Bolen Pisang dan Puff Pastry Homemade

Kalau lagi pingin sekali makan bolen pisang renyah lumer di mulut seperti kartika Sari namun lagi lagi karena tempat tinggalmu tak terjangkau bakery ternama atau gojek atau grab maka lagi lagi kamu harus membuatnya sendiri :). Nanti kalau ke kota kita beli yaa nak agar kamu bisa merasakan citarasa pastry yang sebenarnya, ibu mu ini masih amatiran.

Membuat Pastry sendiri memang gampang gampang susah. Seingat saya, saya telah menggilasnya berkali kali lebih dari 5x setiap layernya namun tetap saja saat di potong bagian bawah kurang renyah terutama pada lipatan kulit pastrynya. Untuk bagian atasnya sudah pas renyahnya. Saya telah 3 kali mencobanya namun hasilnya masih sama saja. Kulit pastrynya tidak sesuai harapan saya, namun sudah mengobati rasa kangen saya. Saya akan mencari resep -resep lainnya yang mungkin saja lebih enak dan mudah.


Boleh pisang ini saya buat berdasarkan resep mbak Poppy Rifai dari Grup Fb Natural Cooking Club yang beberapa tahun lalu di sharing dan saya catat dibuku resep saya. Kali ini saya menggunakan korsev (Mentega untuk Pastry) .Saya beberapa kali mencobanya, masalah saya cuma di layer yang belum ok. Tidak terbentuk layer merata di segala sisi. PR besar untuk saya.
 

Hasil membaca cara membuat puff pastry adalah gunakan meja marmer agar mentega tidak mencair dan menyatu dengan adonan Karena jika mentega mencair maka akan berubah menjadi minyak dan meresap ke dalam tepung, ujung-ujungnya pastry susah mekar., suhu kerja harus sejuk dan menjauhi oven serta jangan Terlalu banyak menggilas dan menarik adonan sehingga akan membuatnya elastis,dan  pastry menjadi bantat, kurang berlapis-lapis. Dan ketiga tips di atas saya kerjakan semua sehingga menghasilkan bolen saya kurang renyah, Cocok. Kapok? Nggaklah. 

Membuat Bolen pisang ini benar benar harus mempersiapkan mood yang banyak dan perlu menjauhkan thiya dari dapur kalau nggak sepertinya kasus gagal akan tetap berulang (alasan mode on). Biasanya bagian atas saya tambahkan keju parut, nah karena untuk thiya dan kawan -kawannya saya membentuk seperty doggy hehehe. chocochip untuk mata dan kismis untuk mulut. Maksa banget ya nak. heheeheh

Bolen Pisang dengan cara di panggang dan menggunakan pastry akan menghasilkan bolen renyah ,dan rapuh dengan kulit yang berlapis lapis. Buat sendiri selain lebih sehat juga hemat. Bagi yang ingin membuat bolen pisang ini berikut resepnya, males buat Puff pastrynya bisa menggunakan puff pastry instan ya. Ini dia si Bolen Pisang dan Puff Pastry Homemade

Bolen Pisang dan Puff Pastry Homemade
by Poppy Rifai


Bahan 1 :
Terigu protein sedang 320 gram
1/4 sdt garam
30 gram gula pasir ( saya menggunakan gula pasir halus)
1 butir telur
80 ml air suhu runag
15 gram margarin
80 gram mentega 

Bahan 2 : 100 gram korsev
Isian : Meises, pisang potong -potong

Topping : parutan keju /meises /chocolatechip

Cara membuat :
  • Campur semua bahan 1, uleni sampai kalis lalu diamkan selama 30 menit
  • Gilas adonan memanjang, lipat seperti amplop , gilas memanjang lipat 3. 
  • Gilas memankang lagi lipat 3 ulangi proses ini sebanyak 3 kali
  • Gulung tipis, potong seukuran yang diinginkan. Saya memotong ukuran persegi  lalu beri isian pisang dan meiseis. Lipat seperti amplop. 
  • Oles dengan kuning telur beri toppping
  • Panggang 30 menis suhu 200 oC. ( Kecilkan suhu dan oven kembali jika bagian bawah masih belum matang) 
  • Sajikan 
Semoga bermanfaat The Secret Inredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.