Roti Long Jhon -Roti Monster yang mengenyangkan

Roti Monster yang hits Di Bandung lalu menyebar ke Seantero Provinsi di Indonesia, salah satunya di Palembang. Dinamakan Roti Monster mungkin karena ukurannya yang besar seperti monster bukan karena penampilannya yang menyeramkan. Roti yang berisi cacahan daging ayam /ikan dengan balutan telur dipadu bawang bombay, dan daun bawang menyebabkan roti ini akan cocok untuk kudapan sore atau makanan di pagi hari. Selain mengenyangkan juga menyehatkan. 

Jangan Keliru dengan Long Jhon (donuts) dengan Long Jhon -Roti Monster ya teman. Long Jhon (donuts) itu  mirip seperti eclain yaitu roti persegi panjang yang diisi dengan /tidak diisi namun di frosting /diberi topping yang manis atau asin seperti coklat ,keju /lapisan gula lainnya. Long Jhon donuts sekilas mirip eclair. Jika eclair di panggang, maka Long Jhon Donuts di goreng. Seiring dengan inovasi dan kreativitas muncul Roti Long Jhon yang persegi panjang dan sangat panjang (ada yang lebih dari 1m) dengan isian daging cincang dan dibalut saus sambal /mayonaise. 

Nah menurut legendanaya, roti Long John - Roti Monster  pertama kali muncul pada tahun 60an. Seseorang tentara berkewarganegaraan Inggris awalnya memesan hamburger pada seorang penjaja makanan di Sembawang, Singapura. Tetapi karena tidak memiliki hamburger akhirnya si penjual ini memiliki ide yang cerdik yaitu dengan menumis daging cincang bersama bawang dan telur yang kemudian diselipkan dalam setangkup roti. Karena saat itu roti dibuat secara spontan dan tidak memiliki nama maka si penjual berkata kepada tentara Inggris tadi "Silahkan dimakan rotinya, John". Panggilan John merupakan sebutan yang diberikan pada orang Barat di wilayah tersebut. Jadi sejak saat itulah roti John tercipta dan terus populer hingga saat ini. 

Sajian ini sebernarnya tergolong sangat simple dan menurut saya pas untuk menu sarapan karena kaya akan kandungan protein sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas. Roti ini sedang booming di 3 negara yaitu Singapura, Malaysia dan Brunai. Bagi yang mau mencoba mencicipi roti John ini tak harus pergi jauh-jauh ke tiga negara tadi karena membuat roti ini sangat mudah dan pastinya siapa saja bisa membuatnya sendiri dirumah. 

Jika ingin membuat roti  diperlukan siapkan Wajan dan  Piring yang Panjang. Dibeberapa Cafe di Bandung menyajikannya dengan Telenan terbuat dari Kayu dan disesuaikan dengan ukuran si Roti.  Untuk kemasan praktis nya dibuatlah kotak roti berukuran panjang. Sangat praktis untuk oleh -oleh. Saya membuat roti long jhon ini bersamaan dengan roti sobek resepnya disini. Saya memiliki loyang persegi untuk memasaknya ala Roti Monster di Bandung, namun tidak memiliki talenan /piring lebar untuk penyajiannya, sehingga saya memasukkannya di dua piring yang terpisah. 

Roti Jhon saya agak sedikit gosong, suami saya malah menyukainya. Walau penampilannya tak secantik di cafe/ kedai /toko roti, insyaallah rasanya maksyus. Jika ingin membuatnya, berikut resepnya 

Roti Long Jhon - Roti Monster yang Mengenyangkan


Bahan-Bahan :
150 gram daging giling ( atau daging cincang)
1 buah bawang bombay ( cincang halus)
1 batang daun bawang (cincang halus)
3 butir telur
1 tsb sambal terasi (pakai sambal favorit masing-masing)
1/2 sdt bubuk kari
1/2 roti baquette  (belah dua tapi jangan sampai putus)
Garam secukupnya
Merica secukupnya 
Mayoneise , saos sambal dan extra sambal untuk pelengkap
Sedikit minyak atau margarin untuk menggoreng telur 
Optional: saya tambahkan irisan cabe dalam adonan telur

Cara Membuat: 
Dalam wadah campur daging giling, bawang bombay, daun bawang,  telur , 1 sdt sambal, bubuk kari, garam dan merica secukupnya. Aduk hingga tercampur rata.

Panaskan wajan anti lengket dan olesi dengan minyak, gunakan wajan yang agak besar, dadar campuran telur tadi . Masak hingga telur agak matang dibagian bawah.

Letakkan roti baquette yang sudah dibelah dua diatas telur dadar tadi sambil di tekan-tekan dengan spatula.
Balikkan roti sehingga dadar telur ada di bagian atas, tekan-tekan agar telur melekat dan roti sedikit lebih pipih serta bagian bawahnya jadi lebih renyah.

Setelah itu tangkupkan roti kearah dalam sehingga dadar telur berada di tengah roti. Tambahkan mayoneise, saos sambal dan sambal diatas dadar telur sebelum roti ditangkupkan.
Angkat roti John dari wajan dan potong-potong sebelum disajikan. Nikmati roti John dengan cocolan mayoneis atau saos sambal.


Source
Roti Jhon Wikipedia Roti Jhon
Sassy Litle Kitchen Roti Jhon Resep dan Step by Step
Long Jhon Donuts Wikipedia Long Jhon donuts
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.