Kolak Labu Kuning dan Es Bon -bon Labu Kuning

Labu kuning dengan ukuran yang besar dijualty hanya Rp.10.000,- ,itupun bisa di olah menjadi aneka cemilan yang sehat dan murah. Thiya  3y suka sekali dengan es. dan teringatlah es bon -bon. Es jaman jadul yang diwarung -warung telah tergantikan dengan es cream susu lainnya. 

Perkembangan jaman telah menggerus tidak hanya gaya hidup tapi juga jajanan anak -anak. Mengobati nostalgia ibunya ini dibuatlah es dari labu kuning. Sebenarnya membuat es ini sama dengan air kuah pada kolak. makanya waktu membuat kolak, air nya saya banyakin dan sebagian di masukkan ke kulkas. Alhamdulillah thiya suka, kolaknya ayah thiya yang makan. 

Kolak memang identik dengan Pisang. Kolak pisang sering dijadikan menu andalan saat berbuka puasa. Namun dengan mengubah bahan utama dengan isian lain seperti Ubi dan Labu akan menambah citarasa tersendiri. Kolak Labu dengan gula aren memiliki kandungan gizi yang  baik. Rasa manis dari labu dan gula aren berpadu dengan gurihnya santan sangat enak disajikan disegala cuaca. Sajikan hangat jika hari dingin atau sajikan dingin jika cuaca sedang panas -panasnya. 

Tambahkan esense vanili untuk menambah aroma, namun jika tidak ada, skip saja. Gula aren dan daun pandan telah membuat aroma kolak mu akan menyebar seantero ruangan.

Jika tertarik dengan resep labu kuning lainnya bisa klik disini untuk Donat Labu Kuning atau disini untuk Roti Goreng Labu kuning. Semuanya masih dari 1 buah labu kuning yang sama., berikut resep kolak labu kuning dan es bon -bon labu kuning


Kolak Labu Kuning


Bahan :
300 gram labu kuning  potong dadu
1 sdt garam
100 gram gula aren (tambahkan jika suka manis)
200 ml santan dari 1/4 kelapa parut /gunakan 1 bungkus 80 gram santan instan
2 lembar daun pandan ikat simpul

cara membuat :

masukkan air secukupnya  bersama labu kuning dan daun pandan hingga labu  setengah lunak /lembut (tusuk pakai garpu jika tak terlalu keras saat ditusuk maka itu sudah setengah lunak) , tambahkan santan kelapa aduk aduk jaga jangan sampai patinya pecah

Tambahkan gula aren dan garam
Koreksi rasa

Saya membuat air nya agak banyakan hingga sebagian bisa di jadikan es bon -bon labu kuning. Air dan labu kuning nya di masukkan pada plastik es lalu ikat dan bekukan. Enak , hemat. hehehe


Semoga bermanfaat
The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.