Amris - Risoles Rasa Bule yang tak kalah lezatnya

Saya pernah membuat risoles dengan Eggsalted Saus ini link nya Risoles Telur Asin . Kebetulan di kulkas ada Smoked Beef yang baru dibeli ayah thiya saat dinas ke Pelabuhan Panjang Tanjung Karang beberapa waktu yang lalu. Ada Stock Rebusan Telur, Smoked Beef dan Saus Mayo jadilah sore itu dibuatlah Amris (Amerika Risoles) yang beberapa tahun lalu booming Kreasi  bu Fat NCC. Jangan dikira Amris (America Risoles) berasal dari Amerika. Amris seperti risoles pada umumnya namun dengan isian ala Bule yaitu Sosis , Smoked Beef, Telur rebus, selada dan saus mayo. Amris di populerkan oleh Bu Fat NCC saat akan membuat pesanan risoles  tapi kesulitan menemukan bahan baku risoles. Sehingga digantilah dengan sosis ,smoked beef dll yang lebih gampang ditemui di Mall -mall lalu boominglah si amris beberapa tahun yang lalu. Telat banget ya posting nya ?, tak papalah. Blog ini saya buat untuk catatan saya pribadi tentang dapur saya dan catatan kecil untuk thiya kelak. Mungkin saja bermanfaat bagi ibu -ibu pemula seperti saya. 

Untuk amatiran seperti saya ada kalanya saat membuat kulit terkadang bolong -bolong, hal itu dikarenakan komposisi adonan yang terlalu encer dan wajan yang terlalu kepanasan dan jika adonan terlalu kental maka kesulitan saat akan dilipat. Untuk itu selalu timbang dan takar adonan dengan tepat. Perhatikan kulit risoles pertama yang dibuat jika banyak bolong -bolong segera tambah sedikit terigu dan kurangi panas di wajan.  Dan jika risoles mengalami kejadian pecah ketika digoreng hal tersebut bisa disebabkan karena Risoles terlalu lama digoreng atau risoles yang dingin (baru keluar dari kulkas), langsung bertemu suhu tinggi (langsung digoreng)
Untuk mengatasi hal tersebut, maka beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan yaitu
  • Pastikan isian risoles padat dan rapat. Demikian juga dengan proses penggulungannya harus rapat. Gunakan kocokan telur, atau  campuran terigu dan air sebagai perekatnya. Kalau saya menyisakan sedikit adonan cair untuk digunakan sebagai perekat.
  •  Setelah dipanir, masukkan chiller kurang lebih 1 jam agar tepung panir dan telur merekat kuat dan tidak terlepas saat digoreng.
  • Jika risoles terlihat menggelembung saat digoreng, tusuk perlahan dengan tusuk sate untuk memberi ruang udara keluar. Maka risoles akan mengempis lagi.
  • Menggoreng risoles tidak perlu sampai berwarna coklat tua, cukup hingga kuning keemasan saja karena pada dasarnya risoles sudah ready to eat. Jadi menggoreng untuk mendapatkan tekstur crispy dan warna yang cantik. Jadi setelah terlihat kuning keemasan segera diangkat .
  •  Apabila risoles baru dikeluarkan dari freezer (risoles frozen), jangan langsung digoreng tetapi dithawing /deforst dulu beberapa saat.


AMERICAN RISOLES (AMRIS)


Bahan Kulit :
100 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt garam
1 butir telur
1/4 sdt merica
300 ml susu cair
1 sdm  minyak goreng / margarin leleh

Bahan Isian :
smoked beef  Iris memanjang
sosis  potong jadi 2 lalu bagi 2 kembali (4 bagian panjang) *saya tidak pakai
telur rebus, potong jadi 6 bagian memanjang
keju cheddar parut secukupnya (saya tidak pakai)
mayonaise secukupnya
Selada bila suka

Bahan Pelapis :
2 telur kocok lepas
tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
  1. Ayak tepung terigu dan taruh di dalam wadah /bowl bersama garam. Buat lubang di tengahnya dan pecahkan telur. Aduk satu arah hingga rata.Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga adonan menjadi licin dan halus.Masukkan minyak goreng, aduk rata kembali.
  2. Tutup adonan dengan plastik atau serbet bersih dan diamkan selama 30 menit. Terkadang saya langsung mendadarnya, tetapi pastikan tidak ada tepung yang bergerindil. Jika ada jangan lupa disaring agar di dapatkan kulit yang lentur dan mulus
  3. Siapkan wajan dadar /wajan kwalik /teflon , oles dengan margarin dan dadar tipis hingga adonan habis. Saya menggunakan wajan kwalik
  4. Ambil selembar kulit, tata bahan isian dan gulung dengan rapi. Lakukan hingga habis.
  5. Gulingkan amris ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung panir kembali. Lakukan hingga habis.
  6. Masukkan amris yang sudah dipanir ke dalam chiller selama kurang lebih 1 jam agar panir menempel sempurna (kalau mau langsung digoreng juga gak apa sih).Goreng amris dalam minyak yang panas dan banyak (deep frying) hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  7. Siap dihidangkan dengan saus sambal favorit.

Source
America risoles Ordinary Kitchen Amris
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.