Pai Kumbu

Kumbu merupakan makanan traditional khas Palembang yang berbahan dasar kacang merah. Dahulu kumbu di jual dengan bentuk persegi panjang. Adonan kumbu dimasukkan ke loyang lalu di potong - potong lantas dijual satuan. Kumbu, Srikaya ketan, Pempek Pistel talam lapis wajik  dll adalah makanan hari -hari yang dijual di pasar tradisional.  Namun tidak seperti pempek yang masih lestari hingga sekarang. Kumbu tidak banyak dijual lagi.

Ada toko bakery di palembang yang menjual kumbu dan dikombinasikan dengan pai. Saya suka membelinya. Menyantap Kumbu mengingatkan saya akan almarhum nenek saya (nyai). Dulu untuk menghidupi anak -anaknya. Nyai saya menjual aneka jajanan pasar, kumbu salah satu jualannya dan nia kecil akan membantu melipat daun nagosari, lepet dan juga menghabiskan sisa-sisanya kue yang kurang cantik. Semoga Allah melapangkan kuburmu nyai :)

Beberapa hari yang lalu membuat Roti Kacang merah dan karena kebanyakan membuat isiannya sehingga saya mempadupadankannya dengan kulit Pai. Enak Loh. Renyahnya pai berpadu dengan Kacang merah yang gurih manis begitu. Harumnya bikin seantero rumah mencium aromanya. Jika tertarik dengan resep roti kacang merah berikut resepnya Roti Kacang Merah . Kulit Pai ini diambil dari Web NCC Pai Susu .

Kumbu yang berasal dari kacang merah cocok dimakan tidak hanya ibu hamil, ibu menyusui namun juga anak -anak dan orang dewasa tanpa ada alergi kacang-kacangan. Karena Kacang merah mengandung asam folat, asam glutamat 1323 mg, asam aspartat 1049 mg, lysine 595 mg, leucine 693 mg, arginin 537 mg, serine 472 mg, prolin 368 gram, glycine 393 mg, dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya. Olahan kacang merah selanjutnya adalah es kacang merah Segera saya posting untuk resepnya. 

Ini resep pai kedua dengan filling berbeda. Sebelumnya saya memposting Pai Brownies Tape Singkong berikut link nya Pai Brownies Tape Singkong. Sepertinya akan banyak resep Pai dengan filling yang berbeda. Semoga nggak bosan yach dan semoga menjadi inspirasi untuk teman -teman semua.  Saran saya jika akan membuat pai kumbu buatlah isiannya terlebih dahulu. Jika menggunakan presto melunakkan Kacang merah akan membutuhkan waktu 10 -15 menit, tanpa presto akan berjam-jam. Berikut resep Pai Kumbu

Pai Kumbu
Bahan
Bahan kulit:
300 gr    mentega
2 sdm     gula halus
3 btr        kuning telur
500 gr    tepung terigu protein sedang

Bahan Isi:
400 ml air
50 ml santan
125 gram gula pasir
50 gram gula merah
52 lembar daun pandan
200 gram kacang merah mentah, rebus dan haluskan (Saya 450 gram Kacang Lunak, saya tambahkan 2 sdm maizena)
1/4 sdt garam

Cara membuat kulit pai:
Campur semua bahan menjadi satu, uleni hingga berbutir-butir. Satukan, kepal-kepal, gilas.
Cetak pada cetakan pie diameter 5cm yg sudah dipoles dengan mentega.  Saya mengambil 40 gram adonan lalu saya pipihkan pada cetakkan pai. Ambil Garpu lalu tusuk -tusuk dasar pai.

Cara membuat:
Adonan Isi : Campur semua bahan isi, masak dengan api kecil selama 20 - 30 menit sambil diaduk hingga mengering. Angkat dan sisihkan

Penyelesaian
Masukkan adonan ke kulit pai secara hati -hati. Ratakan. Panggang dalam oven dengan suhu 180 oC hingga matang.
Sajikan



Source
Kumbu -Wikipedia Indonesia Kumbu
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.