Asam Sunti Si penyegar masakan Khas Aceh

Saat memasak, kita pasti sering  menambahkan tomat atau jeruk nipis untuk memberikan rasa asam atau segar?memang  memasak dengan bahan-bahan alami lebih baik daripada menggunakan bahan-bahan penyedap buatan seperti  cuka masak atau saus tomat botolan. Dengan kekayaan kuliner Indonesia ternyata ada banyak jenis penyedap alami yang tanpa saya sadari sering saya tambahkan pada masakan saya.  Tomat, Nanas, Belimbing Sayur, asam gelugur, asam kandis, asam jawa dan jeruk nipis dan beberapa penyedap alami khas lainnya.

Belakangan saya pun mengenal asam sunti dan asam mangga sebagai penyedap alami lainnya. Asam sunti merupakan asam yang terbuat dari belimbing wuluh dan digunakan oleh masyarakat aceh di dalam setiap masakan khas aceh seperti  Keumamah,kuah asam pedas, kari, atau sambal ganja /asam udeueng. Lain Aceh lain pula Suku Mandar dari Sulawesi Barat. Suku ini menggunakan mangga muda yang dikeringkan atau sering disebut asam mangga /kaloe untuk digunakan sebagai bumbu utama masakan bau peapi mandar (Ikan Masak Mandar), ataupun penghilang amis ikan seperti umumnya kita menggunakan asam jawa/jeruk nipis. 



Sayapun belum pernah memakan langsung masakan asli dari Aceh ataupun dari Sulawesi. Namun bahan keduanya tersaji di halaman rumah saya. Sehingga sayapun bertekad untuk membuatnya. Untuk Asam mangga/ Kaloe bisa baca di sini Asam Mangga -Bumbu Khas Mandar Sulbar. Baik Asam sunti maupun asam mangga saya buat berbarengan , berbekal pengalaman gagal sebelumnya saya pun membuatnya tidak sebanyak percobaan pertama. di percobaan kedua ini, baik asam sunti ataupun asam mangga kering /kaloe sukses saya buat. Tak perlu waktu lama untuk mencoba bau peapi mandar ataupun kuah asam pedas khas aceh/ asam keueng aceh. Yang lama adalah posting nya wkwkwkw

Aceh  dikenal sebagai penghasil rempah-rempah di wilayah barat Indonesia. Tidak mengherankan bila banyak masakannya memakai bumbu rempah, seperti cengkih, kayu manis, jintan, adas, pala, dan bunga lawang/pekak. Pengaruh masakan arab dan India juga sangat kuat dalam seni kuliner Aceh, disokong dari kekayaan rempah di daerah ini. Tapi, selain itu, ada satu rahasia yang membuat masakan Aceh terasa lezat dan harum. Rahasia dimaksud terdapat pada penambahan bumbu lokal yang unik seperti asam sunti dan u lheue atau poyak kelapa, makin membuat masakan Aceh kian sempurna. Asam sunti ini merupakan pengaya rasa dan aroma pada masakan Aceh. 

Umumnya, cita rasa masakan tradisional Aceh mengandalkan asam dan pedas. Dari beragam bumbu tradisional yang berasa asam, ada satu yang jarang absen dari dapur masyarakat Aceh. Namanya asam sunti. Asam sunti merupakan bumbu dapur khas Aceh yang terbuat dari belimbing wuluh  alias belimbing sayur (Averrhoa bilimbi) yang dikeringkan. Bagi kebanyakan orang Aceh, bumbu satu ini wajib ada di dapur. Kegunaannya banyak dipakai untuk memberi rasa asam gurih. Biasanya, bumbu dapur ini terdapat pada masakan yang memiliki rasa asam dan pedas, seperti uengkoet keumamah, gule asam keueung, dan lainnya. Khusus pada gulai uengkoet dan keumamah, keasaman dari asam sunti ini bisa membuat olahan ikan tidak anyir dan lebih berasa enak.
Pohon Belimbing Wuluh

Bagi yang tinggal di Aceh tentu untuk mendapatkan bumbu ini tidaklah sulit. Di berbagai pasar tradisional, kerap ditemukan penjual asam sunti. Tapi, biasanya, penduduk Aceh membuat sendiri asam sunti di rumah. Bahan baku yang digunakan juga mudah ditemukan, hanya menggunakan belimbing sayur atau belimbing  wuluh, air, dan Berbekal mbah google saya pun googling dari blog satu ke blog lainnya cara membuat asam sunti.

Proses pembuatan asam sunti dilakukan dengan menjemur belimbing wuluh di bawah sinar matahari hingga layu. Setelah penjemuran pertama, belimbing ditaburi garam dan disimpan di tempat teduh. Kemudian dibiarkan hingga meresap. Keesokan harinya, dijemur kembali.
Buah Belimbing Wuluh

Proses ini diulang beberapa kali hingga belimbing menjadi kecokelatan dan kering, serta kandungan airnya menipis. Kandungan asam dan garam yang cukup tinggi pada asam sunti, dapat menghambat proses pembusukan oleh mikroorganisme.

Biasanya, asam sunti yang dihasilkan berwarna coklat dan teksturnya agak kenyal. Belimbing yang telah menjadi asam sunti dapat disimpan lama sampai satu tahun, bahkan lebih lama tanpa adanya perubahan warna atau tekstur.Asam ini bisa dipakai utuh, dipotong kecil, atau dihaluskan bersama bahan bumbu lainnya. Rasa asam segar belimbing akan keluar saat direbus dengan bumbu lainnya. Bagi orang Aceh, tak lengkap rasa gulai jika tak ada aksen rasa asam unik, si asam sunti ini. Dengan kekhasan fungsi ini, bisa dikatakan asam sunti merupakan si ajaib yang memperkaya rasa masakan Aceh.

Jika pembaca memiliki belimbing wuluh yang sedang berbuah dan bingung untuk mengolahnya. Daripada mubazir, kenapa tidak membuat asam sunti saja?. Sebagai penyedap alami saat belimbing wuluh sedang tak berbuah. Kebetulan belimbing wuluh saya sedang berbuah lebat dan berserakan di tanah. Walau belimbing wuluh saya telah di buat manisan belimbing wuluh dan sirup belimbing wuluh kesempatan untuk membuat asam suntipun tidak mau saya sia -siakan

Asam Sunti Si Penyegar Masakan Khas Aceh



Bahan : 
1 kgbelimbing wuluh (yang besar dan sudah masak)
75 Gram garam /secukupnya
Air secukupnya

Alat 
wadah /tampah bambu lebar.

Cara Membuat
Siapkan belimbing wuluh, cuci bersih.


 Masak air sampai mendidih, beri sedikit garam  lalu Siram belimbing wuluh dengan air panas, jika telah kekuningan tiriskan. Saya rebus sebentar saja hingga belimbing berubah warna menjadi kekuningan, lalu saya tiriskan.


Tempatkan belimbing wuluh  dalam  wadah yang lebar. Percobaan saya pertama menggunakan wadah dari plastik karena matahari tidak terlalu terik kala itu , akibatnya air masih menggenang di dasar plastik sehingga asam sunti saya gagal karena di tumbuhi jamur /cendawan hitam. Untuk itu pada percobaan kedua saya menggunakan wadah lebar dari ancaman bambu/  wadah bambu. Lalu taburi garam 

Jemur belimbing hingga kering, sambil dibalik-balik agar merata keringnya. Saya memerlukan waktu sekitar 10 hari karena cuaca tidak terlalu terik dan terkadang hujan.

Jemur sampai  belimbing sempurna keringnya. dan asam suntipun bisa digunakan
Untuk penyimpanan bisa dimasukkan dalam kantong plastik dan bisa di simpan selama setahun. asal kedap 

Sumber 
Wikipedia  Indonesia Asam sunti 
Just try and taste - Yuk mengenal asam sunti
Tribunnews-Penyegar pengganti tomat


Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.