Pai Brownies Tape Singkong

Hampir sama seperti roti yang bisa di isi filling apapun. Pai  /pie pun begitu. Bentuk yang kecil dan simple bisa dimakan sekali gigitan. Isiannya pun beragam. Mulai dari Manis, Asin Hingga gurih. Yang manispun bisa di variasikan dengan banyak versi. 

Jika dahulu saya hanya mengenal Pai Susu. Pertama buatpun menggunakan resep Pai Susu NCC. Lalu sekarang bervariasi dengan aneka topping sesuai isi kulkas. Pai Kumbu, Pai Srikaya dan Pai Brownies Tape Singkong saya buat berbarengan untuk cemilan thiya dan Alhamdulillah thiya suka. 

Kulit pai di ambil dari resep Pai Susu NCC Pai Susu'. dan isiannya kali ini menggunakan resep Brownies Tape Singkong yang berasal dari Majalah Saji atau Sedap beberapa tahun yang lalu. Kebiasaan saya sejak SMA jika ada resep yang saya suka, saya tulis di buku atau di kliping jika itu dari koran. Kulit pai renyah berpadu dengan tape singkong yang coklat banget akan menjadi favorit anak -anak, bahkan orang dewasa sekalipun.  Berikut resepnya

Pai Brownies Tape Singkong

Bahan kulit:
300 gr    mentega
2 sdm     gula halus
3 btr        kuning telur
500 gr    tepung terigu protein sedang

Bahan Brownies Tape Singkong :
200 gram coklat masak (lelehkan)
100 gram margarin
200 gram gula pasir (Kurangi jika tidak suka manis)
3 butir telur
100 gram tepung terigu protein sedang (misal segitiga biru)
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
200 gram tape singkong (buang sumbunya, lumatkan)
100 ml santan kental

Topping
Gula warna warni
Kismis
Almold Slice dll

Cara membuat kulit pai:
Campur semua bahan menjadi satu, uleni hingga berbutir-butir. Satukan, kepal-kepal, gilas.
Cetak pada cetakan pie diameter 5cm yg sudah dipoles dengan mentega.  Saya mengambil 40 gram adonan lalu saya pipihkan pada cetakkan pai. Ambil Garpu lalu tusuk -tusuk dasar pai.

Lakukan pada semua adonan hingga habis
Sisihkan.

Cara membuat Brownies Tape Singkong
  1. Cacah Coklat, masukkan ke mangkok lalu tim dengan api kecil. Jika sudah setengah meleleh matikan api. Sisihkan. Jika telah dingin campurkan dengan santan dan tape singkong Sisihkan
  2. Kocok margarin dan gula sampai lembut, tambahkan telur satu persatu sambil dikocok
  3. Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata, tambahkan garam
  4. Tuang campuran tape singkong ke dalam wadah kocokan telur. Aduk rata
Penyelesaian

Masukkan adonan ke piping bag untuk di tuangkan ke kulit pai ( saya menyendok perlahan -lahan ke kulit pai). Beri topping sesuai keinginan. 
Panggang dalam oven dengan suhu 180 oC hingga matang. 
Sajikan



Semoga bermanfaat
The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.