Chicken Cordon Bleu

Sebel makan Chicken Cordon Bleu atau aneka makanan frozen yang matang diluar mentah di dalam? atau pernah merasakan makan olahan ayam lainnya yang disajikan dengan tampilan luar menarik namun saat dipotong daging masih berwarna kemerah-merahan?. Jika mendapatkan pengalaman seperti ini kita bisa komplain ke petugasnya dan biasanya akan diberi berbucket bucket ayam olahan oleh manager resto tersebut. Sebagai wujud permintaan maaf

Pengalaman seperti itu tidak lantas membuat saya kapok makan ke resto tersebut. Nyatanya promosi besar -besaran serta sales after service karena melakukan kesalahan untuk kasus saya karena makanan tidak di deforst / disuhu ruangkan sampai cair) terlebih dahulu nyatanya bisa meluluhlantakan kesal, sebal dihati ini. Ntah darimana petugasnya tahu alamat rumah saya, hingga berbucket bucket ayam fried chicken akan dihantarkan ke rumah saya. Enak enak enak. 

Kembali ke Chicken Cordon Bleu yang saya posting ini. Tiba -tiba kok kangen ya makan-makanan ala Western itu. Buat sendiri ajalah. mau pesan juga jauh. Toh semua bahan ada dikulkas Smoked Beef, Keju slice dan ayam. Dari 1 ekor ayam saya mengambil bagian dadanya saya dan mendapatkan 4 bagian dada ayam. Tiap bagian dada ayam di rendam dengan bumbu perendam lalu pukul-pukul agar tipis dan di beri Smoked beef ukuran 13 x13 cm. Jika menggunakan beef peproni bisa gunakan sebanyak 2 pcs untuk isian dan 1 lembar slice keju. Bisa ditambahkan keju mozarella,saya tidak menggunakannya. Gulungan ayam lantas saya kukus sebentar agar saat digoreng matang merata Baiklah Lets go cooking. 

Chicken Cordon Bleu 

Resep di adaptasi dari Tasty Crispy Cream Cordon Bleu

Bahan 
- 1 buah ayam. Fillet bagian dada ayam menjadi 4 bagian tanpa kulit
- 4 lembar smoked beef, 
- 4 lembar keju Kraft lembaran
- Tepung panir secukupnya untuk melumuri ayam
- Minyak goreng

Bumbu perendam ayam:
- 1 sendok teh kecap asin
- seujung kuku garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1 butir bawang putih cincang halus
- 1 ruas jahe cincang halus (resep asli tidak ada)

Pencelup, kocok jadi satu:
- 1 butir telur ayam
- 1 sendok makan tepung terigu

Pelengkap:
- Wortel potong korek api secukupnya untuk salad 
- Kentang goreng atau kentang tumbuk
- Saus mayonnaise
- Saus sambal dan saus tomat botolan

Cara membuat:
Siapkan dada ayam, bagi menjadi 4 bagian. Masing -masing dada ayam kiri dan kanan sebanyak 2 bagian.  belah membujur menjadi dua bagian dengan menggunakan pisau yang tajam, jangan sampai putus. Rendam dada ayam dengan bumbu perendam selama + 15 menit. 

Potong plastik wrap seukuran kertas A4, Saya menggunakan plastik ukuran 3kg lantas saya potong kiri dan kanan. Masukkan dada ayam ditengah tengah pukul pukul hingga daging ayam tipis sekitar 1/2cm beri smoked beef dan 1 keju Kraft . Dengan menggunakan plastik Tutup fillet ayam hingga rapat. Rapikan hingga bagian isi benar-benar tertutup daging ayam. Bungkus seperti membuat lontong. Masukkan ke Freezer 30 menit

Lepaskan Plastik,celupkan ke kocokan telur lalu kukus. Masak agar ayam matang sekitar 10 menit. Angkat dan dinginkan
Celupkan ayam ke bahan pencelup (telur kocok + tepung terigu) hingga seluruh permukaan ayam terlumuri oleh telur. Gulingkan ayam ke tepung roti/tepung panir sambil di tekan-tekan agar tepung roti menempel di daging ayam. Pastikan seluruh bagian ayam tertutup dengan tepung roti. 

Goreng hingga berwarna kecoklatan. Tidak perlu dengan menggunakan metode deep frying karena ayam telah matang sebelumnya. 

Yummy


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.