Proll Tape Pelangi

Yeay Masih tentang Rainbow /Pelangi. Sore kemarin aku lagu masak Mini Rollcake Rainbow lagi yang resepnya pernah kuposting sebelumnya Mini Rollcake Rainbow  tetapi pas bagian mengaduk warna thiya lagi main dengan teman -temannya sehingga tidak menemani ibunya memasak. Eh saat cake telah selesai dikukus dan thiya selesai bermain  lalu melihat sisa - sisa perabotan yang belum dibereskan ,menangislah dia sejadi -jadinya.

Rencana mau buat Proll Tape yang cukup diblender atau di aduk -aduk sebentar terpaksa ganti rencana demi memuaskan hasrat thiya mengaduk -aduk dan memberi warna. Jadilah Proll Tape dengan tekstur lembut, namun tidak seperti Cake Tape Singkong yang beremah. Proll ini lebih lembut dengan rasa tape yang kuat namun dibuat sedikit mengembang dibanding proll tape umumnya. Saya mengocok  telur  hingga putih sebelum kental  berjejak (saya lupa istilah bakingnya :) , ntar kalau inget saya revisi yaach. maaf pemula baking hehehe. Agar tidak terlalu mengembang ala cake. Saat Cake dipanggang akan mengembang dan kempis sedikit saat telah dingin. 

Proll Tape Rainbow 

 Bahan
300 gram tape singkong  (buang sumbunya)
75 gram gula pasir
1/2 sdt garam
3 butir telur
70 gram tepung terigu protein sedang
100 ml susu cair (saya dari 3sdm SKM campur air hingga 100 ml)
50 gram margarin leleh

Cara Membuat

  1. Remas -remas tape singkong hingga lunak dan buang sumbunya campurkan dengan susu cair aduk rata sisihkan
  2. Telur dan Gula dimasukkan dalam wadah lalu kocok hingga mengembang (gula larut dengan warna putih, kental dan jika diangkat pengaduk maka adonan akan jatuh ke sisi kiri atau kanan) atau sebelum  kental berjejak.
  3. Masukkan Terigu aduk dengan kecepatan kecil
  4. Masukkan mentega cair
  5. Masukkan adonan step 1 yaitu tape singkong
  6. Saya membagi adonan menjadi 5 bagian. Ambil 1/5 bagian adonan lalu beri pewarna aduk rata. Masukkan adonan tepat ditengah-tengah loyang. Masukkan 1/5bagian lagi beri pewarna lagi dan tumpuk adonan pertama dengan cara meletakkan adonan tersebut tepat ditengah-tengah loyang. Saya menggunakan loyang 15 x 11 x 8cm. 
  7. Panggang dengan suhu 180 oC selama kurang lebih 45 menit sampai matang. Lakukan test tusuk untuk mengecek kematangan cake.
  8. Angkat dan sajikan

 Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.