Roti Goreng Pumpkin ( Roti Goreng Labu Kuning/Waluh)

Sebenarnya saya ragu-ragu menampilkan Roti goreng Pumpkin (roti goreng labu kuning/waluh) ini diblog karena yang tersisa untuk di foto adalah roti dengan isi kelapa yang sedikit. Adonan roti ini sama persis dengan resep pumpkin donuts (Donat labu kuning /waluh ) disini link nya Donat Labu Kuning  yang di ambil dari resep dan blog Mbak Riche Ordinary Kitchen.  

Saat membuat adonan pumpkin donuts, putri saya thiya 3y ikut menemani dan meminta sejumlah adonan roti yang sama persis dengan saya untuk di cetak dengan cetakan donat. Maka sayapun membaginya dengan putri saya, adonan saya telah selesai di cetak. Thiya masih merounding adonan dengan sangat antusias hingga akhirnya tak ada satupun adonan yang tercetak karena memang thiya belum mampu melakukannya. Melihat donat saya telah siap di goreng diapun mau menggorengnya dan melupakan adonannya sudah berulang kali thiya rolling. 

Disela -sela menggoreng donatpun, ibu nya thiya ini tak tega membuang adonan yang tersisa begitu saya, sehingga berbekal kelapa parut kering, gula aren dan garam saya memanfaatkannya untuk roti goreng isi kelapa. Saya tahu tampilannya tak menggugah selera, postingan ini Sekedar catatan untuk saya pribadi ataupun siapapun yang memerlukannya semoga bermanfaat ah

Roti Goreng merupakan makanan jadul yang sangat kami sukai. Apalagi ini ditambahkan pure labu kuning. Selain mengenyangkan juga kaya gizi sehingga makan 1 aja kenyang banget. Roti goreng adalah roti jadul dengan banyak nama sesuai daerah masing -masing. Roti goreng original memiliki isian kelapa parut, menambahkan labu kuning pada resep roti goreng akan menambah citarasa dan gizinya. Berikut resepnya

Roti Goreng Pumpkin ( Roti Goreng Labu Kuning/Waluh) 

Resep by Just my Ordinary Kitchen Pumpkin Donuts

Bahan Adonan Roti :

150 gram Labu kuning kukus (berat labu tanpa kulit setelah dikukus)
200 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram tepung terigu protein sedang /all purpose flour
20 gram susu bubuk
6 gram ragi instant
30 gram gula pasir
1/2 sdt vanilla
2 kuning telur
50 ml susu cair dingin -sesuaikan dengan keadaan labu (bisa lebih banyak atau lebih sedikit)* (*Saya menggunakan 20 ml susu karena adonan telah lembek dari air labu kuning kukus)
30 gram butter /margarin
1/2 sdt garam
Minyak Goreng untuk menggoreng donat , bisa menggunakan minyak padat atau minyak kelapa sawit lainnya
Gula halus /Gula Mint /Aneka Toppping lainnnya

Bahan Isian
250 gram kelapa parut
75 gram gula aren /kerek/semut
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk
(camput semua bahan isian hingga rata, sisihkan)

Cara membuat

Masukkan Tepung, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir aduk rata. Lalu masukkan labu kuning, kuning telur dan vanilla aduk rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan setengah kalis (tidak lembek dan tidak lengket)

Tambahkan Margarin/Butter  dan garam aduk rata , lalu uleni sampai kalis. Jika menggunakan Heavy Duty Mixer adonan akan cepat kalis, namun jika tidak memilikinya kita bisa memindahkan adonan ke atas meja lalu tabur sedikit terigu dan uleni adonan kita mencuci baju. Memang proses menguleni adonan membuat tenaga terkuras, namun penggunaan labu kuning membuat proses menguleni tak terlalu sulit.

Jika adonan telah kalis ditandai dengan ambil sedikit adonan lalu lebarkan jika tidak putus artinya telah kalis masukkan ke dalam baskom/wadah sedang lalu tutup dengan serbet basah. Istirahatkan adonan 10 -20 menit.

Kempiskan adonan, Lalu Ambil 50 gram adonan, dan bulat -bulatkan.
Ambil 1 buah adonan , gilas dan beri isian lalu fermentasikan 15 - 20 menit atau sampai adonan mengembang dua kali lipat

Panaskan minyak goreng dengan api sedang , lalu kecilkan api. Masukkan roti goreng, goreng hingga satu sisi kuning kecoklatan lalu balik untuk sisi satunya lagi. Jangan menggoreng bolak balik demi mendapatkan white ring /cincin berwarna putih pada sekeliling roti

Angkat, dan  tiriskan

Semoga bermanfaat
 The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.