Perkedel Oncom Telur Puyuh

Saya ingat sekali dahulu saat masa-masa sulit keluarga saya tahun 1998 saat terjadi era reformasi, satu -satunya tempat ayah mencari nafkah yaitu pasar 16 ilir akan di rehabilitasi yang ujung -ujungnya terjadi kebakaran hingga toko /warung sembako ayah habis tak bersisa , baru akan bangkit terjadi kerusuhan mei 1998 hingga tidak hanya toko etnis tertentu tapi juga toko dan warung ayah. 

Kehabisan modal, ditambah krisis moneter memaksa keluargaku untuk menjual beberapa benda. Tidak hanya radio , tv Bahkan kain seragam sekolahpun dijual demi sesuap nasi. Ayah bekerja serabutan mulai dari kenek angkot, jualan layangan , hingga kuli bangunan. Dan dibagian rumah tangga terutama urusan perut ibuku harus kreatif mengatur menu bagaimana satu butir telur bisa dibagi 6, atau sepotong oncom bisa menjadi lauk yang sedap. :)

Walau masa itu telah lewat. Oncom tetap mengambil porsi kenangan di hati ini dan menjadi lauk yang sesekali menemani bersanding dengan aneka lauk saat santap siang.  Seiring perjalanan waktu Tempe Tahu Oncom tidak lagi menjadi makanan kelas bawah. Sebelumnya saya pernah posting tentang olahan Tumis Oncom Kemangi Klik Linknya disini Oncom Tumis Kemangi . Selain ditumis, Oncom juga enak dibuat perkedel bisa di isi telur puyuh, polosan atau suiran daging. Hanya saja oncom sangat menyerap  minyak.  Oleh karena itu pastikan untuk meniriskan dan melapisi dengan tissu makan untuk mengurangi minyaknya. 

Saya mencampur oncom dengan sepotong tempe, adonan lantas saya lumatkan setelah diberi bumbu. Dahulu bumbu hanya berupa tumisan bawang merah bawang putih sekarang bisa kita tambahkan bumbu kali ,rendang instan. Inilah perkedel vegetarian. Selain bergizi juga terjangkau kantong apalagi ditanggal tua. Perkedel oncom bisa dikreasikan dengan dan tanpa isian. Kreasikan bersama telur puyuh untuk meningkatkan kandungan gizi oncom dan masak dengan bumbu favoritmu. Bumbu Kari bisa dipadupadankan dengan oncom hingga menghasilkan perkedel oncom yang lezat Tertarik untuk mencobanya? berikut ini resep Perkedel Oncom Telur Puyuh

Perkedel Oncom Telur Puyuh

Bahan & bumbu perkedel oncom:
- 200 gram oncom (4 papan oncom)
- 50 gram tempe (1/2 papan tempe)
- 50 gram tepung terigu serba guna (saya menggunakan tepung bumbu homemade)
- 25 gram tepung panir (optional)
- 1 sendok makan bumbu kari bubuk siap pakai
- 1 batang daun bawang (ambil daunnya saja  rajang halus)
- 1 batang daun seledri (ambil daunnya saja  rajang halus)
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 siung bawang putih, haluskan (saya tidak menambahkannya karena tepung bumbu saya telah ada bawang putih bubuk)
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh garam
- Minyak untuk menggoreng
-Telur puyuh 8 -10 pcs (tergantung besar kecil bulatan) rebus dan kupas

Cara membuat
Panggang Oncom dan tempe  dengan teflon anti lengket dengan sedikit minyak,angkat lalu lumatkan saat masih hangat

Tumbuk tempe dan oncom  hingga setengah hancur, tidak perlu sampai halus. Masukkan semua bahan lainnya. Aduk rata hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk dan dikepal. Bentuk bulatan isi dengan telur puyuh rebus lalu rapikan.

Panaskan  minyak, goreng tempe hingga kuning kecoklatan.
angkat dan sajikan


selamat mencoba, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.