Roti Kacang Merah

Saya suka sekali  dengan kacang merah. Es kacang merah adalah favorit saya. Di Palembang di dekat Lapangan Hatta dan Poltabes lama  dahulu  ada penjual es kacang merah favorit saya. Es jaman SD - SMA ini sukses membuat uang jajan saya tak kan bersisa. Lagi dan lagi itulah yang akan saya lakukan kalau melewati daerah itu pulang sekolah. 

Olahan kacang merah selalu jadi favorit saya. Mulai dari kumbu, es hingga roti yang berisi kacang merah.  Yang paling menyebalkan kala membuat olahan kacang merah adalah sulitnya si kacang lunak kecuali menggunakan presto. Tapi takkala hasrat dan semangatmu mengalahkan semua halangan yang merintang. Tak ada yang gagal bukan? Kalaupun tekstur tidak sesuai dengan keinginanmu itu hanya "sukses yang tertunda". 

Tanpa presto, membuat kacang merah lunak akan menghabiskan banyak waktu dan gas. Jika pembaca ada yang memiliki trips agar kacang merah cepat lunak tanpa presto, tolong beritahu saya. Merebusnya selama 5 menit dengan air mendidih lantas mendiamkannya 15 menit dan merebusnya nya kembali 7 menit lalu di diamkan 15 menit tanpa perlu kacang di rendam semalaman dengan air  hanya berlaku untuk membuat bubur kacang hijau. Tidak berlaku untuk kacang merah. Jadi cara tercepatnya hanya menggunakan panci presto yang saya ketahui saat ini. Namun apa daya karet presto saya tak lagi kedap sehingga tidak vakum lagi. Maka merebusnya dengan lama adalah opsi yang saya punya. Semoga ada rejeki beli presto baru aamin.

Kacang merah ini bisa dibuat Pai Kumbu resepnya disini ataupun Bakpao Kacang Merah. Untuk resep bakpao nya bisa menggunakan resep bakpao Pao Pizza. Saya membuat adonan rotinya berbarengan dengan Srikaya Bun Modern. Roti lembut berpadu dengan Kacang merah gurih harum khas santan cocok disantap ibu hamil, ibu menyusui, anak -anak ataupun orang -orang dengan tidak ada alergi kacangan-kacangan atau mengidap penyakit asam urat.

Kacang Merah adalah salah satu jenis tanaman yang masuk dalam kelompok polong-polongan bersama dengan kacang hijau, kedelai, dll. Ada 3 jenis kacang merah yaitu kacang merah kecil, sedang dan besar. Nama latin kacang merah adalah Phaseolus vulgaris. Biasanya kacang merah dimanfaatkan untuk membuat sup atau sebagai campuran makanan lainnya seperti eskrim,es,  rendang,  dll. Dalam bahasa Inggris, kacang ini dikenal dengan nama Red Kidney Bean.

Dalam masakan Indonesia, kacang ini dicampurkan ke dalam rendang atau dimasak sebagai sup, yang disebut sup kacang merah.Selain itu kacang merah mengandung asam folat, asam glutamat 1323 mg, asam aspartat 1049 mg, lysine 595 mg, leucine 693 mg, arginin 537 mg, serine 472 mg, prolin 368 gram, glycine 393 mg, dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya. Oleh karena itulah ibu hamil dan menyusui sangat dianjurkan mengkonsumsi kacang merah karena kaya akan asam folat yang baik untuk janin dan tumbuh kembang anak.

Resep Adonan roti menggunakan Resep dari buku Kanaya Press "Resep Roti ala Bakery". Saya cocok menggunakan resep ini. Sesuai dengan Tekstur yang saya inginkan, namun tak berat di kantong saya hehehe. Jadi silahkan gunakan resep roti andalan masing -masing. Saat membuat adonan isi,saya salah membaca resep,saya menggunakan 200 gram kacang merah yang telah direbus. Alhasil adonan telah harum dan wangi namun kacang merah tak kunjung kering. Stok kacang merah saya hanya 400 gram yang telah lunak. Walau saya telah tambahkan dengan 200 gram lagi masih belum mengering sehingga saya tambahkan 2 sdm maizena untuk mengentalkannya.

Saran saya buatlah resep isi hanya 1/4 saja jika untuk dikonsumsi sendiri. Kacang merah saya banyak sekali sehingga saya kreasikan lagi menjadi Pai Kumbu. Tidak seperti Srikaya Bun Modern yang saya buat tanpa ring. Di Roti Kacang Merah saya menggunakan Ring Bulat agar bisa menghemat loyang kala dipanggang dan bentuknya bisa seragam. Pemula seperti saya sering sekali adonan tidak bulat merata, sehingga jika menggunakan ring. Adonan roti akan mengisi sesuai dengan wadahnya. Dan akan mengembang ke atas. Terlihat menul menul bukan? hehehe.  Lalu saya hanya membuat adonan resep 1/2 saja dari resep aslinya itu saja sudah 20 pcs lebih,  Kenyang dan puas kami menghabiskannya. Jika ingin membuatnya berikut ini resep Roti Kacang Merah.

Roti Kacang Merah 
Resep dari Buku  Kanaya Press "Resep Roti ala Bakery" Bakpao Kacang Merah dengan Modifikasi Seperlunya.

Bahan :
Bahan adonan roti :
400 gram terigu protein tinggi
200 gram terigu protein sedang
125 gram gula pasir
10 gram ragi bubuk
1.5 gram bread improver (saya skip)
15 gram susu bubuk
9 gram garam
200 ml air
2 butir kuning telur (resep asli 1.5 butir telur)
65 gram margarine

Bahan Isi:
400 ml air
50 ml santan
125 gram gula pasir
50 gram gula merah
52 lembar daun pandan
200 gram kacang merah mentah, rebus dan haluskan (Saya 450 gram Kacang Lunak, saya tambahkan 2 sdm maizena)
1/4 sdt garam

Topping:
50 gram gula bubuk
40 gram susu bubuk coklat
50 ml air
50 ml evaporated milk ( saya menggantinya dengan susu UHT)
100 gram terigu protein rendah misal kunci biru
1/8 sdt essens vanili
1/4 sdt pasta coklat (saya tidak pakai)

Cara membuat:
Adonan Isi : Campur semua bahan isi, masak dengan api kecil selama 20 - 30 menit sambil diaduk hingga mengering. Angkat dan sisihkan


Adonan Topping : Campur semua menjadi satu, kocok hingga tercampur rata. Masukkan ke dalam plastik segitiga

Adonan Roti :

Aduk rata terigu, gula, ragi bubuk, bread improver, susu bubuk hingga tercampur rata
Masukkan air dan telur hingga tercampur rata
Tambahkan margarin, garam aduk hingga rata. Saya memindahkan adonan ke atas meja dapur yang bersih lalu dengan kedua tangan uleni seperti kita mencuci baju manual dengan tangan. Jika menggunakan mixer aduk dengan kecepatan sedang hingga kalis.
Diamkan adonan selama 15 menit hingga mengembang. Kempiskan adonan, bagi adonan masing -masing sebesar 50 gram dan bulatkan.Tutup dengan plastik /serbet, diamkan kembali selama 10 menit

Ambil  adonan , giling setebal 2mm beli isi rapatkan kembali dan bulatkan. Susun adonan roti di loyang yang telah dipoles margarin.  Lakukan hal sama hingga adonan habis.Diamkan selama  60 -90 menit sampai mengembang

Beri topping dengan cara melingkarkan diatas roti seperti obat nyamuk
Panggang dalam oven suhu 180 oC . Harap kenali oven masing -masing. Oven saya menggunakan suhu pada termostart 200 oC, karena sudah tidak seakurat 5 tahun yang lalu.

Panggang sekitar 10 -15 menit. Sampai matang, ditandai dengan bagian bawah coklat /menguning dan atas kecoklatan.


Source
Kacang Merah besar wikipedia Kacang merah besar

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Lovealangan  Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.