Sambal Nanas

Dirumah tempat saya di besarkan dahulu 16 ilir hingga sekarang di sekip sambal di dapur ibu hanya sambal nanas dan sambal cenge. Takkala menikah dan mengenal sosok mama yang membesarkan suamiku. Di dapur mama tersaji bervariasi sambal tergantung jenis lauk  dan bahan baku. Karena itu jenis sambal akan berbeda tergantung dengan lauk makan yang dibuat. Untuk urusan kreativitas dan keberagaman jenis sayur, lauk dan sambal. Mama mertua is the best. 

Dari beliaulah, saya menambah ilmu tentang jenis -jenis sayur yang layak dan bisa dimakan. disamping perjalanan hidup merantau wkwkwk. Nah dari 2 dapur tersebut ada 1 persamaan yaitu sama -sama menyukai sambal nanas. Sambal itu terbuat dari nanas ,cabai merah serta terasi. Seingatku ibuku tidak menambahkan terasi dalam sambal buatannya ,sedangkan mama mertua suka sama terasi. Dan saya telah ikut aliran mama mertua. Sambal tanpa terasi kurang sedap. wkwkw. Namun bagi yang tidak menyukai terasi silahkan saja di skip/dihilangkan dari resep. 


Sambal nanas di palembang biasanya disajikan menemani nasi minyak /nasi samin. Menyantap nasi samin yang kaya akan minyak samin / margarin /mentega terasa lebih segar saat dipadupadankan dengan segar dan manis dari sambal nanas. Rasa Uneg yang bisa timbul karena terlalu banyak mengkonsumsi nasipun akan berkurang.

Resep ini hanya setengah dari resep mama karena kami hanya berdua. Dan sambal nanas ini tidak tahan lama hanya bertahan kurang dari 24 jam. Karena itu saya membuatnya hanya secukupnya saja. Silahkan sesuaikan dengan jumlah orang dirumah masing -masing

Berikut resep sambal nanas untuk 2 porsi

Sambal Nanas

 Bahan :
Nanas 1/4 potong dari 1 buah nanas (Potong dadu)
Cabai merah keriting 5 buah
Cabai lombok merah 1 buah
Terasi 1 sdt
garam 1/2 sdt
Gula merah  1/2 sdt
Air matang secukupnya ( sekitar 20 ml)

Cara membuat
Potong dadu nanas sisihkan
Ulek Cabai sedikit halus (jangan terlalu halus atau terlalu kasar), tambahkan gula merah, terasi ulek rata. Saya menggunakan blender cabai, air dan bumbu lainnya dimasukkan pada blender kecuali nanas.
Masukkan ulekan cabai ke mangkok nanas, tambahkan garam dan cicipi serta koreksi rasa
Diamkan sambal nanas minimal 1 jam agar bumbu dan nanas meresap serta tercampur rata


Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.