Bakwan Jagung dengan Saus Telur Asin Spicy (Bakwan Jagung With Spicy Eggsalted Sauce)

Bakwan Jagung adalah salah satu resep yang suka di sajikan ibu saya. Memakan dengan cuka pedas adalah kesukaan saya, namun seiiring dengan Ramainya promo saus telur asin, membuat saya ingin sekali memakan bakwan jagung dengan citarasa berbeda. 

Bakwan jagung renyah, kriuk dan Garing adalah favorit saya. Untuk mendapatkan tekstur itu kunci utamanya adalah penggunaan tepung beras dan sedikit tepung terigu. Bakwan Jagung dengan tekstur seperti itu cocok untuk dijadikan cemilan dan jangan lupa untuk mendapatkan tekstur seperti itu digoreng dengan minyak banyak dan adonan dimasukkan di pinggir wajar lalu pipihkan, jika sudah berkerak dan sekeliling adonan sedikit mengeras dorong perlahan -lahan ke tengah minyak panas dan bakwan jagung renyah pun  akan segera di dapatkan


Lah yang tak kusukai saat membuat bakwan jagung dan perkedel jagung adalah kala jagung terlepas dari adonan dan kita tidak segera mengambil jagung tersebut dari minyak panas maka akan membuat jagung terpental keluar, bahasa palembang nya "meletos". Untuk mencegah itu jangan lupa selalu sediakan saringan kawat kecil tanpa cuping untuk membantu mengambil remah adonan/ jagung yang terlepas dari adonan

Membuat bakwan jagung bisa dimodifikasi sayurannya bisa menggunakan kubis, rajangan wortel , daun katuk atau bayam. Saya biasa menyesuaikan sesuai stok kulkas. Saat saya masih menyusui thiya bakwan jagung dengan daun katuk adalah favorit saya. Mungkin cuma sugesti tapi mengkonsumsi daun katuk akan membuat produksi asi meningkat dan melimpah., setidaknya itu yang saya rasakan. jika mengkonsumsi katuk dengan cara disayur, saya sudah bosan. hehehe

Jika sedang malas bumbu halus tidak saya haluskan melainkan saya iris tipis, dan jika tidak ada bawang merah dan bawang putih saya menggantinya dengan daun bawang. 

Tertarik membuat Bakwan Jagung dengan Saus Telur asin yang Pedas berikut resepnya

Bakwan Jagung dengan Saus Telur Asin Spicy 
(Bakwan Jagung With  Spicy Eggsalted Sauce)


Resep lainnya 

Bahan : 
Jagung 3 buah ( Pipih dengan menggunaka pisau yang tajam)
2 buah kubis buang tulangnya, rajang halus (atau bisa menggunakan 1/2 ikat daun katuk/bayam)
Wortel 1 buah Serut kasar (saya tidak pakai)
125 gram tepung beras
2 sendok makan terigu
merica 1 sdt 
garam 1 sdt 
air secukupnya 

Bumbu Halus 
Bawang merah 3 siung
bawang putih 2 siung 

Cara membuat 
Siapkan Bahan bahan sayur nya, cuci bersih dan rajang halus kubis, pipihkan jagung manis sisihkan
Masukkan tepung beras dan tepung terigu, beri merica dan garam lalu tambahkan air sedikit saja (50ml dahulu) karena jika telah ditambahkan sayur akan lebih encer karena ketambahan air yang terperangkap di sayur

Adonan tepung kental, lalu masukkan sayur dan bumbu halus, aduk rata. Jika adonan terlalu encer bisa ditambahkan tepung beras lagi, jika terlalu pekat hingga susah dipipihkan bisa  ditambahkan air. 

Panaskan minyak sayur, saya menggunakan kuali cekung. Masukkan adonan di pinggir wajan jika telah mengeras pinggirnya dorong adonan ke tengah minyak panas. Goreng hingga kecoklatan. 

Angkat dan Tiriskan


Saus Telur Asin Spicy 


Bahan:
40 gram mentega (usahakan jangan diganti  margarine)
3 butir kuning telur asin rebus ( saya 5 butir  kuning telur asin)
2 butir kuning telur biasa, rebus (saya nggak  pakai)
100 - 150 ml susu cair full cream
1 sendok makan susu bubuk full cream
33 gram keju cheddar parut

Bumbu:
1/2 sendok makan mentega
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 sendok makan saus tomat
2  sendok teh cabai bubuk (resep asli 1/2  sendok teh )
1/2 sendok makan saus tiram
1/2 sendok makan kecap Inggris (Worcestershire Sauce) (Saya tidak pakai)
1/2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh merica hitam tumbuk atau merica putih bubuk biasa
1/4 sendok teh garam 
1/2  batang daun bawang, rajang halus (optional)


Bumbu lain yang bisa ditambahkan (optional):
beberapa lembar daun kari/salam koja
bubuk kari instan


Cara Membuat : 
Siapkan pan, panaskan 1 sendok makan mentega hingga meleleh. Tumis bawang putih hingga  harum dan sedikit kecoklatan. Masukkan saus tomat, cabai bubuk, saus tiram, kecap Inggris, gula pasir, merica, dan garam. Aduk dan tumis hingga mendidih menggunakan api kecil saja, matikan kompor. Sisihkan tumisan. 

Siapkan panci kecil, masukkan 40 gram mentega (sekitar 1 1/2 sendok makan). Panaskan dengan api
kecil hingga meleleh dan panas. Masukkan kuning telur, aduk dan hancurkan hingga tercampur rata dengan mentega. 
Masukkan susu bubuk dan susu cair aduk dan masak dengan api kecil sambil saus diaduk-aduk hingga mendidih. Matikan kompor, biarkan saus agak sedikit mendingin.

Masukkan saus dan tumisan ke dalam gelas blender, jika anda memiliki hand blender maka itu lebih baik karena saus bisa langsung diblender dipanci hingga smooth. Karena saya tidak memilikinya, maka saya proses saus di dalam gelas blender biasa. Proses selama beberapa detik saja hingga smooth.Tuangkan kembali saus ke panci. Masukkan keju cheddar parut, dan masak saus  dengan api kecil hingga keju meleleh sempurna dan saus mendidih.Jika terlalu kental maka tambahkan susu cair.  

Aduk rata Tambahkan garam sesuai selera, koreksi rasa
Segera angkat saus dari kompor.


Note: Dalam daftar bahan susu cair yang saya berikan antara 200 - 300 ml, jika menginginkan saus yang agak encer maka gunakan semua takaran susu cair yang diberikan. Saus akan mengental ketika telah dingin.


Sumber : 
Resep bakwan Jagung hasil modifikasi sendiri

Semoga bermanfaat
The Secret Ingredient Is Always Love
Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.