Chicken Kiev

Ada satu lagi olahan ayam berupa ayam gulung. Resep ini berasal dari olahan Negara Rusia yang mengadaptasi kuliner amerika dengan citarasa lokal. Daging Ayam dibalut dengan mentega berbumbu. Saat chicken kiev berbalut tepung panir ini selesai digoreng saat dipotong maka akan keluar dari tengah ayam mentega berbumbu yang meleleh. 

Saran saya gunakan mentega pada bumbu. Agar rasa ayam lebih milky, juicy dengan wangi harum yang menggoda. Tetapi jika tidak ada pakai margarinpun tidak mengapa hanya saja rasanya sedikit berbeda. Tidak seperti Chicken Cordon Blue yang saya kukus sebelumnya. Chicken kiev saya  masak tanpa dikukus. Untuk itu pastikan di goreng dengan metode deep frying dengan api kecil. Hal ini bertujuan agar ayam masak sampai kedalam. Chicken kiev ini merupakan salah satu olahan frozen food. Sehingga jika ingin menyetoknya dalam jumlah banyak sangat mungkin. Hanya saja pastikan di deforst (disuhu ruangkan) ayam saat akan digoreng. 

Tertarik untuk mencobanya berikut resep Chicken Kiev.

Chicken Kiev


Resep di adaptasi dari Buku Homemade Frozen Food Cara praktis dan Sehat mengawetkan makanan di rumah karya Yuyun Alamsyah

Bahan:
- 2 potong dada ayam tanpa kulit
-1 butir telur dikocok
-100 gram tepung roti
-100 gram mentega (resep asli margarin)

Bumbu untuk dibekukan
- 1 sdt daun ketumbar kering bubuk
- 1sdt bwang putih bubuk
- 1/2 sdt merica bubuk
-1 sdt garam
-100 gram mentega (jika menggunakan mentega salted maka hilangkan pemakaian garam)

Bumbu Pelapis
- 100 gram terigu untuk lapisan
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1 sdt bawang putih bubuk
(campur semua bumbu pelapis ,aduk hingga rata)

Pelengkap:
- Wortel potong korek api secukupnya untuk salad
- Kentang goreng atau kentang tumbuk
- Saus mayonnaise
- Saus sambal dan saus tomat botolan

Cara membuat:

  1. Campur bumbu dan mentega. Ratakan pada aluminium foil dan bentuk persegi panjang. Bekukan sampai kaku sisihkan
  2. Siapkan dada ayam, belah membujur menjadi dua bagian dengan menggunakan pisau yang tajam, jangan sampai putus, sisakan bagian sisi sebelahnya. Tips agar dada tidak sobek dan berlubang: iris sedikit demi sedikit dengan ujung pisau, agar kita bisa mengira-ngira ketebalan irisan. 
  3. Potong mentega berbumbu, letakkan di tengah potongan ayam, gulung jaga jangan sampai mentega terlihat dari luar. Rapatkan. Saya merapatkannya dengan bantuan plastik wrap. Masukkan ke freezer sebentar agar set.
  4. Gulingkan dalam terigu berbumbu lalu masukkan dalam kocokan telur dan lapisi tepung roti sampai rata.
  5. Jika untuk stok frozen food tata dalam nampan dan bekukan selama 3 -4 jam. Setelah beku kemas dalam wadah tertutup
  6. Jika akan disajikan, goreng atau panggang dalam oven. Goreng dengan api kecil dalam minyak yang banyak. Masak hati-hati jangan sampai dalamnya masih mentah.
  7. Angkat dari penggorengan dan tiriskan. 

Penyajian: Selagi panas potong-potong chicken kiev, letakkan di piring saji, beri irisan kentang goreng atau mash potato Sajikan dengan saus mayonnaise dan saus sambal jika suka. Paling sedap makanan ini dimakan selagi panas, ketika menteganya masih terperangkap didalamnya ayam. So yummy!

Source
Chicken Kiev -Wikipedia
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.