuat pempek asli Palembang yang tanpa terigu sama sekai. Hanya menggunakan sagu/tapioka, ikan giling dan air ini dia resepnya. Jika menggunakan proses yang salah, dijamin pempeknya keras, alot atau mentah tengah. Jadi sering kali, orang-orang menambahkan terigu /biang pada proses pembuatannya agar mempermudah pemula untuk membuat pempek. Ciri pempek yang tanpa biang /terigu dan hanya mengunakan sagu saja adalah saat pempek dibelah akan ada guratan/serah halus serta ada bulatan bolong-bolong kecil. Kalau pempek dengan terigu biasanya adonan komplak dan rata tanpa ada guratan atau bulatan kecil. 

Buatlah Keripik Singkong Balado Kalau mau Senam Otot di Pagi Hari

Singkong yang digoreng kering dengan bumbu sambal pedas ini memang favorit saya. Tadinya mau membuat keripik sinjai. Yaitu seperti singkong balado dengan singkong diiris memanjang dan tebalnya  sekitar 2mm. Namun karena irisan saya tidak bisa di adjust ketebalannya, saya lantas berganti haluan menjadi singkong balado saja.  Dan inilah keripik singkong bumbu balado yang membuat saya benar-benar senam otot di pagi hari bersama juru bantu saya, thiya😀

Es Stick Jambu Biji

Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil lalu disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Buah ini diikenal mengandung banyak vitamin C dan dipercaya sebagai buah yang dapat mengobati penyakit Deman Berdarah. Jumlah trombosit darah yang menurun dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi jambu biji.  Tidak hanya buahnya, daun jambu juga sering dimanfaatkan sebagai bagian dari pemulihan pasien DBD.

Roti Sobek Keju

Membuat Cemilan pengganjal perut suami dulu nih, Soalnya suamiku masuk shift malam. Nggak dibawakan bekal kecuali roti sobek saja. Jadi kalau ada kerjaan di pabrik, dan tenaga habis ada roti mengganjal perut. Membuat roti sobek ini, saya suka karena hemat loyang, nggak ribet harus tata dalam loyang yang berjauhan dan isianya seragam. Saat dimasak dan mengembang, cukup belah tengah dan beri isian. Benar-benar roti praktis idaman para ibu rumah tanggan seperti saya ini. 

Roti Burger Bolognese

Roti Burger Saus Bolognese ini hanya memanfaatkan roti dan saus yang ada dikulkas untuk sarapan kami. Resep roti yang sama dan saus yang sama. Saus nya sudah hapal luar kepala dan sudah sering saya posting juga. Kebiasaan sekali saya, 2 minggu ini adalah stok saus bolognese. Harga tomat sekarang murah banget 1 kg cuma 4 ribu rupiah. Jadi saya puas-puasin makan saus tomat. Lebih tenang juga kasih saus tomat homemade ke anak saya. Walau kadang buat saunya tanpa daging sapi, alias vegetarian menggunakan tahu putih yang dicacah dan dihaluskan lalu dipanggang. Saya mah nggak vegetarian. Mengikuti kantong saja. Mahal daging sapi makanya ganti tahu. Walau di Postingan ini nggak pakai tahu ya, pakainya daging ayam

Lemet Singkong

Jajanan pasar ini berupa lemet singkong ini saya suka sekali. Tapi kalau beli terkadang manis sekali, saya nggak terlalu suka kalau kemanisan. Membuat sendiri gampang loh teman-teman, hanya berbekal singkong parut ,kelapa parut dan gula merah saja. Jajanan pasar memang rata-rata gluten free. Jadi nggak usah khawatir untuk anak yang sedang menjalani diet ketat. Sesekali membuat ini untuk mengenang masa kecil yang tetap enak dimakan dimasa sekarang. Makanan jadul emang ngangenin

Mie Koba - Mie Bangka dengan Kaldu Ikan Beraromah Rempah-rempah

Ada banyak variant jenis dan masakan  mie di Indonesia ini, salah satunya Mie Koba. Walau mie ini tidaklah seterkenal mie ayam. Bagi Masyarakat Bangka Belitung, Mie Koba sangatlah enak. Mie Koba merupakan mie yang diberi kuah kaldu ikan dengan bumbu rempah. Bumbu rempah ini berupa cengkeh, kembang lawang. Citarasanya seperti bumbu semur rempah yang suka dimasak ibu dan mama saya. 

Ayam Sisit Bali dengan Kemangi dan Sambal Matah

Ayam Sisit Bumbu Bali yang pernah saya cicipi kala mampir di restoran Bali mempunyai tampilan yang cenderung kering, berasa pedas dan berdampingan dengan sambal matah. Satu hal yang saya suka dari restoran bernuansa Bali adalah dekorasinya. Dekorasi Bali yang unik penuh dengan ukiran khas Bali dan tentu saja dari segi corak dan warna akan sangat berbeda dengan ukiran khas Tapis Lampung ,atau Palembang. Masyarakat Bali terkenal piawai dalam seni ukirnya. Sepertinya seni merangkai janur /tarup, merangkai bunga ataupun mengukir selembar papan sudah mendarah daging di tubuh mereka. 

Pesmol Ikan Baung Ala Ibuku

Serupa dengan ikan acar bumbu kuning yang pernah saya posting disini Ikan Panggang kuah Kuning, Pesmol ini masakan dari Sunda Jawa Barat dengan menggunakan kuah sedikit lebih kental, sedikit pedas dan asam serta ada aroma samar kencur. Tapi Ibuku masak pesmol Ikan ini nggak pernah pakai kencur. Bumbu kuah kuningnya dibuat pekat dan kental dan selalu menggunakan ikan sungai. Mungkin karena kami hidup dengan Sungai Musi membelah kotanya. sehingga ikan sungai lebih mudah ditemui dalam kondisi segar. Dahulu lebih sering menggunakan ikan lais. Tak ada Lais ikan baungpun jadi atau gunakan ikan favoritmu lainnya seperti gurame, nila atau patin. Ikan segar dengan bumbu pesmol tanpa kencur ini dijamin enak dan sehat dengan kandungan gizi yang lengkap. 

Doggy Bun - Roti Doggy Dengan Saus Bolognese

Sejak pertama melihat doggy Bun ini di IG saya sudah tertarik untuk membuatnya. Bentuknya yang lucu, mudah dan sepertinya gampang dibuat. Ya udah semalam saya eksekusi roti ini. Resep tidak sesuai dengan yang di Ig, saya nggak catat, saya scroll ke bawah sudah nggak ketemu lagi di beranda. Ya udah berdasarkan ingatan saja saat menonton videonya. Dan benar doggy bun ini mudah membuatnya, bentuknya lucu pula. Anak tetangga yang saya beri lantas menjadikan roti ini sebagai bekal sarapan ke sekolahnya. Thiya tentu saja suka saat melihatnya tapi isi daging saus bolognese bukanlah favorit anak saya. Sehingga thiya hanya makan rotinya saja tanpa isian di dalamnya. 

Resep Kembang Kol Kung Pao

Kalau makan sup umumnya akan mudah kita temui sayuran, salah satunya adalah kembang kol. Namun kalau kembang kol dimasak itu-itu saja, saya bisa bosan. Mengolah kembang kol menjadi aneka sayuran lain sepeti tumis kung pao ini sangat layak dicoba. Walau saya tahu, kembang kol yang kaya vitamin dan mineral ini tak baik jika di goreng dengan minyak banyak. Namun sesekali tak mengapa. Apalagi kalau dipadupadankan dengan lauk seperti ikan yang dibakar. Menurut saya seimbang. Salah satu makanan  terkena minyak, dan lainnya tanpa minyak sama sekali. Sedap bertubi-tubi. 

Telur Ikan Asin Sambal Tauco Belimbing Wuluh

Telur Ayam adalah sumber protein , lemak yang paling mudah dan gampang ditemui disekitar kita. Membuatnya super mudah dan super gampang, sehingga dijamin siapapun bisa membuatnya. Memasak jenis ini bisa saya lakukan berkali-kali dalam satu bulan. Apalagi kalau malas memasak melanda, keuangan menipis dan tentu saja sejuta alasan lainnya. Walau sangat sederhana. Semua keluarga saya sangatlah suka. Untuk Thiya dia hanya berupa telur utuh. Untuk saya dan suami, kami akan makan hingga jilatan /tetesan sambal terakhir. Membuat makan siang harus sangat hati-hati. Nasi sebakul dijamin habis, sangat sedap sekali

Resep Bingka Nangka - Jackfruit Tradisional Cake Bingka

Olahan nangka lagi teman-teman, Masih dari pohon yang sama dan buah yang berbeda. Pokoknya setiap buah yang jatuh dari pohon, daripada mubazir. Saya ambil dan dikupas. Yang tak layak makan dibuang dan yang bagus saya bersihkan dan dibuang bijinya dan segera masuk freezer. Kapanpun mood masak datang, saya bisa olah menjadi cake favorit saya. Hari ini masak bingka nangka. Sama seperti bingka pisang yang pernah saya posting disini Bingka Pisang. Kali ini bahan bakunya saya ganti dengan nangka dan bahan lainnya mengikuti. Saya dua kali mencoba, ini yang kedua dan saya nilai rasanya lumayan enak. Pertama kali saya ikuti resep yang ada di Ig, malah nggak suka sama tekstur dan rasanya. 

Fish Fillet Bun (Roti dengan Daging Ikan Crispy) ala KFC

Chicken Fillet ataupun Fish Fillet bun KFC saya suka sekali. Sayangnya karena semakin bermacam-macam menu, makanan ini tidak dijual lagi. Saya menyukai tekstur roti yang lembut dibandingkan roti keras seperti Chicken fillet versi Franchise pesaingnya. Sejak suka baking sendiri, takperlu susah harus ke gerai KFC, tinggal gerakkan tangan, nyalakan oven dan membuat roti lembutnya sendiri. Hari ini saya membuat Fish Fillet, memanfaatkan  ikan gurame yang diberi pak de beberapa waktu yang lalu. 

Mie Ayam Lampung - The Best Taste in The World

Mie ayam atau bakmi ayam merupakan hidangan yang populer di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri mie ayam disajikan dengan ayam dadu, pangsit dan kuah kaldu. Sayurannya terdiri dari tauge dan caisim. Penyajian mie ayam berbeda-beda setiap daerah. Baru di Lampung saya mengenal Mie ayam yang diberi acar mentimun. Di Palembang tidak ada acar dalam semangkuk mie ayam. Untuk penampilan selebihnya sama. Kecuali potongan ayam yang disajikan tanpa tulang, terkadang dihaluskan seperti halnya mie yamin dan tetap disebut mie ayam.

Resep Jamur Tiram Kung Pao

Kalau suka makan di restoran pecinan, salah satu menu adalah kung pao. Baik ayam, daging non halal, ataupun sayuran dimasak dengan kung pao. Semula saya nggak terlalu ngeh apa artinya, namun keseringan makan baru ngerti. Bagi saya kung pao itu masak ditumis sebentar dengan bumbu kacang tanah, cabai kering dan dimasak dengan saus asam pedas. Nah saya lebih merasa aman dan nyaman, kalau mencicipi versi vegetarian restoran pecinan. Setidaknya tidak ada daging yang non halal. Walau mungkin saja pakai angciu atau proses dan sistemnya yang non Halal yang dahulu saya belum aware banget dengan seksama

Udang Goreng Asam - Udang Heh ( Tamarin Fried Prawn )

Udang Goreng asam atau udang heh adalah masakan peranakan /nonya yang jadi favorit keluarga kami. Ibu saya suka sekali menggoreng udang dengan bumbu sederhana ini. Walau sederhana. Udang ini sangat enak, bebas amis dan tentu saja simple sekali dengan rasa yang juara. Kalau malas masak yang ribet dengan aneka bumbu dan rempah. Udang goreng asam ini akan jadi prioritas utama. Rasanya yang ringan sangat enak di lidah, dibandingkan dengan rasa yang lebih berat dan kaya bumbu 

Siomay Ayam Udang Dengan Bengkoang ( Siomay Lembut, Gurih Tanpa MSG)

Saya penyuka siomay loh. Dibandingkan dengan batagor, saya lebih suka siomay. Selain karena dimasak dengan cara direbus, yang saya nilai lebih sehat. Siomaypun dilengkapi dengan pare, kubis ataupun kentang yang selain menjadi cemilan mengenyangkan juga tentu saja sehat. Lengkap dengan protein hewani dan nabati. Selain pempek rebus, siomay menjadi cemilan favorit saya lainnya. Saya membuatnya tanpa Penyedap rasa atau MSG, karena itu pastikan kualitas daging ayam dan udang yang dipakai agar rasanya benar-benar enak.

Pempek Putih Telur Tanpa Ikan atau Pempek Sutra Ekonomis

Sepupu Ibuku atau Bibiku adalah penjual bolu basah sejenis lapis legit, maksubah, engkak dan aneka bolo palembang lainnya. Menjelang Idul Fitri dalam 10 hari mereka akan memproduksi sekitar 800 loyang bolu basah dan tentu saja menyisakan banyak putih telur yang harus segera di keluarkan dari dapurnya, agar aktivitas memanggang lapis dan sejenisnya tidak terganggu karena ruang dapur yang semakin sempit. Dan keluarga yang lain, yang tidak berjualan akan mengambil putih telur ini berember-ember dan di simpan di kulkas masing-masing untuk di olah menjadi pempek putih telur atau pempek sutra versi ekonimis, sebagai suguhan pempek di hari raya.

Inilah suguhan kami, masyarakat ekonomi kebawah  membuat kudapan hari raya dengan bahan seadanya. Walau bahannya sederhana pempek ini kenyal, lembut dan gurih dan namanya hari raya Habis saja pempek ini disikat sama keluarga, tetangga yang datang ke rumah. Pempek putih telur atau pempek sutra ekonomis ini hanya mengandalkan rasa gurih dari penyedap rasa seperti kaldu jamur merk tortole/penyedap lainnya seperti royco/masako dan tekstur kenyal serta lembut di dapatkan karena adonannya yang encer dan cair. 

Membuat pempek ini bisa menggunakan plastik es atau di kukus dengan loyang. Jika khawatir dengan ingredient pada plastik es yang tidak diketahui apakah food grade atau tidak, bisa menggunakan loyang dan dialasi dengan daun pisang agar tidak lengket. Selebihnya membuat pempek ini sangatlah mudah. Oh ya kalau mau menggunakan daging ikan giling ,silahkan saja di tambahkan pada adonan ini. Cukup sekitar 100 gram daging ikan giling untuk 1 resep ini dan tambah porsi air sekitar 100 ml. Pempek ini akan tetap kenyal dan lembut. 
Sejujurnya, saya lebih menyukai pempek yang tidak di goreng karena minim minyak. Lingkar perut ini sudah sedemikian tebalnya, ntah kapan berkurang kalau tidak dimulai mengurangi jumlah minyak yang dimakan. Tetapi suamiku nggak suka pempek rebus saja, dia lebih menyukai pempek yang garing diluar alias digoreng. Jadi kembali ke selera masing-masing. 

Dulu, pertama kali bibi saya buat pempek ini. Sayapun nggak tahu kalau banyak menggunakan putih telur. Setelah terbiasa makan setiap tahun jadi hapal dan ingat saja teksturnya. Memang makan pempek ini, saya cuma setahun sekali. Saat akan menghabiskan stok putih telur yang melimpah di bulan Idul Fitri /hari raya. Oh ya gunakan kaldu jamur yang telah berlogo halal ya. Soalnya di pasar ada yang telah berlogo halal, ada yang nggak. Saya beli kaldu jamur di Pasar Kuto nggak ada labelnya (mungkin stok lama), kalau di swalayan ada. Jadi teliti sebelum membeli bagi saudara saya yang muslim. Dan berikut ini resepnya ya

Pempek Putih Telur Tanpa Ikan atau Pempek Sutra Ekonomis
Bahan 
400 gram putih telur 
200 ml air
1 ikat daun bawang (potong-potong)
1 sdm kaldu jamur /penyedap rasa
200 gram sagu
2 sdt garam

Cara Membuat
  1. Masukkan putih telur, air,garam, kaldu jamur aduk hingga rata. Tambahkan daun bawang, sagu. Aduk rata. Cicipi, kalau kurang asin bisa tambahkan garam sesuai selera
  2. Panaskan dandang
  3. Siapkan loyang yang dilapisi daun pisang atau plastik es. Masukkan adonan ke dalam plastik, atau ke loyang yang dialasi plastik food grade /daun pisang
  4. Kukus hingga matang ditandai dengan pempek mengera, tidak cair
  5. Dinginkan
  6. Panaskan Minyak, potong sesuai selera goreng hingga cokelat. 
  7. Angkat, tiriskan, sajikan dengan pempek

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Dodol Nangka - Jackfruit Bar Papad ala India

Terinpirasi dari Aam Papad yang merupakan makanan asli india, saya membuat aam padad dari buah nangka. Aam papad ini  teksturnya mirip dodol khas nusantara. Bedanya Kalau dodol menggunakan tepung ketan, santan , gula dan tambahan daging buah tertentu sebagai penambah citarasa sedangkan aam padad menggunakan buah mangga sebagai bahan utamanya yang dimasak hingga pekat dan kering. Di Palembang sendiri ada dodol yang berasal dari daging buah durian, dimasak hingga kering dan pekat dan kami menyebutnya lempok durian. Di India menggunakan daging buah mangga. Di Indonesia dodol nangka, dodol durian menggunakan tambahan tepung ketan yang lebih banyak dari daging buahnya. Aam Papad tidak, malah tidak menggunakan tepung sama sekali melainkan murni dari serat buah saja. 

Resep Pancake Rainbow Putir Telur Kesukaan Anak-anak

Hari Sabtu tadi, thiya bermain dengan teman-temanya dan perlu disajikan cemilan mnemani aktivitas bermain mereka. Memang hari sabtu,thiya suka sekali bermain dengan teman-teman sebayanya. Selain karena jadwal sekolah Off juga teman sebaya thiya tidak di titipkan ke day care saat ibunya bekerja. Dan thiya bisa bermain sepuasnya. Ibunya akan baking lagi deh😁sambil sesekali melirik ke halaman belakang, area thiya bermain. Masih menghabiskan stok putih telur, kali ini dikreasikan untuk kesukaan anak-anak yaitu Pancake Rainbow Putih Telur dengan Topping Meises, Choco Crunch , Keju, Chocochip yang saya yakin disukai anak-anak. Alhamdulillah 1 piring pancake habis dilahap dalam sekejap. 

Pancake Putih Telur Vla Nangka

Memanfaatkan semua bahan dari sisa kulkas dan lingkungan sekitar, hari ini saya membuat pancake putih dengan vla nangka dahulu. Nangka sedang berbuah banyak sekarang. Harus mulai di cicil dan dihabiskan agar freezer ada ruang kosong dahulu. Nangka yang digunakan berasal dari pohon nangka di depan rumah yang tahun ini menjadi primadona, karena satu-satunya pohon nangka yang masih tetap legit, harum dan manis walau sering kali di cuekin sama penghuni kompleks disini. Saya olah menjadi pancake putih telur, walau hanya menggunakan putih telur, pancake ini tidak bikin tenggorokan seret dan sakit loh. Tetap lembut, wangi dan berpori selayaknya pancake dengan telur utuh



Bolu Putih Telur Cokelat Selai Nangka - Chocolate Cake White Egg with Jackfruit Jam

Memberdayakan putih telur kembali dan nangka yang sedang berbuah lebat. Saya buat Chocolate Cake  atau Bolu Cokelat Putih Telur dengan Selai Nangka. Kebetulan anak kesayangan memang suka sekali sama cokelat, jadi kalau buat cake nggak cokelat pasti protes. Apalagi Cemilan dia sudah habis. Ya udah kita olah menjadi cake cokelat saja, dan membuat selai nangka lagi dari nangka yang sedang berbuah

Jackfruit Roll Bread - Roti Gulung Nangka

Jaman sekarang ,kreasi roti nggak ada habisnya. Adonan dasar roti bisa dikreasikan sesuai selera. Tidak hanya terbatas pada cokelat, keju atau buah-buahan luar. Buah lokal seperti nangkapun enak diolah menjadi isian roti. Seperti postingan saya sebelumnya tentang selai nangka homemade disini. Selai itu dijadikan isian pada roti yang saya buat ini. Selai nangka bisa di oles pada roti tawar atau bisa langsung diisi pada adonan roti. Hasilnya memang benar-benar enak loh. Aroma nangka benar-benar keluar dan harum sepenjuru rumah. Enak sekali

Bomboloni Nangka - Jackfruit Bomboloni si Donat Buntu Vla Nangka

Bomboloni atau Donat Buntu alias Tanpa Bolong tengah yang berasal dari Italia ini sangat digandrongi di Indonesia apalagi di kota kelahiran saya. Palembang adalah followernya kuliner Bandung. Apapun yang Bandung kreasikan, copycatnya akan segera menyebar di Bakery dan outlet di Palembang tak terkecuali Bomboloni ini. Biasanya isiannya dengan krim gula , atau vla buah buahan atau cokelat. Karena nangka di depan rumah saya seperti tahun lalu berbuah sangat lebat, kenapa saya tidak olah menjadi vla saja yang menggiurkan bukan?. Jadi lupakan tentang Strawberry , atau jenis berry lainnya yang suka berseliweran dikreasikan para food blogger atau IG. Memanfaatkan buah nangka sebagai makanan kami sore hari kami nyatanya tak salah. Mendapatkan pujian dan jempol dari siapapun yang mencicipinya. 

Ikan Kembung Panggang Sambal Kecap ala Mama

Ikan Laut seperti kembung atau tongkol cukup sering di beli mama, dan biasanya akan berubah menjadi asam padeh ikan tongkol atau kembung panggang dengan sambal kecap. Dengan bumbu yang sederhana, proses yang simple kembung bakar ala mama sangatlah sedap. Walau teflon mama tidaklah lengket, melainkan baru saja dibeli sama anak sulung beliau. Mama tetap mengalasi double pannya dengan daun pisang , daun lengkuas ,daun kunyit yang biasanya tersedia di halaman belakang rumah di barangan Palembang. Aroma daun yang kuat akan menambah citarasa ikan dan membangkitkan selera makan siapapun yang menciumnya, bahkan aroma ikan ini menyatukan anak dan cucu dengan segala aktivitasnya ke ruang makan. Tanda masakan mama telah siap. Sedapnya

Resep Sup Ikan Kuah Bening ala Desa Mama

Sup ikan ini berbeda dengan pinggang pegagan, atau pindang meranjat yang kuahnya merah -kemerah-merahan. Sup Kuah bening ala Dusun Mama ini menggunakan ikan sungai yang di panggang lalu di beri kuah bening. Mirip dengan Sup Ikan Manado yang kakakku suka buat untuk suaminya. Jika masakan Manado menggunakan ikan laut, karena Hasil laut melimpah disana, bagi mama yang hidup dengan sungai musi membelah desanya, sup ikan dengan ikan sungai ini samalah sedapnya. Kuah ikan ini berasa ringan, tidak memiliki rasa dan aroma yang kuat dibandikan jika dimasak gulai,atau kari atau banyak rempah seperti masakan lainnya. Namun rasanya juara loh

Resep Ebi Furai - Udang Lurus Bertepung Frozen Food Favorit Saya

Udang Goreng Tepung atau Ebi Furai ini sering dijadikan frozen food dan makanan pengisi bekal /kotak makan. Sejak bento box ala Japan tenar, ebi furai telah menjadi salah satu sumber isian bento yang praktis, sehat dan hampir disukai semua kalangan. Udang yang dibalut tepung ini atau ebi furai  cocok saja dipadupadankan dengan kuliner lokal indonesia, mau di cocol sambal saja atau disertakan sayur diatasnya sedap saja. Ebi Furai adalah salah satu frozen food yang sangat saya sukai dan mudah sekali dibuat

Pempek Dos Belah - Pempek Tanpa Ikan Dengan Ebi dan Kecap

Variant pempek lagi nih teman-teman. Serupa dengan pempek tanpa ikan lainnya seperti pempek pistel tanpa ikan disini, atau pempek panggang tanpa ikan disini. Pempek Dos Belah pun juga tanpa ikan. Pempek ini berbentuk lonjer kecil /lonjong kecil, bagian tengahnya di belah lalu diberi isian ebi dan sambal pedas serta kecap. Bisa disantap dengan atau tanpa cuka pempek. Bahan dan cara membuatnya mirip dengan pempek pangang tanpa ikan yang pernah saya posting, bedanya pempek ini digoreng. Tidak seperti pempek lenggang tanpa ikan yang hanya sedap jika dimakan saat hangat, kalau dimakan dingin keras permukaan kulitnya. Pempek Dos belah ini sedap disantap baik dalam kondisi hangat atau dingin. Karena itu pempek dos belah mudah sekali di temui di warung-warung aneka jajajan, tidak seperti pempek panggang yang penjualnya menjualnya dalam bentuk gerobakan atau toko tertentu 
Saya justru membuat pempek belah ini baik pempek panggang atau pempek goreng jika sedang membuat cuka pempek. Karena sekalian memanfaatkan ampas cuka pempek untuk isiannya. Pelit yaa? hehehe. Stock cuka di rumah saya wajib ada, jadi kalau cukanya sudah habis saya akan segera membuatnya kembali. Jika baru pulang dari Palembang, kekentalan cukanya akan tinggi, makin ujung bulan akan berkurang kentalnya dan berganti encer saat stock habis dan saya menggunakan gula aren lokal. Gula aren lokal hanya bisa membuat rasa cuka mirip dengan gulo batok Linggau (asal gulo batok Palembang) tetapi teksturnya tidak. Mau berapa banyakpun saya tambahkan si gula, tetap nggak buat gulanya kental selayaknya gula batok dari linggau. Ntah apalah bedanya.
Gulo Batok dari Linggau
Sedikit tips saat membeli gula batok adalah adalah pilihlah gulo batok yang berwarna cokelat, jangan hitam karena kalau hitam cukanya ada rasa pahitnya. Saya lebih menyukai gula batok yang berwarna cokelat. Dan saat dimasak cuka kita akan hitam pekat juga dan tanpa rasa pahit.  Saya kalau pulang, akan bawa ke lampung beberapa kg gulo batok, dan disayang -sayang kalau mau masak. Hehehe

Membuat cuka ini hanya untuk 1 botol @600 ml. Dan satu buah  gulo batok , jadi cuka pempek yang dihasilkan bisa kental. Ibu saya bilang kalau masak cuku tangkai cabainya sebagian dibuang sebagian tidak jadi kandungan gizi pada tangkai masih teringkut dan kami tidak pernah menggunakan cuka makan /asam jawa melainkan air perasan jeruk sate saja. Aroma cuka pempek akan berbeda. Beberapa penduduk yang nonmuslim akan menggunakan arak putih dalam cuka pempeknya. Saat saya kecil, saya suka saja menghirup cukanya, setelah dewasa barulah saya mengerti perbedaan cuka dengan menggunakan arak putih/ tidak -  hanya diketahui saat telah dicicipi.

Saat cuka telah matang, akan di dinginkan dan didiamkan selama 24 jam sebelum akhirnya di saring dan disimpan dalam botol. Jika simpan di kulkas (saya bagian pintu), cuka pempek akan tahan lama (kalau saya membuatnya sendiri) 3 bulan masih bagus, tetapi jika membelinya nggka tahan lama, kadang 1 minggu saja sudah terasa asam dan adah buih di atasnya. Cuka pempek seperti itu baiknya dibuang. Nah kalau membuat sendiri cuka pempekmu, dan ketika disaring ada ampas cukanya, jangan buru-buru dibuang, kita bisa pergunakan sebagai isian pempek dos belah atau pempek panggang. Baik dengan adonan yang tanpa ikan atau dengan ikan tergantung ekonomi dan kondisi dompet saat itu.

Kalau dahulu membuat cuka, ibu akan melarutkan dengan air terlebih dahulu gula batoknya untuk kemudian disaring. Karena jaman dahulu pembuat gula batok masih sangat tradisional. Gulanya biasanya kotor, ada aja sampahnya mulai dari binatang kecil yang bikin jijik, daun kering atau batang kayu kecil hingga serpihan arang /batu kecil. Sekarang sejak mulai ditata dan diedukasi untuk meningkatkan nilai jual produknya.Gula batok sudah bersih dari aneka bahan tambahan seperti itu. Paling parah jika kita membelinya di pasar tradisional, akan ada tawon yang berterbangan diatas peti gula batok dan memakan gulanya, jadi pembelinya harus hati-hati. Saya malah menyukai "atraksi" tawon yang berterbangan dan mengerumini gula batoknya dan menandakan keaslian dan kemurnian si gula tanpa ada tambahan zat berbahaya. Hal ini hanya berlaku dipasar Sekip Ujung dan tidak saya temui di pasar kuto Palembang .Setiap pasar itu unik, walau berdekatan tapi harganya bisa sangat jauh satu sama lain. 

Saya membuat pempek ini untuk suami yang giginya masih kuat dan banyak. Sagunya sekitar 300 -350 gram, kalau untuk orang tua saya takaran sagu dikurangi agar tak terlalu kejal / kenyal baginya. Nanti gigi palsu malah lepas, hehehe. Enaknya membuat sendiri ya ini, kita bisa mengatur kekenyalan pempek sesuai dengan kemampuan dan selera orang rumah. Mau sagu 250 atau 350 gram, adonan sudah bisa di bentuk dan dilonjongkan, tapi sesuai selera penambahakan sagunya. Takaran ini pas menurut selera suami saya. Dan berikut resepnya

Pempek Dos Belah - Pempek Tanpa Ikan Dengan Ebi Halus dan Kecap

Bahan :
Adonan Pempek Tanpa Ikan (Biang)
150 gram Tepung terigu
250 ml  Air mendidih
1 Butir Telur
1 sdm peres garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt Kaldu bubuk instan ( Optional, saya tidak pakai)

350 gram sagu /tapioka ( sekitar 50 gramnya untuk taburan)

Isian
Ampas cuka , ebi halus, kecap, cabai rawit
Tidak ada ampas cuka bisa memblender 15 pcs cabe rawit, 5 siung bawang putih, 1sdt garam dengan sedikit air

Cara membuat

  1. Masukkan  terigu dan garam
  2. Didihkan air, jika telah mendidih masukkan air pada wadah berisi terigu aduk cepat. Aduk sampai rata. Sisihkan 
  3. Setelah agak dingin tambahkan telur , aduk rata. Koreksi rasanya. Sesuaikan asinnya
  4. Tambahkan sagu / tapioka sedikit demi sedikit sampai adonan bisa di bentuk. tidak perlu menguleni seperti membuat roti. cukup sampai adonan tercampur saja. 
  5. Siapkan kuali /panci beri air dan didihkan, sementara kita membuat pempeknya berbentuk lonjong
  6. Ambil sedikit adonan sekitar 50 gram, bentuk lonjong. Lakukan sampai habis
  7. Masukkan secuil adonan ke air mendidih, tunggu sampai matang. Cicipi, kalau kurang asin bisa tambahkan garam di air rebusan. Jika sudah pas lanjutkan proses perebusan semua pempek
  8. Bila pempek telah terapung, Angkat dinginkan. Proses pendinginan bisa dibantu dengan merendam pempek dalam air. Jika untuk stok, disimpan dilemari es
  9. Siapkan minyak agak banyak goreng pempek hingga matang. Angkat dan tiriskan
  10. Belah 2 pempek tapi jangan sampai putus. Masukkan 1 sdt ebi, 1 sdt sambal /ampas cuka dan sedikit kecap. 
  11. Sajikan bersama cuka hitam, atau cabe rawit.


Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen