Manisan Mangga Muda Tanpa Pengawet

Pohon mangga di halaman depan sedang berbuah. Namun tidak seperti tahun -tahun sebelumnya yang berbuah lebat dan banyak. Tahun ini buah nya jarang dan tak terlalu banyak. Pohon mangga di rumah kami berasal dari biji sehingga sekarang sudah menjulang tinggi. Perlu galah yang sangat panjang untuk mengambilnya. Berbeda dengan mangga madu milik tetangga yang berbuah lebat dan pendek. Berbekal kursi dan galah pendek pun , sekarung mangga bisa di panen dalam sekejap. 



Buah Mangga pohon mangga kami akan jatuh jika masih mengkal dan yang manis karena terlalu tinggi untuk di ambil, kami harus merelakannya di makan codot /kelelawar. Melihat mangga muda sebegitu banyak di halaman setelah hujan semalaman dan sayang jika dibuang sayapun berniat mengolahnya menjadi manisan mangga muda. Namun saya ingin membuat manisan mangga muda yang tahan di suhu ruang, tanpa pengawet maka sayapun mencoba manisan mangga dari blog just try and taste. Alhasil blog ini memang tak pernah mengecewakan. Manisan mangga muda saya enak dan aman di letakkan di toples meja Karena air manisan di blog mbak endang sangat sedikit kala telah selesai, sehingga saya melipat gandakan air dan gula pada resep.

.

Manisan mangga bukanlah makanan yang langka, dijual di tbk atau supermarket dengan warna kuning merona dan terendam dalam air yang terasa manis, asam dan kadang pedas. Walaupun banyak tersedia dan mudah ditemukan, membuat manisan mangga  sendiri tentunya lebih aman dan terjamin kualitasnya, karena manisan mangga yang dijual umumnya menggunakan pengawet, pemanis buatan dan bahan pewarna kuning, sehingga seringkali terasa getir di lidah dan tentunya berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terus-menerus. 

Untuk membuat manisan mangga muda ini memang membutuhkan waktu yang tidak singkat, hanya saja jika telah jadi maka manisan mangga ini tahan di suhu ruang sehingga kita tidak perlu memasukkannya ke dalam kulkas. Sirup gula yang  kental yang melapisi permukaan mangga berfungsi sebagai bahan pengawet makanan yang efekif. Tentu saja anda tetap bisa menyantapnya langsung tanpa harus menunggu air gula berubah menjadi sirup kental, terutama jika jumlah mangga yang digunakan hanya sedikit sehingga kurang efektif untuk  dirubah menjadi manisan. Sedikit tips untuk membuat manisan mangga muda ini yaitu gunakan mangga muda yang masih mengkal dengan daging buah berwarna kekuning - kuningan. Jika mangga nya masih muda dan kulit daging masih putih kurang enak dibuat manisan ini. Mangga seperti itu enak dibuat bumbu khas mandar mangga kering link yang disini Asam Mangga - bumbu khas Mandar Sulbar. Tertarik ingin membuat nya berikut resepnya

Manisan Mangga Muda Tanpa Pengawet 




Bahan:
- 3 buah mangga yang masih muda, berat + 1 kg, kupas, potong-potong tipis memanjang
- 250 gram gula pasir (saya 500 gram)
- 5 butir cabai merah keriting, dihaluskan (saya 10 butir cabai merah)
- 3 butir cabai rawit, dihaluskan (saya 3 sdm cabe rawit bubuk)
- 1 liter air (saya 1.5 liter)
- 1/2 sendok makan garam

Cara membuat:
Siapkan panci, masukkan air, garam, gula dan cabai halus. Masak hingga mendidih dan gula larut. Biarkan mendingin.

Masukkan mangga muda ke dalam mangkuk yang agak besar, tuangkan air gula sambil mangga diaduk-aduk dan semua bagian tenggelam dalam air. Tutup mangkuk dan biarkan semalamam.

Hari kedua:
Tiriskan mangga, kemudian masukkan  air gula perendam ke dalam panci dan rebus hingga mendidih dan airnya berkurang hampir setengahnya. Dinginkan.

Siramkan air gula ke dalam mangga, aduk rata. Tutupi mangkuk dan diamkan semalaman.



Hari ketiga:
Lakukan hal yang sama seperti hari kedua, kali ini rebus air gula hingga agak mengental. Dinginkan dan tuangkan ke mangga dan aduk rata. Pada tahap ini mangga menyusut hingga separuh volume semula dan terlihat mengkerut dan berbau alkohol. Biarkan semalaman.

Hari keempat:
Keesokan harinya jika air gula masih terlihat encer maka rebus kembali hingga kental, dinginkan dan masukkan mangga ke dalam sirup gula yang telah mengental, aduk rata. Mangga siap disantap, dalam kondisi seperti ini mangga tahan di suhu ruang. Masukkan manisan mangga dalam stoples tertutup rapat

Semoga bermanfaat
The Secret Ingredient Is Always Love
Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.