Soto Ayam Kampung Bubuk Koya

Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging babi atau kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda, misalnya soto Madura, soto Kediri, soto pemalang , soto Lamongan, soto Jepara, soto Semarang, soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, dan coto Makassar. Soto juga diberi nama sesuai isinya, misalnya soto ayam, soto babat, dan soto kambing. Ada pula soto yang dibuat dari daging kaki sapi yang disebut dengan Soto Sekengkel.

Cara penyajian soto berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah. Soto biasa dihidangkan dengan nasi, lontong, ketupat, mi, atau bihun disertai berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, perkedel, emping, sambal, dan sambal kacang. Ada pula yang menambahkan telur puyuh, sate kerang, jeruk limau, dan koya.

Tidak seperti soto Banjar yang memiliki kuah bening, Soto Ayam Kampung Bubuk Koya ini memiliki kuah berwarna kekuningan dengan pemakaian kemiri yang banyak. Saya yang tak terlalu suka Soto pun jadi sangat menyukainya. Apalagi di tambah Bubuk Koya. Menambah sensasi makyus kuah Soto. Soto ini tidak menggunakan santan warna putih di dapat dari penggunaan kemiri yang banyak

Resep ini berasal dari 2 buah resep, untuk kuah Soto berasal dari Resep Just Try and Taste Soto Ayam Kampung ala mbak Ayu dan Bubuk Koya dari Blog Diah Didi Soto Lamongan. Saya tidak mengetahui jenis soto apa yang dijual di Pasar tradisional 16 ilir Palembang. Tapi menurut saya resep yang saya tampilkan ini memiliki citarasa yang sama bahkan lebih enak dari Soto di Tempat saya (baik Di Lampung atau Palembang). 

Walau judulnya soto ayam kampung, kita bisa menggantinya dengan ayam pedaging/broiler lainnya. Walau memang jika menggunakan ayam kampung rasanya  lebih gurih dan enak. Kebetulan saya lagi menyetok kaldu ayam dikulkas. Ayam Kampung saya rebus dengan air mendidih tanpa bumbu lalu air kaldu saya gunakan untuk kuah soto dan stok kaldu di freezer. Sebagian ayam saya suir suir untuk soto dan sebagian lainnya saya olah menjadi aneka olahan ayam lainnya. Tambahkan Bubuk Koya yang terbuat dari Kerupuk udang yang blender halus bersama bawang putih goreng. Gunakan Kerupuk udang berkualitas agar rasa koya nya gurih dan enak. Goreng kerupuk udang dengan minyak panas api kecil hingga kerupuk mekar dengan warna pink kekuningan yang cantik.

Berikut resepnya Soto Ayam Kampung bubuk Koya

Soto Ayam Kampung Bubuk Koya
Bahan:
- 1 ekor ayam kampung, berat sekitar 800 gram
- 1200 ml air

Bumbu dihaluskan:
- 6 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 10 butir kemiri, sangrai
- 2 cm kunyit
- 1 sendok teh merica putih butiran

Bumbu lainnya:
- 2 - 3  sendok makan minyak untuk menumis
- 3 cm lengkuas, memarkan
- 1 batang serai, memarkan
- 2 cm jahe, memarkan
- 2 lembar daun salam
- 1 sendok makan gula jawa yang telah disisir halus
- 1/2 sendok makan garam

Pelengkap (optional):
- bihun rebus secukupnya
- irisan halus daun kol
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 1 batang daun seledri, rajang halus
- irisan jeruk nipis
- koya (haluskan 2 kerupuk udang besar dengan 1 pcs bawang putih goreng,&blender / campur jadi satu)
- sambal cabai rawit (cabe kecil direbus kemudian beri sedikit garam dan haluskan.)
-Telur Rebus

Cara membuat:

  1. Siapkan ayam kampung cuci bersih dan potong kecil menjadi 12 - 14 bagian atau sesuai selera anda. Jika menggunakan ayam negeri, remas-remas potongan ayam dengan 1/2 buah air jeruk nipis dan 1/2 sendok makan garam untuk menghilangkan lendir dan bau ayam. Cuci bersih dan tiriskan.
  2. Siapkan wajan, atau panci anti lengket. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga bumbu harum, matang dan tidak berwarna pucat. Masukkan jahe, lengkuas, serai dan daun salam, tumis hingga rempah layu.
  3. Masukkan potongan ayam, aduk hingga rata dan masak hingga ayam terlihat berubah warna menjadi putih pucat. Masukkan 300 ml air dan rebus dengan api kecil hingga ayam empuk dan matang. Jika ayam belum empuk dan matang, tambahkan air kembali dan lanjutkan merebus hingga ayam empuk.
  4. Tambahkan sisa air, gula jawa dan garam, rebus hingga mendidih. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asinnya.  Masukkan 1/2 porsi irisan daun bawang, aduk rata.  Matikan api.

Bubuk Koya
- Haluskan 2 kerupuk udang besar dengan 1 pcs bawang putih goreng,&blender / campur jadi satu

Sajikan soto dengan pelengkapnya.  Super yummy!


Selamat Mencoba rasanya yummy

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.