Resep Ikan Baung Tempoyak

Ibuku suka sekali memasak dengan menggunakan tempoyak. Ikan yang dimasak tempoyak selain mudah, bumbunya gampang serta praktis. Praktis dalam arti ibu cukup memasak satu menu. Jika memasak menu lain ibu harus membuat sambal dan sayur bening/gulai maka jika hanya memasak tempoyak ibu tak perlu membuat sambal dan sayur lainnya. Cukup memasak ikan dengan tempoyak  bumbu pedas, dan menyiapkan lalapan ketimun, kemangi dan kubis maka anak-anaknya dijamin makan dengan lahap. 

Tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu, yaitu suku bangsa Melayu di Malaysia dan Indonesia yang terdapat di Sumatera dan Kalimantan. Setiap provinsi memiliki cara memasak tempoyak yang berbeda. Di Lampung ada sambal seruit yaitu membuat sambal saat akan dimakan dengan cara mengambil sedikit ulekan cabai dan sedikit tempoyak lalu dimakan begitu saja. Di Palembang tempoyak dimasak dengan bumbu cabai yang pedas seperti postingan ini. Seingatku di riau ada namanya Ikan Kacau Asam Cabe Ijo yaitu ikan masak tempoyak dengan bumbu cabe hijau. Semuanya saya suka. Kuliner tradisional yang cocok di lidah ndeso ini. 

Di Palembang kami membeli tempoyak di pasar. Tapi disini Lampung tengah saya membuat sendiri tempoyak dari pohon durian di belakang rumah. Membuat tempoyak cukup mudah yaitu dari daging durian, beri garam dan  masukkan dalam wadah plastik dan tutup lalu fermentasi selama beberapa hari.  Durian akan melunak dan berair dengan aroma durian asli berubah. Untuk mempercepat fermentasi biasanya ditambahkan cabai rawit utuh, namun saya khawatir kebablasan sehingga aroma berubah sehingga saya tidak pakai. Saya menyimpannya di dalam kulkas selama proses fermentasi (Jika mau lama) tetapi kalau perlu cepat fermentasikan dalam suhu ruang. Dan saat  telah jadi tempoyak baru  saya simpan di kulkas dalam wadah tertutup. 
Ini tempoyak bagi yang belum tahu
Kali ini postingan tentang Ikan Baung Tempoyak. Biasanya menggunakan patin, namun pak bos saya tak mau makan patin jadinya Baung yang jadi olahan. Ikan Baung Tempoyak ini memiliki citarasa pedas, asam dengan kuah kental yang berasal dari tempoyak. Olahan ini ada yang menyebutnya Ikan sambal tempoyak, ada hanya ikan masak tempoyak. Bisa dibuat sedikit encer, namun saya lebih menyukai jika kental. Tertarik mencobanya berikut ini resep Ikan Baung Tempoyak

Ikan Baung Tempoyak
Resep dari Ibu saya


Bahan :
Ikan Baung 500 gram ( Bisa diganti dengan jenis ikan lainnya)
2 sdm munjung  tempoyak (100 gram)
2 cm Lengkuas memarkan/geprek
1 pcs batang serai memarkan ikat simpul
2 pcs daun jeruk (buang tengah daunnya)
150 - 200 ml air  

Bumbu Dihaluskan:
8 pcs cabe merah
5 cabe rawit merah (optional, saya tidak pakai)
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2cm kunyit ( Bakar sebentar) kupas

Cara membuatnya:
  1. Bersihkan ikan hingga bersih. Hati-hati saat menyiangi ikan jangan sampai terluka dengan patil ikan. Hilangkan/buang darah yang terperangkap di tengah badan ikan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan tempoyak, serai dan daun jeruk aduk rata. Tambahkan air masak hingga mendidih masukkan ikan masak hingga kuah mengental. 
  3. Koreksi rasa. (Saya tidak menambahkan garam karena di tempoyak kandungan garam telah tinggi)
Notes : 
Takaran air disesuaikan saja dengan keinginan, jika ingin kental, masak agak lama, jika ingin encer tambahkan air lagi. Lama memasak ikan sekitar 10 menit. Jangan sering mengaduk ikan nanti ikannya hancur. Tempoyak yang dibeli di Pasar biasanya lebih berair dari yang dibuat sendiri. Saya tidak menambahkan garam karena tempoyak saya telah asin. 


Source:
Wikipedia-Tempoyak

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.