Telur Puyuh Pare Santan


Meski rasanya pahit, pare memiliki banyak penggemar. Pare pun mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Di Indonesia, pare yang memiliki nama latin Momordica charantia ini biasa diolah dalam masakan atau dimakan sebagai lalapan. Pare yang juga sering disebut ‘paria’ dikenal sebagai tanaman herbal, karena buah, daun, bji, hingga akar pare memiliki manfaat, dan bisa diolah sebagai obat tradisional. Manfaat pare Sudah sejak lama pare dipercaya sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut bitter melon ini memang kaya akan nutrisi. Pare mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, B2, B3, dan folat.  Selain itu, buah pare  juga mengandung berbagai mineral, seperti zat besi, kalsium, kalium, seng, magnesium, dan fosfor. Tidak ketinggalan karbohidrat, antioksidan, dan serat.

Manfaat pare yang paling terkenal adalah menurunkan gula darah. Beberapa studi menunjukkan, mengonsumsi pare dapat menurunkan gula darah dan kadar HbA1c (pemeriksaan untuk memantau kadar gula darah selama periode tertentu) pada penderita diabetes tipe 2. Pare mengandung senyawa kimia yang berperan seperti insulin, sehingga dapat menurunkan gula.

Sebagai Anak dari Ibu penderita Diabetes, Saya dan Ayuk saya gemar mengkomsumsi pare. Umumnya kami membuat Tumisan pare, Pare masak santan, ataupun sebagai sayuran pada siomay. Jika mengkomsumsi pare sebagai lalapan, lidah saya tak kuat menahan pahitnya. Suami saya ternyata penggemar sayur, sehingga memasak pare santan ini bisa saya lakukan kapanpun saya mau.

Tips cara memasak pare adalah dengan cara meremes remas irisan pare dengan garam lalu cuci bersih dengan air. Dengan cara ini dijamin pahit pada tumisan pare akan berkurang. Memasak pare dengan cara ditumis sangat cock untuk penderita diabetes, jika memasak pare dengan santan akan berbahaya jika menderita diabetes kompleks seperti ibu saya. Beliau menderita diabetes sekaligus asam urat. sehingga menyajikan pare masak santan sangat saya hindari. 

Dibuku 25 resep sambal goreng telur, sayur ini disebut sambal goreng telur pare. Saya yang mengenal sambal goreng adalah kentang ,ampela hati, buncis dimasak santan dengan bumbu pedas. Kurang terima jika pare yang dimasak dengan santan disebut demikian. Maafkanlah. sehingga saya menamai sayur ini Telur puyuh Pare Santan. Ingin mencoba sensari makan pare , berikut resepnya

Telur Puyuh Pare Santan
Resep dari buku 25 resep sambal goreng telur



Bahan :
2 buah pare, buang bijinya (iris tipis remas dengan garam  berkali- kali hingga keluar airnya bilas lalu tiriskan )
20 butir telur puyuh ,rebus lalu kupas
150 ml santan kental (saya 300 ml dari 1/2 kelapa parut)

Bumbu :
5 butir bawang merah , iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabai nerah, iris tipis
2 buah cabai hijau iris tipis
1/2 sdt gula pasir
4 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica

Cara Membuat :


  1. Panaskan minyak, tumis bumbu iris hingga harum, masukkan pare dan santan. Aduk rata
  2. Setelah santan sedikit berkurang, masukkan telur puyuh, tambahkan garam ,gula dan merica aduk rata
  3. Angkat sajikan


Semoga bermanfaat
The Secret Ingredient Is Always Love
Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.