Super Pisang Coklat Cake - Double Pisang Cake dengan Sensasi Coklat

Ya lagi lagi tentang pisang yang jika diolah dengan apapun hasilnya enak sekali. Hampir semua cake di blog saya berbahan tambahan pisang dan coklat. Cucok. Selera emak thiya banget. Bagi yang ingin mencoba resep cake pisang dengan tekstur remah dan lembut dan coklat yang tidak terlalu banyak bisa menggunakan resep ini. Super lembut karena telur dikocok hingga mengembang dan diberi banyak pisang bukan perasa atau essen pisang. Bayangkan memakan pisang namun dengan tekstur remah dan lembutnya cake hingga dalam satu gigitan terasa sekali pisangnya. 

Cake Pisang ini selain kaya akan gizi karena menggunakan telur ,pisang dan coklat dengan komposisi yang pas dan seimbang sehingga tidak bikin eneg dan mengenyangkan. Ini dia resep Super pisang coklat cake yang bener bener real pisang. 

Super Pisang Coklat Cake 
Resep dari Blog Just Try and Taste Super Pisang Coklat Cake


Bahan:
- 6 butir telur, suhu ruang
- 200 gram gula pasir
- 500 - 600 gram pisang sun pride/ambon/ atau pisang jenis apapun lainya. Pastikan benar-benar telah matang dan haluskan dengan garpu.
- 300 gram tepung terigu protein sedang atau serba guna
- 3 sendok makan coklat bubuk
- 2 sendok teh baking powder double acting (saya menggunakan Baking powder single acting)
- 1/2 sendok teh garam halus
- 180 gram mentega/margarine dilelehkan, atau bisa diganti dengan minyak sayur sebanyak 180 gram
- 150 gram choco chips (optional)

Persiapan:
  • Siapkan oven, set disuhu 170'C api atas dan bawah. Letakkan rak pemanggang di tengah oven dan jika oven anda pendek seperti milik saya maka letakkan rak pemanggang di bagian bawah oven.
  • Siapkan loyang bundar ukuran diameter 23 cm. Olesi permukaan loyang dengan margarine dan taburi tepung terigu secara merata. Balikkan loyang, ketukkan untuk membuang kelebihan tepung.  
  • Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, garam, coklat bubuk dan baking powder double acting, aduk hingga rata. Sisihkan.
  • Cairkan mentega dengan api yang sangat kecil, jangan mencairkan hingga mentega mendidih. Jika sebagian mentega telah meleleh matikan saja api kompor dan goyang-goyangkan panci, kondisi panci yang panas akan membuat sisa mentega meleleh sempurna. Atau masukkan mentega ke dalam microwave dan cairkan 1 menit hingga lumer.
  • Hancurkan pisang dengan menggunakan garpu, hingga lumat. Sisihkan.
Cara membuat:
  1. Masukkan telur dan gula pasir, kocok dengan speed rendah hingga tercampur baik. Naikkan kecepatan menjadi tinggi dan kocok dengan speed tinggi hingga berjejak (ribbon stage). Tandanya, ketika alat pengocok diangkat dan adonan menetes jatuh maka akan meninggalkan jejak seperti pita yang melingkar selama beberapa detik di permukaan adonan sebelum kemudian lenyap. Matikan mikser
  2. Masukkan pisang lumat, aduk adonan dengan spatula menggunakan teknik aduk balik secara lembut namun cepat.
  3. Masukkan tepung dengan cara diayak langsung diatas adonan dalam 3 tahapan, aduk balik hingga tercampur baik.
  4. Ambil dua sendok sayur adonan, masukkan ke mangkuk lainnya. Tambahkan mentega cair dan aduk balik hingga tercampur baik. Masukkan adonan yang sudah dicampur mentega ini ke adonan utama, aduk perlahan dengan teknik aduk balik hingga tercampur baik.
  5. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya, taburi cacahan coklat blok / choco chips. Panggang selama 55 - 60 menit atau hingga bolu matang. Tandanya ketika lidi ditusukkan ke tengah bolu maka hanya meninggalkan remah lembab di lidi, bukan jejak adonan basah.
  6. Keluarkan bolu dari loyang, diamkan 15 menit untuk membuang uap panas dan membuat bolu tidak hancur ketika dibalikkan. Balikkan bolu ke rak kawat, dan diamkan hingga benar-benar dingin sebelum bolu dipotong. Super yummy!
Note:
  • waktu memanggang yang diberikan hanya sebagai guidance saja, lama memanggang bisa berbeda-beda tergantung dari jenis dan merk oven masing-masing. Saya menggunakan oven listrik dan menggunakan api atas bawah, jika menggunakan oven gas maka gunakan api bawah saja.
  • Note: tujuan mengaduk mentega + sedikit adonan ke mangkuk terpisah untuk mencegah over mixing. Minyak lebih berat dibandingkan adonan sehingga cenderung mengendap didasar, membuat kita sulit mencampurnya dengan baik kala diaduk. Dengan mengaduknya bersama sebagian adonan akan membuat kita mudah mencampurkannya bersama sisa adonan lainnya sehingga terhindar dari over mixing.

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.