Siomay Bandung dengan Kulit Siomay Homemade

Harus nya hari ini aku membuat roti untuk bekal suamiku yang dinas ke port panjang. Namun apa daya Mixer Icxxbx 7L yang baru 3 kali dipakai rusak. Suami yang kebetulan mengerti mesin  lantas membongkatnya dan mendapatkan bahwa bearing pada mixer saya kemungkinan telah rusak giginya sebelum saya gunakan. Hingga bearing nya menghantam gear dan jika saya lanjutkan akan merusak mesin.

Saya sangat kesal. Mixer seharga 4 juta yang saya beli dengan ikut arisan Rp.400.000/bulan selama 10 bulan. dan karena stok kosong baru bulan agustus 2018 dikirimkan ke alamat saya dan dipakai hanya 3 kali pakai. Untuk Donat Labu kuning, Roll Abon sapi, dan Cinnamon Roll dan berakhir di gudang sekarang. Pihak Penjual menyusuh saya menghubungi tehnisi nya dan gear tidak masuk ke dalam bagian garansi sehingga untuk penggantian gear saya harus membayar Rp. 665.000 diluar ongkir.

Harga sebuah gear teflon segitu, sungguh gila. jika yang rusak rotor pada motor iya wajar. Lah ini untuk mixer?. Saya benar -benar dibuat marah. Sebagai pembanding gear mixer philips itu hanya Rp. 30.000,- , apa yang membuat gear icxxbx 7L sebegitu mahal?. Biarlah mixer itu berakhir di gudang. saya betul -betul marah dibuatnya. Saya memang ibu rumah tangga tapi selama 10 tahun kerja di pabrik. Jadi untuk urusan permesinan nggak goblok- goblok amatlah hingga seenaknya kamu kadalin.

Obat saya kala marah adalah makan. Hahaha dan resep siomay ini Sudah berkali -kali saya buat.Walau angka timbangan telah bergeser ke kanan dan semakin ke kanan, makan adalah obat mengatasi badmood saya. childish? mungkinlah.  Kali ini saya ingin agar tampilan siomay menarik dengan aneka bentuk dan ragam khas siomay bandung. Namun kulit pangsit instan /spring roll sedang habis maka saya membuatnya sesuai resep dari blog vivian pang kitchen. Siomay ini bertekstur mirip seperti siomay bandung. Resep siomay diambil dari blog Just try and taste Siomay si Abang dan Dumpling wrapper dari vivian pang kitchen Dumpling in two ways

Tips utama saat membuat siomay agar tetap lembut saat telah dingin adalah penambahan labu siam pada adonan. Tips ini dapat juga di aplikasikan pada pempek. Jika ingin membuat pempek yang tetap lembut kala dingin dan free gluten penambahan labu siam adalah kuncinya. Pempek seribuan yang dijual di 26 ilir beberapa toko disana menggunakan labu siam sebagai campuran.

Saat membuat siomay ini saya merebus labu siam dan kentang berbarengan. Jika belum digunakan jangan kupas dahulu kentang untuk membuatnya lebih tahan lama. Kentang yang dikupas tidak akan tahan lama dan akan segera berlendir keesokan paginya. Oleh karena itu atas nama penghematan gas , kukus hingga lunak kentang dan labu siam jika akan membuat siomay. Kentang yang telah dikukus tanpa dikupas tahan di kulkas 2hari, jika di frezer bisa lebih lama lagi

Jika anda memiliki food processor, maka membuat siomay adalah pekerjaan yang sangat mudah dan cepat. Masukkan semua bahan, proses sebentar dan jadilah adonan siomay yang siap kukus. Namun jika tidak ada maka gunakan ayam cincang/giling yang tersedia di supermarket dan cincang daging ikan hingga halus. Bahan lainnya seperti labu siam, bisa anda parut menggunakan parutan kelapa. atau jika anda seperti saya dimana ikan/daging ayam giling tidak mudah didapat maka bisa menggunakan blender dry mill. Jika menggunakan dry mill blender maka ikan /daging ayam harus dalam keadaan setengah beku. Sehingga memudahkan kinerja blender dengan tanpa penambahan air.

Tips lainnya menggunakan blender untuk menghaluskan ikan /daging selain dengan kondisi ikan/daging setengah beku adalah menekan tombol "pause" beberapa kali hingga sedikit halus baru blender dengan kecepatan rendah sesekali. Karena Kapasitas Dry mill blender kecil, lakukan penggilingan daging ikan /ayam sedikit demi sedikit. Jangan memasukkan semua daging ke blender, karena mesin tidak akan berputar. Begitupun saat memblender labu siam. Labu yang telah dikukus telah mengandung air sehingga bisa digunakan sebagai tambahan air  kala memblender ikan


Siomay Bandung dengan Kulit Siomay Homemade

Bahan siomay:
- 350 gram daging ayam /bisa ganti daging ikan.
- 250 gram daging ikan cincang (tuna, tengiri atau ikan dengan daging putih) atau bisa ganti ayam
- 250 gram labu siam (1 buah labu ukuran sedang) kukus, parut atau haluskan dengan blender
- 80 ml santan kental/ santan instan
- 500 gram tepung tapioka/tepung kanji
- 1 butir telur, kocok lepas (optional)
- 1 batang daun bawang, rajang dan cincang halus (saya tidak pakai)

Bumbu dihaluskan:
- 7 butir bawang merah
- 5 butir bawang putih
- 1 sendok teh merica butiran

Bumbu lainnya:
- 2 sendok teh garam
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Bahan & bumbu saus kacang:
- 300 gram kacang tanah, bisa pakai yang kupas atau yang masih memiliki kulit, goreng matang
- 5 siung bawang putih
- 5 buah cabai merah keriting
- 3 butir cabai rawit
- 3 sendok makan gula Jawa, sisir
- 2 sendok makan air asam Jawa
- 2 sendok teh garam
- 500 ml air  matang

Pelengkap:
- Kentang kukus
- Telur rebus
- Tahu (potong diagonal dan buat keratan persegi lalu buang isi tengah tahu untuk diisi adonan)
- Pare buang biji di  bagian tengahnya
- Kubis 
- Wortel untuk parutan topping atas pada siomay kulit pangsit
- irisan jeruk limau
- saus sambal botolan
- kecap manis

Cara membuat:

  1. Kukus labu di dandang hingga matang, angkat dan biarkan mendingin. Parut labu menggunakan parutan kelapa atau masukkan labu ke dalam food processor dan proses hingga halus 
  2. Siapkan food processor, masukkan daging ayam, daging ikan, proses hingga halus, masukkan santan, telur dan tepung aduk rata. 
  3. Saya memblender ikan /daging ayam setengah beku dengan santan, lakukan blender sedikit demi sedikit dengan memanfaatkan cairan baik dari telur , labu siam dan santan untuk membantu proses penggilingan, lalu saya pindahkan dalam wadah dan aduk bersama dengan bumbu halus dan bumbu tambahan lainnya, aduk rata. 
  4. Tambahkan tepung tapioka dan aduk hingga adonan menjadi tercampur rata. Cicipi rasanya.

Note:
Sesuaikan tepung tapioka dengan kekentalan adonan, jika terlalu cair tambahkan kembali tepung. Adonan yang terbentuk tidak padat alias agak lembek. Jika adonan terlalu lembek padahal tepung telah melebihi resep, masukkan adonan ke freezer selama 30 menit untuk menset kan adonan

Gunakan alat /spatula saat mencampurkan ikan dengan tepung. Panas dari tangan akan membuat adonan tidak dingin 

Ambil sedikit adonan dan masukkan ke  frezer, untuk adonan yang dibungkus kulit pangsit/ dumpling wrapper
Jika menginginkan free gluten maka skip penggunaan kulit pangsit /dumpling wrapper untuk siomay.

Saus kacang:

  1. Goreng bawang putih sebentar hingga layu dan sedikit kecoklatan, angkat.
  2. Siapkan blender, masukkan kacang tanah goreng, bawang putih, dan cabai, tambahkan air. Proses hingga halus.  Jika adonan terlalu kental, tambahkan air hingga tercapai kekentalan yang diinginkan.
  3. Tuangkan saus ke dalam panci, masukkan garam, gula dan air asam Jawa. Masak hingga mendidih dan matang. Cicipi rasanya. Angkat.
Kulit Siomay Homemade /Dumpling Wrapper

Bahan : 
300 gram  tepung serbaguna
1/4 sdt garam 
130ml air

Cara membuat 
Campur semua bahan, hingga adonan menggumpal, lalu dengan menggunakan noodle maker giling adonan dari mulai number terbesar hingga terkecil. Masing -masing setiap ketebalan sebanyak 3x 


Ambil cetakan berbentuk lingkaran, saya menggunakan tutup cangkir kopi suami saya. Lalu letakkan cetakan di atas adonan yang telah digilas tipis. Saya di nomor 3 gilingan. Tekan -tekan hingga terputus, beri sedikit terigu untuk mencegahnya menempel satu sama lainnya. Lakukan hingga adonan habis. 

Beri sedikit tepung di setiap kulit adonan, simpan dalam wadah tertutup rapat jika akan digunakan beberapa saat kemudian ( hitungan menit bukan jam)

Saya menghabiskan setengah adonan untuk di buat mie homemade dan sebagian saya goreng ala pangsit goreng. 

Sisihkan

Penyelesaian adonan siomay

Siapkan dandang kukusan, beri air. Olesi minyak pada bagian permukaan saringan kukusan dan sisi dandang agar adonan tidak lengket saat dikukus. Biarkan air di dandang mendidih. 
  1. untuk bentuk bulat Ambil adonan dengan menggunakan sendok makan, bulatkan adonan dengan bantuan sendok makan lainnya. Jatuhkan adonan di saringan kukusan. Tutup dandang dan masak siomay hingga matang.
  2. untuk isian tahu. Potong tahu secara diagonal kerat bagian tengah nya dan isi dengan adonan masukkan ke kukusan 
  3. untuk isian dengan kulit pangsit. Bentuk kulit seperti mangkok dengan melipat beberapa sisi hingga terbentuk bulatan mangkok, beri isian adonan siomay dan tabur parutan wortel diatasnya lalu kukus hingga matang
  4. untuk isian pare. Pare dicuci bersih buang bijinya. letakkan pare di dandang, kecilkan api lalu masukkan adonan siomay di tengah pare
  5. untuk isian kubis. Kubis yang telah di tipiskan tulang kubisnya dilayukan dahulu  dengan cara dikukus, ambil selembar  kubis lalu beri isian dan lipas seperti amplop. Beri sedikit adonan untuk meretatkan


Kukus hingga matang siomay. 


Penyajian 
Ambil masing- masing siomay , potong -potong lalu beri saus kacang , kecap manis, saus sambal botolan, jeruk nipis 

Sedap sedap sedap 

Semoga bermanfaat 
 The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.