Ayam Telur Masak Kalio

Makan Enak itu tak harus dengan daging atau ayam. Telur ayam pun jika diolah dengan benar akan menggugah selera makan. Kalio adalah menu makanan kami yang akan saya buat kala tanggal tua seperti sekarang. Kuah Santan kental dengan bumbu yang banyak membalut telur akan sangat nikmat disantap bersama nasi hangat. 

Umumnya masakan RM. Padang akan memasak Kalio sebagai kuah utama untuk dipadupadankan dengan Lauk atau rebusan daun singkong. Rumah makan Pagi sore di Jln Lintas Sumatera Sebelum Teluk Gelam Sumatera Selatan salah satunya. Rumah Makan yang kami singgahi setiap minggu saat akan ke palembang dari Oku timur ini selalu menyajikan kalio berbalut rebusan singkong , topping pada ikan bakar ataupun kuah pada telur. Memakan Kalio telur dengan nasi hangat plus sambal ijo hmmm buat lingkar perut makin bertambah.

Jadi jangan heran jika kuah kalio ini akan dimasak dengan porsi jumbo dan membalut mayoritas menu pada rumah makan padang kecuali dendeng, ayam pop dan rendang. 

Ibuku akan menyebut kalio sebagai rendang setengah matang atau rendang kuah kuning. Karena step selanjutnya dari kalio adalah rendang. Dengan penambahan kelapa sangrai pada kalio akan membuat masakan menjadi rendang. Resep dibawah hanya untuk 2 orang makan siang dan malam. Saya memposting nya sesuai masakan yang saya maasak untuk keluarga kecil saya baik jumlah dan takarannya tolong sesuaikan dengan keluarga anda masing -masing. Tertarik untuk membuatnya berikut resep ayam telur masak kalio

Ayam Telur Masak Kalio
untuk 2 porsi

Bahan :
4 buah telur (rebus dan kupas)
250  gram ayam ( saya menggunakan dada ayam)
1 batang serai, memarkan dan ikat simpul
2 lembar jeruk nipis (buang tulang daun dan sobek -sobek)
1 lembar daun salam
200 ml santan ( dari 1/4 kelapa parut)
100 -200 ml air
1 butir kentang (kupas dan potong melintang)
1sdt asam jawa larutkan dengan sedikit air panas
1 sdt garam
2 cm lengkuas (memarkan)

Bumbu Halus
5 butir cabe merah keriting
5 buah cabe kering (rendam dengan air / saya tidak pakai dan cabe merah saya menjadi 10 butir)
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt jinten (saya tidak pakai)
1cm jahe
3 butir kemiri (sangrai)

Cara membuat :
Bersihkan ayam dengan menggunakan garam kasar dan scrub badan ayam untuk menghilangkan bau dan lendir pada ayam. Kucuri dengan jeruk nipis. diamkan selama 10 menit, bilas dan bersihkan. Saya menggunakan stok dada ayam yang telah saya bersihkan sebelumnya, dan saya potong dadu.

Haluskan Bumbu halus dengan lumpang atau blender dengan sedikit air. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu dengan api kecil hingga harum masukkan ayam aduk rata,tutup kuali dengan tutup panci dan matikan api


Masukkan semua bumbu ( daun salam, sereh, daun jeruk, lengkuas, air asam jawa) , kentang dan air masak hingga ayam sedikit lunak masukkan santan kental, telur masak hingga kuah mengental

Cicipi rasanya, koreksi jika kurang garam sesuaikan dengan selera



Semoga bermanfaat Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.