Otak Otak Palembang dengan cuka merah

Saya lagi kangen palembang, kangen makan otak -otak di depan toko sumber mas. Otak -otak disana enak sekali. Number one. Otak otak yang dijual kokoh dengan kacamata tebal memiliki ukuran yang kecil dan sekali makan dengan harga yang lumayan. Lumayan bikin kantong jebol kala makan 10 pcs. Wkkwkw. 

Berbekal buku Ny.Liem saya membuat otak -otak setelah sebelumnya gagal dengan mencoba resep yang ada di facebook. Otak otak ini gurih dengan komposisi yang pas. Rasanya hampir  sama dengan yang suka saya makan. Walau saya akui masih enakkan otak -otak yang dijual kokoh setelah toko sumber mas lorong Megaria palembang. Namun lumayan mengobati rasa kangen sama kuliner satu ini.  Saya menggunakan ikan giling parang -parang. Bisa menggunakan daging ikan lainnya. Jika tidak ada FP blender ikan dalam keadaan setengah beku. Cuko merah berasal dari Tauco. Cuci bersih tauco sebelum digunakan untuk membuang rasa asin pada tauco. Kita hanya menggunakan kedelai fermentasi di tauco. Berikut resepnya

Otak -Otak Palembang dengan cuka merah

Resep dari Buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Otak-Otak

Untuk sekitar 20 buah otak-otak

Bahan:
- 300 gram ikan giling, bisa menggunakan ikan tengiri, kuwe, kakap,gabus atau ikan dengan daging berwarna putih lainnya
- 1 butir telur
- 100 - 150 gram tepung sagu
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 3 siung bawang merah, rajang halus(resep asli tidak ada)
- daun pisang secukupnya
- 150 - 200 ml santan kental

Bumbu:
- 1 sendok teh ketumbar
- 3 butir bawang merah
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam

Bahan & bumbu saus tauco:
- 5 butir cabai merah
- 2 sendok makan tauco, tiriskan
- 4 butir bawang putih, haluskan
- 150 ml air
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan cuka

Cara membuat
Siapkan mixer, masukkan ketumbar, merica, daun bawang dan bawang merah, telur,  ikan giling dan 200 ml santan, mixer hingga semua bahan halus dan berbentuk pasta. Jika tidak mau menggunakan mixer tetapi ikan menggunakan ikan giling. Aduk rata saat ikan setengah beku dengan menggunakan spatula hingga berbentuk pasta. Menggunakan mixer untuk memastikan ikan dan santan bercampur rata

Tuangkan ke dalam mangkuk, tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Gunakan Spatula,jangan menggunakan tangan karena akan terjadi transfer panas sehingga adonan liat dan keras

Masukkan garam, kaldu bubuk, gula dan bawang, jika adonan terlihat masih keras, tambahkan sedikit santan. Aduk hingga menjadi adonan yang tercampur rata dan kental.  jika adonan masih terlalu encer tambahkan sedikit sagu, jika melebihi takaran resep masukkan ke freezer agar sedikit set.  

Cicipi rasanya koreksi, Masukkan ke dalam daun pisang dan bentuk lonjong seperti membuat lontong. Pisau di layukan terlebih dahulu bisa dilakukan dengan melewatinya pada api di kompor atau dengan mengukusnya sebentar. Panggang Otak-otak dengan api sedang hingga matang. 


Angkat dan sajikan dengan saus tauco  yummy. Sedap sekali. Kangen pun terobati

Saus tauco:
Campur semua bahan saus tauco kecuali cuka di dalam panci kecil, rebus hingga mendidih dan matang. Angkat dan masukkan cuka, aduk rata.


Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.