Manisan Belimbing Wuluh

Olahan Belimbing Wuluh kali ini adalah Manisan Belimbing Wuluh yang sukses mendapatkan 4 jempol dari ayah thiya. Alhamdulillah. Tips membuat manisan belimbing wuluh adalah Hilangkan cuka asam yang terkandung di dalam belimbing wuluh dengan cara  diberi dengan garam lalu ditiriskan. 
Percobaan pertama saya lakukan tanpa menghilangkan kandungan cuka asam pada belimbing, alhasil manisan saya kecut setelah lewat 2 jam. Setelah di beri gula, manisan akan enak. Namun  lama kelamaan akan muncul rasa asam , kecut dan saya khawatirkan dengan lambung dan usus jika terus di konsumsi. Makanya saya nilai percobaan pertama gagal total.


Melihat belimbing wuluh yang berguguran ke tanah tanpa bisa diolah membuat hati ini sedih. Akhirnya mencoba membuat lagi. Hasil melihat blog mbak endang Manisan Belimbing Wuluh  semangat saya terpompa lagi. Namun diresep menggunakan manisan Kiamboy. Saya nggak ada, membelinya secara online akan terasa berat di ongkir. Ongkir ke Perum GPM Lampung Tengah Rp.43.000 dari Jakarta. Mahallah ongkir dari harga manisan kiamboynya. Promo feeongkir salah satu marketplace nggak berlaku untuk daerah saya. Yaa Sehingga saya menghilangkannya dan memodifikasi resepnya. Ternyata Hasilnya enak loh. Rasa belimbing wuluh yang asam, manis dan pedas bercampur jadi satu. 



Manisan Belimbing Wuluh saya buat tanpa rasa pedas pada kuah nya. Namun jika akan menyajikannya untuk suamiku, saya akan menambahkan sedikit cabai bubuk. Manisan Belimbing Wuluh ini harus di simpan di kulkas bersama dengan air gulanya. Manisan saya simpan dibagian pintu kulkas dan sudah 2 minggu masih sama enaknya dengan saat pertama saya membuatnya. Tertarik untuk membuatnya, Berikut Resepnya

Manisan Belimbing Wuluh

Bahan:
- 1 kg buah belimbing wuluh
- 3 sendok makan garam (resep asli 2 sendok makan)
- 300 gram gula pasir
-  300 ml air (resep asli tidak ada)
- 10 butir manisan kiamboy hitam (saya tidak pakai)

Cara membuat:
Siapkan belimbing wuluh, cuci bersih. Buang bagian pangkalnya, belah menjadi 4 bagian. Jika bijinya terlihat kehitaman atau terlalu besar maka buang bagian tengah buah yang berisi biji dengan cara mengiris /mencongkelnya. Biarkan biji jika buah masih muda.

Letakkan irisan buah ke dalam mangkuk plastik yang cukup besar, jangan menggunakan panci alumunium karena cairan buah yang asam menyebabkan proses pengikisan Alunimium pada panci menjadi lebih cepat dan lama  kelamaan menimbulkan lubang pada panci. Taburkan 3 sendok makan garam, aduk hingga rata. Hingga semua permukaan buah terlumuri garam dengan baik. Diamkan minimal 2 jam (saya mendiamkannya semalaman).

Cuci bersih buah beberapa kali dengan air hingga garam hilang dan buah menjadi tidak terlalu asin. Saya mencucinya dengan air mengalir menggunakan wadah peniris sayur. Rendam sebentar dengan air matang untuk bilasan air yang terakhir. Tiriskan

Saya membuat simple sirup dengan perbandingan 1:1 (gula dan Air). lalu masukkan Belimbing wuluh lalu diamkan minimal 4 jam. Buah belimbing wuluh akan mengeluarkan air yang sangat banyak sehingga ada kuahnya. Kuah nya bisa dijadikan syrup belimbing wuluh. Penggunaan Kiamboy akan membuat warna air manisan menjadi keruh keputihan karena bedak yang melumuri permukaan manisan.  Saya tidak menggunakan Kiamboy sehingga warna kuah saya bening.

Tuangkan ke dalam stoples kaca atau tupperware, simpan di kulkas, siap disantap.


Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love
Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.