Cake Super Coklat Pisang (Banana Chocolate Cake)

Saya pulang dari pasar dengan membeli 2 sisir pisang. 1 sisir pisang kepok dan pisang ambon. Kebetulan saya pilih pisang ambon yang matang biar bisa di olah menjadi cake super coklat pisang sampai di depan rumah, di teras depan telah tergeletak 1 sisir pisang ambon besar -besar dari tetangga. Saya cuma bisa nyengir kuda sambil menatap suami :) kala mengambilnya

Segera saja, saya olah pisang yang telah dibeli menjadi 2 loyang Cake Super Coklat Pisang. Cake dengan rasa cokelat yang nendang dengan tambahan sensasi pisang. Mirip dengan Brownies Pisang atau memang sama tapi penamaan yang berbeda. Pertama tahu resep ini dari blog Just Try and Taste Cake Super Coklat Pisang  lalu jalan-jalanlah ke Recipe Joy of Baking sumber utamanya. Akan banyak kreasi cake dari website itu sepertinya :). Pisang yang diberi akan saya kreasikan cake lainnya. Ada banyak resep yang perlu di eksekusi. hehehe :)
Cake pisang dengan rasa coklat yang nendang abis, ditambah garnacenya pun coklat. Super duper enak. Ingat -ingat timbangan saja saat memakannya :), Tapi 1 potong  nggak masalah kan. Sisanya jangan sampai ketahuan wkwkw. Baiklah ini dia resepnya Chocolate Banana Cake atau Cake super Coklat Pisang.
Cake Super Coklat Pisang

Resep dari Joy Of Baking Chocolate Banana Cake 

Bahan:
- 245 gram tepung terigu serba guna/protein sedang
- 300 gram gula pasir (resep asli 400 gram)
- 75 gram coklat bubuk, gunakan yang kualitasnya baik
- 2 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh
- 1/2 sendok teh vanili bubuk atau 1 sendok teh vanilla extract
- 1/2 sendok teh garam
- 2 butir telur ayam ukuran besar
- 400 gram pisang kepok/pisang raja/pisang ambon (kira-kira 5-6 buah pisang ukuran sedang), lumatkan dengan garpu
- 240 ml air hangat
- 120 ml susu cair
- 120 gram mentega/margarine cair atau bisa menggunakan minyak sayur

Coklat ganache:
- 200 gram coklat masak blok
- 150 ml krim kental
- 1 sendok makan atau 14 gram mentega

Cara membuat:

  1. Panaskan oven, set disuhu 180'C. Letakkan rak kawat di tengah oven. Olesi loyang segi empat ukuran 22 x 22 cm dengan margarine dan taburi dengan tepung atau alasi dengan kertas minyak. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung, gula, garam, baking powder dan vanili bubuk. Aduk rata. Sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk besar lainnya, tuangkan air hangat, mentega cair dan susu cair ke dalam mangkuk, aduk hingga tercampur rata. Jika air masih terlalu panas, biarkan sejenak hingga mendingin agar telur tidak matang. Masukkan telur ke dalamnya dan aduk dengan spatula balon hingga tercampur baik. Tambahkan lumatan pisang, aduk rata.
  4. Masukkan campuran tepung terigu dan coklat ke dalam larutan susu dan mentega, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 40 - 45 menit atau hingga adonan tidak menempel ketika lidi kita tusukkan ke tengah cake. Keluarkan dari oven dan biarkan mendingin sejenak di loyang + 10 menit. Keluarkan dari loyang, balikkan cake di rak kawat dan lepaskan kertas minyak yang melekat secara hati-hati, biarkan cake benar-benar mendingin sebelum kita oleskan ganache.

Coklat ganache sebagai toping
  1. Siapkan mangkuk stainless steel, masukkan coklat blok yang telah dipotong-potong ke dalamnya. Panaskan krim kental, dan mentega dengan cara di tim (bisa menggunakan microwave) hingga mentega larut. Begitu krim mendidih, angkat dan langsung tuangkan ke coklat blok, biarkan selama 5 menit.  Aduk hingga coklat meleleh dan menjadi satu adonan yang kental dan smooth.
  2. Jika ganache telah benar-benar dingin, kocok menggunakan hand mikser atau kocokan kawat hingga lembut dan mengembang. Kemudian ratakan ganache di atas permukaan cake. Biarkan ganache mengeras.
  3. Potong-potong cake dan siap disajikan.

Jika membuat ganache merepotkan /terkendala krim kental bisa menggunakan glaze instan yang banyak dijual di tbk, atau skip saja penggunaannya. Cake sudah banyak menggunakan coklat. sudah enak banget

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.