Mini Roll Rainbow

Kumpulan kreasi resep di buku akhirnya berguna juga. Beberapa tahun yang lalu ramai-ramai membuat mini roll cake ini di grup kuliner fb NCC. Saat itu belum ada Thiya jadi mencoba membuat rainbow cake hanya untuk mengikuti tren. Eh sekarang ada anak 3y mau cakenya berwarna warni jadilah ibunya ini membuat cake 2 hari sekali dengan warna warni rainbow. 


Thiya akan meneteskan pewarna dan mengaduknya. Bagian ini dia suka sekali, jika dicegah bakal nangis bombay deh. Lebay. Tips membuat mini roll rainbow ini adalah alasi loyang dengan kertas baking /kertas minyak dibawah dan pinggir loyang agar adonan menempel di kertas dan dinding loyang dan tidak mengecil dari ukuran semula. Lalu kukus sampai adonan tidak menempel saja. Jangan kelamaan nanti akan saat dilapisi dengan adonan berikutnya tidak mau menempel dan terbentuk gelembung /seka antar lapisan. Jika terlalu sebentar nanti warna akan menempel. Seperti Layer hijau saya yang matangnya belum sempurna sehingga sebagian menyatu. Pastikan panas kompor merata ya.

Mini Rollcake Rainbow yang dibuat sendiri tentu sangat disukai anak kecil dan membuat ibu tenang karena mengetahui kandungan dan komposisi bahan. Rasanya lembut, begitu moist dan filling sehat tentu aman dikonsumsi siapapun terutama anak -anak

Resep saya pakai punya Mbak Sif Oi yang menjadikan roll cake imut ini kondang di seantero jagat perbakingan nusantara. Saya hanya menggunakan setengah resep saja karena kukusan saya kecil sehingga loyang 22 x 22 cm nggak muat di kukusan saya. Karena saya menakar /membagi layar pertama terlalu sedikit sehingga ada kelebihan adonan dan saya warna hijau lumut. Sedikit menyimpang dari pakemnya rainbow harap maklumnya. Berikut resepnya

Mini Rollcake Rainbow 


Resep dari mbak  Sif Oi di Grup Fb Natural Cooking Club

Bahan A:
- 300 gr gula pasir
- 12 kuning telur
- 8 putih telur
- 2 sdt sp

Bahan B, (campur rata semua bahan) :
- 160 gr tepung terigu
- 40 gr tepung maizena
- 1 sdt vanili
- 1/2 sdt garam

Bahan C:
200 ml minyak sayur

Cara Membuat:

1. Siapkan loyang kotak ukuran 22x22x6 cm, olesi bagian dasar loyang dengan minyak goreng, beri alas kertas roti dan oles kertas roti dengan minyak goreng. Untuk bagian tepi atau sisi2 loyang tidak usah diolesi minyak goreng, agar bolu kukus setelah matang tetap menempel di loyang sehingga tidak menyebabkan penyusutan ukuran bolu kukus.

2. Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi putih dan kental (soft peak), jika baling2 mixer diangkat keatas adonan tidak mudah jatuh.

3. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit hingga habis tetap dengan menggunakan mixer kecepatan rendah.

4. Tuangkan bahan C dan mixer kembali dengan kecepatan rendah hingga adonan benar - benar tercampur rata.

5. Bagi adonan menjadi enam bagian dalam mangkok-mangkok kecil, beri pewarna makanan merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu sesuai selera. Saya mengambil 6 sendok nasi adonan lalu saya masukkan ke 1 mangkok dan diberi pewarna. Saya hanya menggunakan 1 mangkok.

6. Tuangkan adonan ungu ke loyang, ratakan & kukus selama 10 menit, tuangkan adonan biru, ratakan, kukus lagi, selanjutnya hijau, kuning, orange & merah. Kukus selama 15 menit sampai matang, matikan api, biarkan di kukusan selama 10 menit.

7. Keluarkan dari loyang, potong memanjang setebal kurang lebih 3-4 mm, olesi selai/filling sesuai selera, gulung rapi.

Note :
gulung rollcake pada saat hangat setelah diolesi filling.
memotong cake jangan terlalu tebal, setengah cm maksimal, agar cake tidak pecah pada saat digulung.

Untuk filling bisa menggunakan butter cream, coklat glaze atau selai. Saya menggunakn selai mangga yang saya posting sebelumnya. Ini resep selai mangga homemade klik disini Selai Mangga Homemade 


Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.