Ayam Panggang Madu

Anak sakit? Kerjaan rumah atau kantor menumpuk? Tapi tetap mau makan masakan kreasi sendiri? Coba aja Ayam Panggang Madu. Bumbunya yang simple namun sedap saat dimakan. Nggak Kalah sama resto sebelah. Malah menurut saya ini lebih enak. Ayam Panggang Madu dengan karamelisasi gula dari madu dijamin bikin anak mau makan. Cocok buat bekal anak sekolah, bekal ke kantor atau jadikan makan siang bersama keluarga. 

Siapkan bumbunya, aduk rata lalu rendam ayam bersama bumbu minimal 2 jam, saya siapkan saat malam  lalu direndam bumbu semalaman di dalam chiller /bagian bawah chiller  kulkas (jika kulkasnya sangat dingin sehingga jika diletakkan di chiller akan membeku). Tips lainnya ialah gunakan ayam yang fresh agar lebih gurih dan tidak amis, lalu scrub dengan garam kasar untuk menghilangkan bau langu /bau kandang ayam.

 Ayam Panggang Madu ini berasa manis dan juicy. Jika ingin pedas bisa ditambahkan irisan cabe atau makan bersama sambal bajak /sambal bejek/ aneka resep sambal favorit lainnya. Kalau saya memang membuatnya tanpa rasa pedas karena untuk thiya. Jika ayahnya mau makan bisa disuguhkan sambal. Jika memanggangnya menggunakan oven / double pan lapisi loyang /panggangan dengan daun pisang. Bumbu berupa madu yang memiliki kandungan gula /polisakarida akan mudah terkaramelisasi dan menjadi gosong jika kontak tanpa pelapis dengan sumber panas. Oleh karena itu lapisi dengan daun pisang /aluminium foil untuk bisa mencicipi karamelisasi madu. Tertarik untuk mencobanya berikut resepnya

Ayam Panggang Madu

Resep dari Diah Didi - Ayam Panggang Madu

Bahan :
1/2 kg Ayam bagian sayap, potong jadi dua bagian
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
2 sendok makan Madu
1 sendok makan saus sambal
1 sendok makan saus tomat
1 sendok makan kecap
1 sendok teh kaldu jamur / ayam, atau garam sedikit aja  / sesuai selera
1/2 sendok teh gula pasir 
1sendok teh merica hitam

Cara membuat :
Campur semua bahan, remas-remas agar bumbu menyelimuti ayam
Masukkan wadah tertutup atau kantong plastik, simpan di kulkas minimal 2 jam
Letakkan di loyang, alasi dengan daun pisang /aluminium foil dan panggang hingga matang. 

Panggang sekitar 20 menit suhu 170 c 

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.