Pai Srikaya- Pai dengan sensasi Double Crunchy

Pai atau dalam Bahasa Inggris Pie merupakan makanan yang terdiri dari kulit pastry dengan isi yang beraneka ragam. Pai pertama dibuat secara sederhana dan umumnya dengan rasa gurih yang terdiri dari keju dan daging.

Kamus The Oxford English Dictionary melacak penggunaan kata “pie” pertama yang dikorelasikan dengan makanan pada 1303. Tercatat kata itu menjadi terkenal dan kian populer pada 1362. Isi pai dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. 

Pai susu dari Bali adalah kreasi oleh -oleh pertama kali pai mulai terkenal di Indonesia (atau saya kali ya). Menurut teorinya Pie susu diperkenalkan pertama kali pada 1940-an oleh Tengs cha Chaan di Hongkong. Pai susu diduga di adaptasi dari makanan asal Inggris Tart Custard atau teori lain yang mengatakan Pie Susu mirip  dengan pie susu asal Portugis itu memiliki nama pastel de nata. Tak mau ambil pusing darimana asal pai susu. Saya lagi-lagi menikmatinya saja gigit demi gigit Pai Susu.

Nah Kali ini saya memvariasikan Isian Pai dengan Srikaya. Srikaya Palembang dengan bahan utama santan, gula dan telur kali ini saya variasikan sebagai isian Pai. Namun putih telurnya saya hilangkan dan ditambahkan maizena untuk mengentalkan. Hasilnya adalah isian yang padat, harum,dan lezat. Tanpa ada bau amis dari telur. 

Pai Srikaya ini bertekstur crunchy yah. Dengan kulit pai yang renyah, lumer di mulut namun isian yang renyah. Sehingga saya menamainya Pai Double Crunchy. Next time biar warna nya menarik bisa diberi pasta pandan atau coklat ya.Oh ya saraan saya buatlah filling/isiannya terlebih dahulu agar saat dioven filling telah dingin.Tertarik dengan resep filling pai lainnya bisa klik disini Pai Kumbu atau disini Pai Brownies Tape Singkong.

Pai Srikaya - Pai Double Crunchy
Bahan kulit:
300 gr    mentega
2 sdm     gula halus
3 btr        kuning telur
500 gr    tepung terigu protein sedang

Bahan Isi:
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
50 gram maizena
100 gram gula pasir
5 kuning telur
1/8 sdt garam

Cara membuat
Adonan Isi : Campur semua bahan isi, masak dengan api kecil selama 20 - 30 menit sambil diaduk hingga mengental. Angkat dan sisihkan

Adonan Kulit Pai
Campur semua bahan menjadi satu, uleni hingga berbutir-butir. Satukan, kepal-kepal, gilas.
Cetak pada cetakan pie diameter 5cm yg sudah dipoles dengan mentega.  Saya mengambil 40 gram adonan lalu saya pipihkan pada cetakkan pai. Ambil Garpu lalu tusuk -tusuk dasar pai.

Masukkan adonan  ke kulit pai. Beri topping sesuai keinginan.
Panggang dalam oven dengan suhu 180 oC hingga matang.
Sajikan

Source
Menikmati sejarah kue Pai- Historia
Asal mula sejarah pie susu - oleh-oleh khas Bali

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.